IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS II MAN 1 NGRAMBE, NGAWI TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Akuntansi melalui Implementasi Improving Learning dengan metode Role Playing pada siswa kelas XI IPS II MAN I Ngrambe tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English English |
Vydáno: |
2011
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/12722/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran Akuntansi melalui Implementasi Improving Learning dengan
metode Role Playing pada siswa kelas XI IPS II MAN I Ngrambe tahun ajaran
2010/2011.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan sebanya dua siklus dimana masing- masing dilalui dengan empat
tahap yaitu: 1). Perencanaan Tindakan, 2). Pelaksanaan Tindakan, 3). Observasi
Tindakan, dan 4). Refleksi Tindakan. Obyek penelitian adalah seluruh siswa kelas
XI IPS II MAN I Ngrambe Tahun Ajaran 2010/2011 sebanyak 29 siswa.
Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran
akuntansi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan
lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan test.
Hasil penelitian ini yaitu implementasi improving learning dengan metode role
playing dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran akuntansi pada siswa
kelas XI IPS II MAN I Ngrambe Tahun Ajaran 2010/2011. Sebelum diberikan
tindakan keaktifan siswa kurang yaitu meliputi keaktifan bertanya, berpendapat,
dan menjawab pertanyaan. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah
dengan penerapan implementasi Improving Learning dengan metode Role
Playing. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan melalui dua tahap yaitu siklus
I dan Siklus II keaktifan siswa dapat meningkat karena siswa dapat terlibat
langsung secara aktif dalam penerapan metode yang digunakan. Dari kelebihan
metode Role Playing tersebut siswa dapat memunculkan pertanyaan- pertanyaan,
ide- ide baru serta siswa mampu menjawab pertanyaan dalam proses
pembelajaran. Hal tersebut didukung oleh fakta- fakta sebagai berikut: (1).
Keaktifan siswa sebelum diadakan tindakan (27, 57%), setelah diadakan siklus
putaran I meningkat menjadi (68, 95%), dan meningkat menjadi (82, 74%) pada
siklus putaran II. |
---|