PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMODELAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED AND READING COMPOSITION (CIRC)(PTK di Kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan Tahun Ajaran 2010/2011)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemodelan pemecahan masalah melalui model pembelajaran Cooperative Integrated and Reading Composition. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan desain penelitian ini merupakan...
Gardado en:
Autor Principal: | |
---|---|
Formato: | Thesis |
Idioma: | English English English English English English English English |
Publicado: |
2011
|
Subjects: | |
Acceso en liña: | https://eprints.ums.ac.id/12789/ |
Tags: |
Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemodelan pemecahan
masalah melalui model pembelajaran Cooperative Integrated and Reading
Composition. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kualitatif. Sedangkan desain penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kradenan. Subyek
penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP N 1 Kradenan yang berjumlah 40
siswa, dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas
VIIC. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, catatan
lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik
triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan
analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah ada peningkatan keterampilan pemodelan
pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari aspek (1) kemampuan siswa dalam
mengubah soal cerita ke dalam model matematika sebelum dilakukan tindakan
72,5% meningkat menjadi 100% pada akhir tindakan. (2) ketepatan dalam
menggunakan rumus sebelum dilakukan tindakan 40% meningkat menjadi 80%
pada akhir tindakan. (3) Ketepatan dalam proses perhitungan untuk mencari
jawaban sebelum dilakukan tindakan 35% meningkat menjadi 80% pada akhir
tindakan. (4) Ketepatan siswa dalam menghubungkan hasil ke masalah nyata
sebelum dilakukan tindakan 27,5% meningkat menjadi 90% pada akhir tindakan.
Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran
Cooperative Integrated and Reading Composition dapat meningkatkan
keterampilan pemodelan pemecahan masalah pada persegi panjang dan persegi. |
---|