PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARATIF MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS XI-3 SMA NEGERI 1 LASEM KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf naratif melalui metode latihan terbimbing dengan media lagu pada siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem dan mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIBOWO , SETIAWAN EDI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12748/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995695998926848
author WIBOWO , SETIAWAN EDI
author_facet WIBOWO , SETIAWAN EDI
author_sort WIBOWO , SETIAWAN EDI
collection ePrints
description Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf naratif melalui metode latihan terbimbing dengan media lagu pada siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem dan mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf naratif menggunakan metode latihan terbimbing dengan media lagu pada siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbasis kelas. Dengan demikian, penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes menulis paragraf narasi dan metode non tes yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data penelitian, disimpulkan bahwa melalui metode latihan terbimbing dengan media lagu, kemampuan menulis paragraf naratif siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem meningkat sebesar 21,09% setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf naratif melalui metode latihan terbimbing dengan media lagu. Hasil rata-rata tes menulis paragraf naratif pratindakan sebesar 68 dan pada siklus I diperoleh hasil rata-rata sebesar 69,7, kemudian pada siklus II diperoleh hasil rata-rata sebesar 82,1 atau meningkat. Perilaku siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf naratif melalui metode latihan terbimbing dengan media lagu pun mengalami perubahan ke arah positif. Perubahan tersebut ditunjukkan dengan perilaku siswa yang lebih serius dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran menulis paragraf naratif .
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12748
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12748 https://eprints.ums.ac.id/12748/ PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARATIF MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS XI-3 SMA NEGERI 1 LASEM KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG WIBOWO , SETIAWAN EDI L Education (General) Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf naratif melalui metode latihan terbimbing dengan media lagu pada siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem dan mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf naratif menggunakan metode latihan terbimbing dengan media lagu pada siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbasis kelas. Dengan demikian, penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes menulis paragraf narasi dan metode non tes yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data penelitian, disimpulkan bahwa melalui metode latihan terbimbing dengan media lagu, kemampuan menulis paragraf naratif siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem meningkat sebesar 21,09% setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf naratif melalui metode latihan terbimbing dengan media lagu. Hasil rata-rata tes menulis paragraf naratif pratindakan sebesar 68 dan pada siklus I diperoleh hasil rata-rata sebesar 69,7, kemudian pada siklus II diperoleh hasil rata-rata sebesar 82,1 atau meningkat. Perilaku siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf naratif melalui metode latihan terbimbing dengan media lagu pun mengalami perubahan ke arah positif. Perubahan tersebut ditunjukkan dengan perilaku siswa yang lebih serius dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran menulis paragraf naratif . 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12748/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12748/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12748/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12748/5/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12748/7/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12748/8/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12748/13/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12748/18/09._LAMPIRAN.pdf WIBOWO , SETIAWAN EDI (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARATIF MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS XI-3 SMA NEGERI 1 LASEM KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310070228
spellingShingle L Education (General)
WIBOWO , SETIAWAN EDI
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARATIF MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS XI-3 SMA NEGERI 1 LASEM KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG
title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARATIF MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS XI-3 SMA NEGERI 1 LASEM KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG
title_full PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARATIF MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS XI-3 SMA NEGERI 1 LASEM KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG
title_fullStr PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARATIF MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS XI-3 SMA NEGERI 1 LASEM KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG
title_full_unstemmed PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARATIF MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS XI-3 SMA NEGERI 1 LASEM KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG
title_short PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARATIF MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS XI-3 SMA NEGERI 1 LASEM KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG
title_sort peningkatan keterampilan menulis paragraf naratif melalui metode latihan terbimbing dengan media lagu pada siswa kelas xi 3 sma negeri 1 lasem kecamatan lasem kabupaten rembang
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12748/
work_keys_str_mv AT wibowosetiawanedi peningkatanketerampilanmenulisparagrafnaratifmelaluimetodelatihanterbimbingdenganmedialagupadasiswakelasxi3smanegeri1lasemkecamatanlasemkabupatenrembang