INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGAM PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN TAHUN 2008

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Progam Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan tahun 2008.2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Progam Pendid...

Descripció completa

Guardat en:
Dades bibliogràfiques
Autor principal: SUGISTIANTI, PRIHASTA
Format: Thesis
Idioma:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicat: 2011
Matèries:
Accés en línia:https://eprints.ums.ac.id/12719/
Etiquetes: Afegir etiqueta
Sense etiquetes, Sigues el primer a etiquetar aquest registre!
_version_ 1804995688071692288
author SUGISTIANTI, PRIHASTA
author_facet SUGISTIANTI, PRIHASTA
author_sort SUGISTIANTI, PRIHASTA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Progam Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan tahun 2008.2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Progam Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan tahun 2008.3) Untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan tahun 2008. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2008 dengan julmah seluruhnya 189 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 50 mahasiswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji linearitas, teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian ini adalah 1) Persamaan regresi ganda yang diperoleh adalah Y = 1,502 + 0,016X1 + 0,020X2 2) Intensitas pemanfaatan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,473 > 2,012 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,017. 3) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,173 > 2,012 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,003. 4) Intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 22,047 > 3,195 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Variabel intensitas pemanfaatan perpustakaan memberikan sumbangan efektif 20,5%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 27,9%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 48,4%, sedangkan 51,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12719
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12719 https://eprints.ums.ac.id/12719/ INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGAM PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN TAHUN 2008 SUGISTIANTI, PRIHASTA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Progam Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan tahun 2008.2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Progam Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan tahun 2008.3) Untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan tahun 2008. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2008 dengan julmah seluruhnya 189 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 50 mahasiswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji linearitas, teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian ini adalah 1) Persamaan regresi ganda yang diperoleh adalah Y = 1,502 + 0,016X1 + 0,020X2 2) Intensitas pemanfaatan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,473 > 2,012 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,017. 3) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,173 > 2,012 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,003. 4) Intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 22,047 > 3,195 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Variabel intensitas pemanfaatan perpustakaan memberikan sumbangan efektif 20,5%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 27,9%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 48,4%, sedangkan 51,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12719/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12719/2/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12719/5/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12719/7/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12719/9/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12719/14/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12719/20/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12719/21/09_LAMPIRAN.pdf SUGISTIANTI, PRIHASTA (2011) INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGAM PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN TAHUN 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070013
spellingShingle L Education (General)
SUGISTIANTI, PRIHASTA
INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGAM PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN TAHUN 2008
title INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGAM PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN TAHUN 2008
title_full INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGAM PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN TAHUN 2008
title_fullStr INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGAM PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN TAHUN 2008
title_full_unstemmed INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGAM PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN TAHUN 2008
title_short INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGAM PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN TAHUN 2008
title_sort intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa progam pendidikan akuntansi fkip ums angkatan tahun 2008
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12719/
work_keys_str_mv AT sugistiantiprihasta intensitaspemanfaatanperpustakaandanmotivasibelajarterhadapprestasibelajarpadamahasiswaprogampendidikanakuntansifkipumsangkatantahun2008