PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani pada siswa kelas XI MA SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui penggunaan media pembelajaran Power Point. Subjek...
Պահպանված է:
Հիմնական հեղինակ: | |
---|---|
Ձևաչափ: | Թեզիս |
Լեզու: | English English English English English English English English |
Հրապարակվել է: |
2011
|
Խորագրեր: | |
Առցանց հասանելիություն: | https://eprints.ums.ac.id/12725/ |
Ցուցիչներ: |
Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
|
Ամփոփում: | Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa
dalam proses pembelajaran PKn materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat
Madani pada siswa kelas XI MA SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun
Pelajaran 2010/2011 melalui penggunaan media pembelajaran Power Point.
Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI MA SMK Muhammadiyah
Kartasura yang berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui
informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas
pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan metode test, observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian
ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi.
Analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa pada
materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani di kelas XI MA SMK
Muhammadiyah Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011 meningkat secara
signifikan. Sebelum dilaksanakan tindakan kelas dengan menggunakan Media
Pembelajaran Power Point pemahaman materi Budaya Demokrasi Menuju
Masyarakat Madani hanya sebanyak 8 siswa (22,86%). Setelah dilakukan
tindakan yang disepakati yaitu dengan penggunaan media pembelajaran Power
Point dalam proses pembelajaran PKn diperoleh hasil peningkatan pemahaman
sebanyak 20 siswa (57,14%) pada siklus I dan 29 siswa (82,86%) pada siklus II.
Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja yaitu peningkatan
pemahaman siswa pada materi pelajaran Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat
Madani sebesar 82,86%.
Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas di atas maka hipotesis
kinerja yang menyatakan bahwa adanya peningkatan pemahaman siswa pada
materi pelajaran Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani terbukti dan
dapat diterima kebenarannya. |
---|