PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAH TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Tujuan penelitian ini adalah menguji apakah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengungkapkan tanggung jawab sosial pada laporan tahunan dan menguji pengaruh karakteristik perusahaan yang diproksi dalam profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris dan ukuran...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: DEWI, SYAHRINA NOORMALA
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/12764/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini adalah menguji apakah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengungkapkan tanggung jawab sosial pada laporan tahunan dan menguji pengaruh karakteristik perusahaan yang diproksi dalam profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial dalam laporan tahunan perusahaan manufaktur. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar (Go Public) di Bursa Efek Indonesia (BEI) seperti yang tercantum dalam Indonesia Capital Market Directory (2006-2008). Perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI digunakan sebagai populasi, karena perusahaan tersebut mempunyai kewajiban untuk menyampaikan laporan tahunan kepada pihak luar perusahaan. Di ICMD tersebut diketahui bahwa jumlah perusahaan manufaktur yang tercatat (go public) di BEI adalah 146 perusahaan pada tahun 2006 dan 151 pada tahun 2007 dan 2008 yang terbagi dalam 19 kategori perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang sesuai dengan kriteria. Metode analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda, menggunakan program SPSS 14.00 Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh yang signifikan antara profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan manufaktur. Pengaruh tersebut sebesar 53% sedangkan sisanya sebesar 47 % di pengaruhi faktor-faktor lain. Secara parsial profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan dan hanya ukuran dewan komisaris yang berpengaruh secara signifikan.