ASPEK PENDIDIKAN NILAI RELIGIUS DAN GOTONG-ROYONG PADA TRADISI LAMPORAN (Studi di Desa Kacangan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai sejarah dan latar belakang, alat yang digunakan, prosesi dan aspek pendidikan nilai religius dan gotong-royong tradisi Lamporan di Desa Kacangan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara m...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12729/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai sejarah dan latar belakang, alat
yang digunakan, prosesi dan aspek pendidikan nilai religius dan gotong-royong
tradisi Lamporan di Desa Kacangan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam
dan mencatat arsip maupun dokumen yang berupa foto dan laporan pelaksanaan
tradisi Lamporan. Untuk menguji keabsahan dan reliabilitas data dengan cara
triangulasi khususnya triangulasi sumber data, sedangkan untuk menganalisis data
menerapkan model analisis interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi
data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tradisi Lamporan adalah
tradisi yang diadakan setiap satu tahun sekali pada Hari Jum’at Legi Bulan Sura
selama tujuh hari, di Desa Kacangan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora.
Tradisi tersebut memiliki banyak makna, yaitu mengenai prosesi ritual, peralatan
dan perlengkapan yang digunakan dalam pelaksanaan tradisi. Selain itu, tradisi
Lamporan juga mempunyai aspek pendidikan nilai religius dan gotong-royong.
Aspek pendidikan nilai religius tradisi Lamporan adalah usaha tolakbala, dan
merupakan upacara yang sangat penting karena menyangkut keselamatan dan
kesejahteraan desa. Selain itu, untuk lebih meningkatkan kepercayaan kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
karena diberi berkah serta pertolongan di masa sekarang dan masa yang akan
datang. Aspek pendidikan nilai gotong-royong tradisi Lamporan adalah sebagai
acara yang menggambarkan falsafah kehidupan gotong-royong penduduk Desa
Kacangan dan sifat kebersamaan yang dimiliki sebagai sebuah bentuk ucap
syukur yang ditunjukkan dengan cara memperingati dan terus melestarikan dari
suatu hal yang pernah terjadi atau pernah dirasakan. |
---|