LOKALITAS DAERAH DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Iklan-iklan Korporat Suara Merdeka tentang Lokalitas Jawa Tengah yang Direpresentasikan dalam Majalah SWA selama Tahun 2009)

Lokalitas daerah kini semakin digencarkan sebagai jalur mempertahankan nilai-nilai lokal dari sisi negatif globalisasi. Iklan sebagai salah satu bentuk komunikasi massa ternyata memiliki fungsi yang cukup nyata untuk merepresentasikan realitas yang ada di sekitar kita. Surat Kabar Suara Merdeka seb...

Fuld beskrivelse

Saved in:
Bibliografiske detaljer
Hovedforfatter: JAMALUDIN, FAUZAN
Format: Thesis
Sprog:English
English
English
English
English
English
English
Udgivet: 2011
Fag:
Online adgang:https://eprints.ums.ac.id/12704/
Tags: Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
_version_ 1804995683893116928
author JAMALUDIN, FAUZAN
author_facet JAMALUDIN, FAUZAN
author_sort JAMALUDIN, FAUZAN
collection ePrints
description Lokalitas daerah kini semakin digencarkan sebagai jalur mempertahankan nilai-nilai lokal dari sisi negatif globalisasi. Iklan sebagai salah satu bentuk komunikasi massa ternyata memiliki fungsi yang cukup nyata untuk merepresentasikan realitas yang ada di sekitar kita. Surat Kabar Suara Merdeka sebagai media cetak yang berada di wilayah Jawa Tengah, mencoba menggambarkan lokalitas daerah lewat iklan-iklan korporatnya. Sudah tiga kali ini sejak tahun 2007, 2009, dan 2010 Surat Kabar Suara Merdeka selalu merepresentasikan lokalitas Jawa Tengah. Namun penelitian ini hanya memfokuskan pada tahun 2009, sebab pada tahun ini kampanye Surat Kabar Suara Merdeka mengangkat tentang lokalitas kebudayaan di Jawa Tengah secara mendalam. Penelitian ini bertujuan mengetahui representasi simbol-simbol sosial kebudayaan Jawa Tengah yang direpresentasikan dalam iklan-iklan korporat Surat Kabar Suara Merdeka dari sisi ide-ide, kebendaan, dan pemaknaan terhadap simbol sosial kebudayaan Jawa Tengah selama tahun 2009. Peneliti melihat bahwa sebuah iklan tidak hanya menyampaikan pesan penjualannya. Tetapi juga penuh dengan pesan simbolik, baik secara aspek visual ataupun aspek verbal. Lokalitas yang direpresentasikan oleh iklan-iklan korporat Surat Kabar Suara Merdeka selama tahun 2009 sarat makna tentang kebudayaan yang berada di lingkup Jawa Tengah. Perlu untuk dikaji secara mendalam agar dapat menelaah makna di balik kata-kata dan gambar. Maka dari itu, penelitian ini menitikberatkan tentang kajian pesan dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes yang akan mengkaji iklan dari makna denotasi, konotasi, dan mitos. Dari delapan iklan yang diteliti, menyimpulkan bahwa lokalitas yang direpresentasikan dalam iklan-iklan korporat Surat Kabar Suara Merdeka selama tahun 2009 di Majalah SWA, terdapat dua kategori kebudayaan di dalamnya. Di antaranya, pertama, kategori kebudayaan dari segi ide-ide, nilai-nilai, normanorma, gagasan, dan peraturan. Terdapat tiga iklan yang masuk pada kategori ini, di antaranya (1) Versi Pendaki Gunung Slamet, (2) Versi Air Panas Guci, dan (3) Versi Cerita Lebaran Orang Jawa Tengah. Rata-rata dari ketiga iklan tersebut membahas tentang sumber daya manusia yang dimiliki oleh Surat Kabar Suara Merdeka. Kedua, kebudayaan dari segi benda-benda hasil karya manusia. Dalam kategori ini terdapat lima iklan. di antaranya, (1) Versi Parang Rusak, (2) Versi Lawang Sewu, (3) Versi Soko Guru, (4) Versi Arjuna, dan (5) Versi Kunto Bimo. Kelima iklan ini membahas tentang kepribadian yang dimiliki Surat Kabar Suara Merdeka.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12704
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12704 https://eprints.ums.ac.id/12704/ LOKALITAS DAERAH DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Iklan-iklan Korporat Suara Merdeka tentang Lokalitas Jawa Tengah yang Direpresentasikan dalam Majalah SWA selama Tahun 2009) JAMALUDIN, FAUZAN PN1990 Broadcasting Lokalitas daerah kini semakin digencarkan sebagai jalur mempertahankan nilai-nilai lokal dari sisi negatif globalisasi. Iklan sebagai salah satu bentuk komunikasi massa ternyata memiliki fungsi yang cukup nyata untuk merepresentasikan realitas yang ada di sekitar kita. Surat Kabar Suara Merdeka sebagai media cetak yang berada di wilayah Jawa Tengah, mencoba menggambarkan lokalitas daerah lewat iklan-iklan korporatnya. Sudah tiga kali ini sejak tahun 2007, 2009, dan 2010 Surat Kabar Suara Merdeka selalu merepresentasikan lokalitas Jawa Tengah. Namun penelitian