PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMODELAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED AND READING COMPOSITION (CIRC)(PTK di Kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemodelan pemecahan masalah melalui model pembelajaran Cooperative Integrated and Reading Composition. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan desain penelitian ini merupakan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kusumaningrum, Novika Trias
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12789/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995707303624704
author Kusumaningrum, Novika Trias
author_facet Kusumaningrum, Novika Trias
author_sort Kusumaningrum, Novika Trias
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemodelan pemecahan masalah melalui model pembelajaran Cooperative Integrated and Reading Composition. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kradenan. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP N 1 Kradenan yang berjumlah 40 siswa, dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIC. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah ada peningkatan keterampilan pemodelan pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari aspek (1) kemampuan siswa dalam mengubah soal cerita ke dalam model matematika sebelum dilakukan tindakan 72,5% meningkat menjadi 100% pada akhir tindakan. (2) ketepatan dalam menggunakan rumus sebelum dilakukan tindakan 40% meningkat menjadi 80% pada akhir tindakan. (3) Ketepatan dalam proses perhitungan untuk mencari jawaban sebelum dilakukan tindakan 35% meningkat menjadi 80% pada akhir tindakan. (4) Ketepatan siswa dalam menghubungkan hasil ke masalah nyata sebelum dilakukan tindakan 27,5% meningkat menjadi 90% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated and Reading Composition dapat meningkatkan keterampilan pemodelan pemecahan masalah pada persegi panjang dan persegi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12789
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12789 https://eprints.ums.ac.id/12789/ PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMODELAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED AND READING COMPOSITION (CIRC)(PTK di Kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan Tahun Ajaran 2010/2011) Kusumaningrum, Novika Trias L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemodelan pemecahan masalah melalui model pembelajaran Cooperative Integrated and Reading Composition. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kradenan. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP N 1 Kradenan yang berjumlah 40 siswa, dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIC. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah ada peningkatan keterampilan pemodelan pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari aspek (1) kemampuan siswa dalam mengubah soal cerita ke dalam model matematika sebelum dilakukan tindakan 72,5% meningkat menjadi 100% pada akhir tindakan. (2) ketepatan dalam menggunakan rumus sebelum dilakukan tindakan 40% meningkat menjadi 80% pada akhir tindakan. (3) Ketepatan dalam proses perhitungan untuk mencari jawaban sebelum dilakukan tindakan 35% meningkat menjadi 80% pada akhir tindakan. (4) Ketepatan siswa dalam menghubungkan hasil ke masalah nyata sebelum dilakukan tindakan 27,5% meningkat menjadi 90% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated and Reading Composition dapat meningkatkan keterampilan pemodelan pemecahan masalah pada persegi panjang dan persegi. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12789/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12789/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12789/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12789/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12789/5/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12789/6/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12789/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12789/8/09._LAMPIRAN.pdf Kusumaningrum, Novika Trias (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMODELAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED AND READING COMPOSITION (CIRC)(PTK di Kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070018
spellingShingle L Education (General)
Kusumaningrum, Novika Trias
PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMODELAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED AND READING COMPOSITION (CIRC)(PTK di Kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan Tahun Ajaran 2010/2011)
title PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMODELAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED AND READING COMPOSITION (CIRC)(PTK di Kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMODELAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED AND READING COMPOSITION (CIRC)(PTK di Kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan Tahun Ajaran 2010/2011)
title_fullStr PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMODELAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED AND READING COMPOSITION (CIRC)(PTK di Kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMODELAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED AND READING COMPOSITION (CIRC)(PTK di Kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan Tahun Ajaran 2010/2011)
title_short PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMODELAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED AND READING COMPOSITION (CIRC)(PTK di Kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan Tahun Ajaran 2010/2011)
title_sort peningkatan keterampilan pemodelan pemecahan masalah melalui model pembelajaran cooperative integrated and reading composition circ ptk di kelas vii smp negeri 1 kradenan tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12789/
work_keys_str_mv AT kusumaningrumnovikatrias peningkatanketerampilanpemodelanpemecahanmasalahmelaluimodelpembelajarancooperativeintegratedandreadingcompositioncircptkdikelasviismpnegeri1kradenantahunajaran20102011