UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TAKE AND GIVE ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 1 Juwiring )

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Take and Give. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Subyek penelitian yang dik...

Ամբողջական նկարագրություն

Պահպանված է:
Մատենագիտական մանրամասներ
Հիմնական հեղինակ: FITRIANA , WINDA
Ձևաչափ: Թեզիս
Լեզու:English
English
English
English
English
English
English
English
Հրապարակվել է: 2011
Խորագրեր:
Առցանց հասանելիություն:https://eprints.ums.ac.id/12790/
Ցուցիչներ: Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
Նկարագրություն
Ամփոփում:Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Take and Give. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Juwiring yang berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Take and Give telah mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa: 1) Siswa yang antusias dalam mengikuti pelajaran dari sebelum tindakan 42,5 % di akhir putaran mencapai 87,5 %. 2) Siswa yang berani mengajukan pertanyaan dari sebelum tindakan 37,5 %, di akhir putaran mencapai 80 %. 3) Siswa yang semangat dalam mengerjakan latihan soal di depan kelas dari sebelum tindakan 40 % di akhir putaran mencapai 85 %, Sedangkan prestasi belajar siswa meningkat dari sebelum tindakan 57,5 %, dan di akhir putaran mencapai 90 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Take and Give dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.