PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani pada siswa kelas XI MA SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui penggunaan media pembelajaran Power Point. Subjek...
Αποθηκεύτηκε σε:
Κύριος συγγραφέας: | |
---|---|
Μορφή: | Thesis |
Γλώσσα: | English English English English English English English English |
Έκδοση: |
2011
|
Θέματα: | |
Διαθέσιμο Online: | https://eprints.ums.ac.id/12725/ |
Ετικέτες: |
Προσθήκη ετικέτας
Δεν υπάρχουν, Καταχωρήστε ετικέτα πρώτοι!
|
_version_ | 1804995689712713728 |
---|---|
author | AVRILIANA , HESTY |
author_facet | AVRILIANA , HESTY |
author_sort | AVRILIANA , HESTY |
collection | ePrints |
description | Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa
dalam proses pembelajaran PKn materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat
Madani pada siswa kelas XI MA SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun
Pelajaran 2010/2011 melalui penggunaan media pembelajaran Power Point.
Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI MA SMK Muhammadiyah
Kartasura yang berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui
informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas
pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan metode test, observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian
ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi.
Analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa pada
materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani di kelas XI MA SMK
Muhammadiyah Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011 meningkat secara
signifikan. Sebelum dilaksanakan tindakan kelas dengan menggunakan Media
Pembelajaran Power Point pemahaman materi Budaya Demokrasi Menuju
Masyarakat Madani hanya sebanyak 8 siswa (22,86%). Setelah dilakukan
tindakan yang disepakati yaitu dengan penggunaan media pembelajaran Power
Point dalam proses pembelajaran PKn diperoleh hasil peningkatan pemahaman
sebanyak 20 siswa (57,14%) pada siklus I dan 29 siswa (82,86%) pada siklus II.
Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja yaitu peningkatan
pemahaman siswa pada materi pelajaran Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat
Madani sebesar 82,86%.
Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas di atas maka hipotesis
kinerja yang menyatakan bahwa adanya peningkatan pemahaman siswa pada
materi pelajaran Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani terbukti dan
dapat diterima kebenarannya. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:12725 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:12725 https://eprints.ums.ac.id/12725/ PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 AVRILIANA , HESTY L Education (General) Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani pada siswa kelas XI MA SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui penggunaan media pembelajaran Power Point. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI MA SMK Muhammadiyah Kartasura yang berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode test, observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa pada materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani di kelas XI MA SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011 meningkat secara signifikan. Sebelum dilaksanakan tindakan kelas dengan menggunakan Media Pembelajaran Power Point pemahaman materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani hanya sebanyak 8 siswa (22,86%). Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan penggunaan media pembelajaran Power Point dalam proses pembelajaran PKn diperoleh hasil peningkatan pemahaman sebanyak 20 siswa (57,14%) pada siklus I dan 29 siswa (82,86%) pada siklus II. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja yaitu peningkatan pemahaman siswa pada materi pelajaran Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani sebesar 82,86%. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan bahwa adanya peningkatan pemahaman siswa pada materi pelajaran Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani terbukti dan dapat diterima kebenarannya. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12725/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12725/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12725/4/Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12725/5/Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12725/11/Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12725/12/Bab_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12725/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12725/19/Lampiran-lampiran.pdf AVRILIANA , HESTY (2011) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A220070018 |
spellingShingle | L Education (General) AVRILIANA , HESTY PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title | PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full | PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_short | PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_sort | penggunaan media pembelajaran power point sebagai upaya meningkatkan pemahaman materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani dalam pembelajaran pkn pada siswa kelas xi ma smk muhammadiyah kartasura tahun pelajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/12725/ |
work_keys_str_mv | AT avrilianahesty penggunaanmediapembelajaranpowerpointsebagaiupayameningkatkanpemahamanmateribudayademokrasimenujumasyarakatmadanidalampembelajaranpknpadasiswakelasximasmkmuhammadiyahkartasuratahunpelajaran20102011 |