ini hanya memfokuskan pada tahun 2009, sebab pada tahun ini kampanye Surat Kabar Suara Merdeka mengangkat tentang lokalitas kebudayaan di Jawa Tengah secara mendalam. Penelitian ini bertujuan mengetahui representasi simbol-simbol sosial kebudayaan Jawa Tengah yang direpresentasikan dalam iklan-iklan korporat Surat Kabar Suara Merdeka dari sisi ide-ide, kebendaan, dan pemaknaan terhadap simbol sosial kebudayaan Jawa Tengah selama tahun 2009. Peneliti melihat bahwa sebuah iklan tidak hanya menyampaikan pesan penjualannya. Tetapi juga penuh dengan pesan simbolik, baik secara aspek visual ataupun aspek verbal. Lokalitas yang direpresentasikan oleh iklan-iklan korporat Surat Kabar Suara Merdeka selama tahun 2009 sarat makna tentang kebudayaan yang berada di lingkup Jawa Tengah. Perlu untuk dikaji secara mendalam agar dapat menelaah makna di balik kata-kata dan gambar. Maka dari itu, penelitian ini menitikberatkan tentang kajian pesan dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes yang akan mengkaji iklan dari makna denotasi, konotasi, dan mitos. Dari delapan iklan yang diteliti, menyimpulkan bahwa lokalitas yang direpresentasikan dalam iklan-iklan korporat Surat Kabar Suara Merdeka selama tahun 2009 di Majalah SWA, terdapat dua kategori kebudayaan di dalamnya. Di antaranya, pertama, kategori kebudayaan dari segi ide-ide, nilai-nilai, normanorma, gagasan, dan peraturan. Terdapat tiga iklan yang masuk pada kategori ini, di antaranya (1) Versi Pendaki Gunung Slamet, (2) Versi Air Panas Guci, dan (3) Versi Cerita Lebaran Orang Jawa Tengah. Rata-rata dari ketiga iklan tersebut membahas tentang sumber daya manusia yang dimiliki oleh Surat Kabar Suara Merdeka. Kedua, kebudayaan dari segi benda-benda hasil karya manusia. Dalam kategori ini terdapat lima iklan. di antaranya, (1) Versi Parang Rusak, (2) Versi Lawang Sewu, (3) Versi Soko Guru, (4) Versi Arjuna, dan (5) Versi Kunto Bimo. Kelima iklan ini membahas tentang kepribadian yang dimiliki Surat Kabar Suara Merdeka. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12704/1/COVER-ABSTRAK.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12704/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12704/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12704/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12704/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12704/6/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12704/7/LAMPIRAN.pdf JAMALUDIN, FAUZAN (2011) LOKALITAS DAERAH DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Iklan-iklan Korporat Suara Merdeka tentang Lokalitas Jawa Tengah yang Direpresentasikan dalam Majalah SWA selama Tahun 2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. L100060023
spellingShingle PN1990 Broadcasting
JAMALUDIN, FAUZAN
LOKALITAS DAERAH DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Iklan-iklan Korporat Suara Merdeka tentang Lokalitas Jawa Tengah yang Direpresentasikan dalam Majalah SWA selama Tahun 2009)
title LOKALITAS DAERAH DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Iklan-iklan Korporat Suara Merdeka tentang Lokalitas Jawa Tengah yang Direpresentasikan dalam Majalah SWA selama Tahun 2009)
title_full LOKALITAS DAERAH DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Iklan-iklan Korporat Suara Merdeka tentang Lokalitas Jawa Tengah yang Direpresentasikan dalam Majalah SWA selama Tahun 2009)
title_fullStr LOKALITAS DAERAH DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Iklan-iklan Korporat Suara Merdeka tentang Lokalitas Jawa Tengah yang Direpresentasikan dalam Majalah SWA selama Tahun 2009)
title_full_unstemmed LOKALITAS DAERAH DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Iklan-iklan Korporat Suara Merdeka tentang Lokalitas Jawa Tengah yang Direpresentasikan dalam Majalah SWA selama Tahun 2009)
title_short LOKALITAS DAERAH DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Iklan-iklan Korporat Suara Merdeka tentang Lokalitas Jawa Tengah yang Direpresentasikan dalam Majalah SWA selama Tahun 2009)
title_sort lokalitas daerah dalam iklan analisis semiotika iklan iklan korporat suara merdeka tentang lokalitas jawa tengah yang direpresentasikan dalam majalah swa selama tahun 2009
topic PN1990 Broadcasting
url https://eprints.ums.ac.id/12704/
work_keys_str_mv AT jamaludinfauzan lokalitasdaerahdalamiklananalisissemiotikaiklaniklankorporatsuaramerdekatentanglokalitasjawatengahyangdirepresentasikandalammajalahswaselamatahun2009