PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARATIF MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS XI-3 SMA NEGERI 1 LASEM KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf naratif melalui metode latihan terbimbing dengan media lagu pada siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem dan mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis...
Bewaard in:
Hoofdauteur: | |
---|---|
Formaat: | Thesis |
Taal: | English English English English English English English English |
Gepubliceerd in: |
2011
|
Onderwerpen: | |
Online toegang: | https://eprints.ums.ac.id/12748/ |
Tags: |
Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
|
Samenvatting: | Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan
kemampuan menulis paragraf naratif melalui metode latihan terbimbing dengan
media lagu pada siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem dan mendeskripsikan
perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf
naratif menggunakan metode latihan terbimbing dengan media lagu pada siswa
kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem. Penelitian ini merupakan penelitian yang
berbasis kelas. Dengan demikian, penelitian ini menggunakan jenis Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes menulis
paragraf narasi dan metode non tes yang meliputi observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Berdasarkan analisis data penelitian, disimpulkan bahwa melalui metode
latihan terbimbing dengan media lagu, kemampuan menulis paragraf naratif
siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem meningkat sebesar 21,09% setelah
mengikuti pembelajaran menulis paragraf naratif melalui metode latihan
terbimbing dengan media lagu. Hasil rata-rata tes menulis paragraf naratif
pratindakan sebesar 68 dan pada siklus I diperoleh hasil rata-rata sebesar 69,7,
kemudian pada siklus II diperoleh hasil rata-rata sebesar 82,1 atau meningkat.
Perilaku siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem setelah mengikuti pembelajaran
menulis paragraf naratif melalui metode latihan terbimbing dengan media lagu
pun mengalami perubahan ke arah positif. Perubahan tersebut ditunjukkan dengan
perilaku siswa yang lebih serius dan bersemangat dalam mengikuti proses
pembelajaran menulis paragraf naratif . |
---|