STUDI KORELASI PROGRAM KAMPANYE PUBLIC RELATIONS “KARANGANYAR, KOTA WISATA RELIGI DAN EDUKASI” DENGAN PENINGKATAN JUMLAH WISATAWAN DI DAERAH TUJUAN WISATA KARANGANYAR

Program Kampanye ”Karanganyar, Kota Wisata Religi dan Edukasi” ini merupakan sebuah langkah maju untuk melestarikan dan mempromosikan budaya dan pariwisata Karanganyar. Dan yang perlu kita ingat, keberhasilan dalam sektor budaya dan pariwisata Karanganyar tidak dapat dicapai secara instan. Program-p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MURYANI, SRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12706/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Program Kampanye ”Karanganyar, Kota Wisata Religi dan Edukasi” ini merupakan sebuah langkah maju untuk melestarikan dan mempromosikan budaya dan pariwisata Karanganyar. Dan yang perlu kita ingat, keberhasilan dalam sektor budaya dan pariwisata Karanganyar tidak dapat dicapai secara instan. Program-program budaya dan pariwisata seperti ini harus tetap konsisten dijalankan agar memberikan perubahan yang berarti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Karanganyar oleh Public Relations dalam menggalakkan Kampanye ”Karanganyar, Kota Wisata Religi dan Edukasi” dan untuk mengetahui sejauhmana hubungan kampanye ”Karanganyar, Kota Wisata Religi dan Edukasi” dalam meningkatkan jumlah wisatawan lokal di Daerah Tujuan Wisata Karanganyar Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, maka dalam penelitian ini data yang sudah terkumpul akan dianalisa dengan teknik statistik, setelah data terkumpul dengan lengkap, langkah selanjutnya adalah menganalisis data tersebut sehingga lebih mudah dibaca dan diinterprestasikan. Berdasarkan jenis datanya dan sifat penelitian berupa korelasi maka untuk mengukur hubungan antar variabel digunakan rumus koefisien korelasi tata jenjang Spearman. Hasil penelitian ini yaitu lebih dari setengah wisatawan (60%) mengaku puas dengan obyek wisata yang dikunjungi di Karanganyar, dan responden yang berminat untuk kembali berkunjung ke obyek wisata Karanganyar sebanyak (63%). Adapun kampanye ”Karanganyar wisata religi dan edukasi” ini berpengaruh signifikan sebagai media promosi pariwisata untuk mengundang dan mendatangkan jumlah kunjungan wisatawan yang lebih banyak. Hal ini dapat dibuktikan dari koefisien korelasi Rank Order oleh spearman dengan menggunakan rumus SPSS versi 13.0 dari hasil penelitian ini memperoleh rs sebesar 0.565, untuk melihat kuat dan lemahnya korelasi (hubungan) kedua variabel dalam penelitian ini menggunakan skala Guilford. Hasilnya adalah terdapat hubungan yang cukup berarti antara kampanye ”Karanganyar wisata religi dan edukasi” dengan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di daerah tujuan wisata Kabupaten Karanganyar. Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat dinyatakan bahwa Ha diterima karena terdapat hubungan yang cukup berarti antara kampanye ”Karanganyar wisata religi dan edukasi” dengan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di daerah tujuan wisata Karanganyar