PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani pada siswa kelas XI MA SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui penggunaan media pembelajaran Power Point. Subjek...

Disgrifiad llawn

Wedi'i Gadw mewn:
Manylion Llyfryddiaeth
Prif Awdur: AVRILIANA , HESTY
Fformat: Traethawd Ymchwil
Iaith:English
English
English
English
English
English
English
English
Cyhoeddwyd: 2011
Pynciau:
Mynediad Ar-lein:https://eprints.ums.ac.id/12725/
Tagiau: Ychwanegu Tag
Dim Tagiau, Byddwch y cyntaf i dagio'r cofnod hwn!
_version_ 1804995689712713728
author AVRILIANA , HESTY
author_facet AVRILIANA , HESTY
author_sort AVRILIANA , HESTY
collection ePrints
description Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani pada siswa kelas XI MA SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui penggunaan media pembelajaran Power Point. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI MA SMK Muhammadiyah Kartasura yang berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode test, observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa pada materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani di kelas XI MA SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011 meningkat secara signifikan. Sebelum dilaksanakan tindakan kelas dengan menggunakan Media Pembelajaran Power Point pemahaman materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani hanya sebanyak 8 siswa (22,86%). Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan penggunaan media pembelajaran Power Point dalam proses pembelajaran PKn diperoleh hasil peningkatan pemahaman sebanyak 20 siswa (57,14%) pada siklus I dan 29 siswa (82,86%) pada siklus II. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja yaitu peningkatan pemahaman siswa pada materi pelajaran Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani sebesar 82,86%. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan bahwa adanya peningkatan pemahaman siswa pada materi pelajaran Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12725
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12725 https://eprints.ums.ac.id/12725/ PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 AVRILIANA , HESTY L Education (General) Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani pada siswa kelas XI MA SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui penggunaan media pembelajaran Power Point. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI MA SMK Muhammadiyah Kartasura yang berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode test, observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa pada materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani di kelas XI MA SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011 meningkat secara signifikan. Sebelum dilaksanakan tindakan kelas dengan menggunakan Media Pembelajaran Power Point pemahaman materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani hanya sebanyak 8 siswa (22,86%). Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan penggunaan media pembelajaran Power Point dalam proses pembelajaran PKn diperoleh hasil peningkatan pemahaman sebanyak 20 siswa (57,14%) pada siklus I dan 29 siswa (82,86%) pada siklus II. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja yaitu peningkatan pemahaman siswa pada materi pelajaran Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani sebesar 82,86%. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan bahwa adanya peningkatan pemahaman siswa pada materi pelajaran Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani terbukti dan dapat diterima kebenarannya. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12725/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12725/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12725/4/Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12725/5/Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12725/11/Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12725/12/Bab_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12725/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12725/19/Lampiran-lampiran.pdf AVRILIANA , HESTY (2011) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A220070018
spellingShingle L Education (General)
AVRILIANA , HESTY
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort penggunaan media pembelajaran power point sebagai upaya meningkatkan pemahaman materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani dalam pembelajaran pkn pada siswa kelas xi ma smk muhammadiyah kartasura tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12725/
work_keys_str_mv AT avrilianahesty penggunaanmediapembelajaranpowerpointsebagaiupayameningkatkanpemahamanmateribudayademokrasimenujumasyarakatmadanidalampembelajaranpknpadasiswakelasximasmkmuhammadiyahkartasuratahunpelajaran20102011