PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS XI IPS DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh penggunaan media belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) pengaruh tanggung jawab siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) pengaruh penggunaan media belajar dan tanggung jawab siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. Jen...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12721/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh penggunaan
media belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) pengaruh tanggung jawab
siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) pengaruh penggunaan media belajar
dan tanggung jawab siswa terhadap prestasi belajar akuntansi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini
mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Muhammadiyah
1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 217 siswa. Sampel diambil
sebanyak 40 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi
linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain
itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Penggunaan Media belajar
mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi.
Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,334 > 2,026 dan nilai probabilitas
signifikansi < 0,05, yaitu 0,025. 2) Tanggung jawab siswa dalam proses
pembelajaran mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi
belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,602 > 2,026 dan
nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 3) Media belajar dan tanggung
jawab siswa dalam proses pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif
dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi. Berdasarkan uji
F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 17,640 > 3,252 dan nilai
probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel penggunaan media
belajar memberikan sumbangan efektif 17,5%. Variabel tanggung jawab siswa
dalam proses pembelajaran memberikan sumbangan efektif 31,3%, jadi total
sumbangan efektif adalah sebesar 48,8%, sedangkan 51,2% sisanya dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan
Y = 16,214 + 0,749X1 + 0,753X2, yang artinya bahwa nilai koefisien regresi
masing-masing variable bebas bernilai positif. Jadi penggunaan media belajar dan
tanggung jawab siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi.
|
---|