ANALISIS SIKAP DAN MINAT NASABAH DALAM MENGAMBIL KREDIT BPR (STUDI KASUS DI PT BPR SUKADANA SURAKARTA)

BPR merupakan salah satu lembaga keuangan yang kondisinya merupakan perwujudan dari serangkaian kebijakan pemerintah, usahanya kepada masyarakat yang memiliki penghasilan menengah ke bawah. BPR perlu mengetahui keinginan nasabahnya karena perkembangan perusahaan sangat dipengaruhi oleh faktor daya b...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: QOMARIYAH, NUR
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2003
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12737/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995692992659456
author QOMARIYAH, NUR
author_facet QOMARIYAH, NUR
author_sort QOMARIYAH, NUR
collection ePrints
description BPR merupakan salah satu lembaga keuangan yang kondisinya merupakan perwujudan dari serangkaian kebijakan pemerintah, usahanya kepada masyarakat yang memiliki penghasilan menengah ke bawah. BPR perlu mengetahui keinginan nasabahnya karena perkembangan perusahaan sangat dipengaruhi oleh faktor daya beli dan faktor kepercayaan masyarakat sehingga permasalahan di bidang pemasaran merupakan tantangan yang harus dihadapi. Dalam penelitian ini pemasaran dilakukan dengan pendekatan pada perilaku konsumen. Menurut Britt, untuk mengubah perilaku membeli maka yang harus diubah terlebih dahulu adalah sikapnya, selanjutnya model sikap dalam penelitian ini adalah model Fishbein dan Ajzen dalam Reasoned Action Model. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi pengaruh keyakinan dan evaluasi akan akibat perilaku terhadap sikap konsumen dalam mengambil kredit BPR, (2) Mengidentifikasi pengaruh keyakinan dan motivasi untuk menuruti orang lain terhadap nama subyektif konsumen dalam mengambil kredit BPR, (3) Mengidentifikasi pengaruh sikap dan norma subyektif terhadap minat konsumen dalam mengambil kredit BPR. Sampel digunakan dalam penelitian ini adalah PT. BPR Sukadana yang menjadi obyek penelitian adalah responden mengambil kredit BPR. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Sampling sebanyak 109 responden. Daftar pertanyaan yang dibuat diuji untuk mengukur validitas dan reliabilitasnya, selanjutnya data terkumpul akan dianalisa dengan analisis deskriptif dan uji statistik menggunakan regresi berganda. Proses analisis menggunakan analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sikap konsumen dalam mengambil kredit penting, dengan perhitungan nilai sikap 38,5767 terletak diantara skala 3 (netral) sampai skala 4 (penting) sebesar : 96,4118, sikap tersebut lebih besar dipengaruhi oleh keyakinan lingkungan keluarga yang nilainya 15,1631 dan menggunakan uji model perilaku Fishbein adalah positif dan penting dengan perhitungan BI = 15,825 terletak diantara skala 3 (netral) sampai dengan skala 4 (penting) yang besarnya 96,4118.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12737
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2003
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12737 https://eprints.ums.ac.id/12737/ ANALISIS SIKAP DAN MINAT NASABAH DALAM MENGAMBIL KREDIT BPR (STUDI KASUS DI PT BPR SUKADANA SURAKARTA) QOMARIYAH, NUR HG Finance BPR merupakan salah satu lembaga keuangan yang kondisinya merupakan perwujudan dari serangkaian kebijakan pemerintah, usahanya kepada masyarakat yang memiliki penghasilan menengah ke bawah. BPR perlu mengetahui keinginan nasabahnya karena perkembangan perusahaan sangat dipengaruhi oleh faktor daya beli dan faktor kepercayaan masyarakat sehingga permasalahan di bidang pemasaran merupakan tantangan yang harus dihadapi. Dalam penelitian ini pemasaran dilakukan dengan pendekatan pada perilaku konsumen. Menurut Britt, untuk mengubah perilaku membeli maka yang harus diubah terlebih dahulu adalah sikapnya, selanjutnya model sikap dalam penelitian ini adalah model Fishbein dan Ajzen dalam Reasoned Action Model. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi pengaruh keyakinan dan evaluasi akan akibat perilaku terhadap sikap konsumen dalam mengambil kredit BPR, (2) Mengidentifikasi pengaruh keyakinan dan motivasi untuk menuruti orang lain terhadap nama subyektif konsumen dalam mengambil kredit BPR, (3) Mengidentifikasi pengaruh sikap dan norma subyektif terhadap minat konsumen dalam mengambil kredit BPR. Sampel digunakan dalam penelitian ini adalah PT. BPR Sukadana yang menjadi obyek penelitian adalah responden mengambil kredit BPR. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Sampling sebanyak 109 responden. Daftar pertanyaan yang dibuat diuji untuk mengukur validitas dan reliabilitasnya, selanjutnya data terkumpul akan dianalisa dengan analisis deskriptif dan uji statistik menggunakan regresi berganda. Proses analisis menggunakan analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sikap konsumen dalam mengambil kredit penting, dengan perhitungan nilai sikap 38,5767 terletak diantara skala 3 (netral) sampai skala 4 (penting) sebesar : 96,4118, sikap tersebut lebih besar dipengaruhi oleh keyakinan lingkungan keluarga yang nilainya 15,1631 dan menggunakan uji model perilaku Fishbein adalah positif dan penting dengan perhitungan BI = 15,825 terletak diantara skala 3 (netral) sampai dengan skala 4 (penting) yang besarnya 96,4118. 2003 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12737/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12737/3/bab1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12737/4/bab3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12737/5/bab4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12737/19/bab5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12737/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12737/14/Lampiran.pdf QOMARIYAH, NUR (2003) ANALISIS SIKAP DAN MINAT NASABAH DALAM MENGAMBIL KREDIT BPR (STUDI KASUS DI PT BPR SUKADANA SURAKARTA). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. P10010197
spellingShingle HG Finance
QOMARIYAH, NUR
ANALISIS SIKAP DAN MINAT NASABAH DALAM MENGAMBIL KREDIT BPR (STUDI KASUS DI PT BPR SUKADANA SURAKARTA)
title ANALISIS SIKAP DAN MINAT NASABAH DALAM MENGAMBIL KREDIT BPR (STUDI KASUS DI PT BPR SUKADANA SURAKARTA)
title_full ANALISIS SIKAP DAN MINAT NASABAH DALAM MENGAMBIL KREDIT BPR (STUDI KASUS DI PT BPR SUKADANA SURAKARTA)
title_fullStr ANALISIS SIKAP DAN MINAT NASABAH DALAM MENGAMBIL KREDIT BPR (STUDI KASUS DI PT BPR SUKADANA SURAKARTA)
title_full_unstemmed ANALISIS SIKAP DAN MINAT NASABAH DALAM MENGAMBIL KREDIT BPR (STUDI KASUS DI PT BPR SUKADANA SURAKARTA)
title_short ANALISIS SIKAP DAN MINAT NASABAH DALAM MENGAMBIL KREDIT BPR (STUDI KASUS DI PT BPR SUKADANA SURAKARTA)
title_sort analisis sikap dan minat nasabah dalam mengambil kredit bpr studi kasus di pt bpr sukadana surakarta
topic HG Finance
url https://eprints.ums.ac.id/12737/
work_keys_str_mv AT qomariyahnur analisissikapdanminatnasabahdalammengambilkreditbprstudikasusdiptbprsukadanasurakarta