INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGAM PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN TAHUN 2008
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Progam Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan tahun 2008.2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Progam Pendid...
Gorde:
Egile nagusia: | |
---|---|
Formatua: | Thesis |
Hizkuntza: | English English English English English English English English |
Argitaratua: |
2011
|
Gaiak: | |
Sarrera elektronikoa: | https://eprints.ums.ac.id/12719/ |
Etiketak: |
Etiketa erantsi
Etiketarik gabe, Izan zaitez lehena erregistro honi etiketa jartzen!
|
Gaia: | Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh intensitas
pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Progam
Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan tahun 2008.2) Untuk mengetahui
pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Progam
Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan tahun 2008.3) Untuk mengetahui
pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap
prestasi belajar pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan
tahun 2008.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini
mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program pendidikan Akuntansi FKIP
UMS angkatan 2008 dengan julmah seluruhnya 189 mahasiswa. Sampel diambil
sebanyak 50 mahasiswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Persyaratan uji
analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji linearitas, teknik analisis data
menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F.
Hasil penelitian ini adalah 1) Persamaan regresi ganda yang diperoleh
adalah Y = 1,502 + 0,016X1 + 0,020X2 2) Intensitas pemanfaatan perpustakaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t
diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,473 > 2,012 dan nilai probabilitas signifikansi <
0,05, yaitu 0,017. 3) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap
prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,173 > 2,012 dan
nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,003. 4) Intensitas pemanfaatan
perpustakaan dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0
ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 22,047 > 3,195 dan nilai probabilitas
signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Variabel intensitas pemanfaatan perpustakaan
memberikan sumbangan efektif 20,5%. Variabel motivasi belajar memberikan
sumbangan efektif 27,9%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 48,4%,
sedangkan 51,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. |
---|