ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM SAAT IPO PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus pada Perusahaan yang melakukan listing di BEI tahun 2005-2008)

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor keuangan (ukuran perusahaan, financial leverage dan ROA) dan faktor-faktor non-keuangan (umur perusahaan, repuasi auditor dan reputasi underwriter) terhadap underpricing. Underpricing merupakan suatu keadaan, dimana harga saham pada...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HANDAYANI, RENI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12693/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995680826032128
author HANDAYANI, RENI
author_facet HANDAYANI, RENI
author_sort HANDAYANI, RENI
collection ePrints
description Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor keuangan (ukuran perusahaan, financial leverage dan ROA) dan faktor-faktor non-keuangan (umur perusahaan, repuasi auditor dan reputasi underwriter) terhadap underpricing. Underpricing merupakan suatu keadaan, dimana harga saham pada saat penawaran perdana lebih rendah dibandingkan dengan ketika perdagangan di pasar sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang melakukan go public di Bursa Efek Indonesia tahun 2005-2008. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan yang mengalami underpricing yang sesuai dengan kriteria hasil pemilihan sample dengan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan Uji asumsi kalsik, uji t, uji F, uji R² dan regresi linier berganda dengan tingkat signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa, variabel-variabel keuangan yaitu ukuran perusahaan, financial leverage dan ROA, diperoleh kesimpulan bahwa ROA dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap underpricing. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan 0,019 dan 0,004 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan untuk faktor financial leverage tidak berpengaruh terhadap underpricing. Variabel-variabel non-keuangan yaitu umur perusahaan, reputasi auditor, dan reputasi underwriter tidak berpengaruh terhadap underpricing. Pada analisis data untuk variabel-variabel keuangan (ukuran perusahaan, financial leverage dan ROA) dan variabel-variabel non-keuangan (umur perusahaan, reputasi auditor dan reputasi underwriter) hasilnya sama pada pengujian variabel-variabel keuangan (ukuran perusahaan, financial leverage dan ROA), yang berpengaruh terhadap underpricing yaitu ROA dan ukuran perusahaan, tapi dengan nilai signifikan yang berbeda yaitu sebesar 0,028 dan 0,009.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12693
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12693 https://eprints.ums.ac.id/12693/ ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM SAAT IPO PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus pada Perusahaan yang melakukan listing di BEI tahun 2005-2008) HANDAYANI, RENI HF5601 Accounting Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor keuangan (ukuran perusahaan, financial leverage dan ROA) dan faktor-faktor non-keuangan (umur perusahaan, repuasi auditor dan reputasi underwriter) terhadap underpricing. Underpricing merupakan suatu keadaan, dimana harga saham pada saat penawaran perdana lebih rendah dibandingkan dengan ketika perdagangan di pasar sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang melakukan go public di Bursa Efek Indonesia tahun 2005-2008. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan yang mengalami underpricing yang sesuai dengan kriteria hasil pemilihan sample dengan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan Uji asumsi kalsik, uji t, uji F, uji R² dan regresi linier berganda dengan tingkat signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa, variabel-variabel keuangan yaitu ukuran perusahaan, financial leverage dan ROA, diperoleh kesimpulan bahwa ROA dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap underpricing. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan 0,019 dan 0,004 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan untuk faktor financial leverage tidak berpengaruh terhadap underpricing. Variabel-variabel non-keuangan yaitu umur perusahaan, reputasi auditor, dan reputasi underwriter tidak berpengaruh terhadap underpricing. Pada analisis data untuk variabel-variabel keuangan (ukuran perusahaan, financial leverage dan ROA) dan variabel-variabel non-keuangan (umur perusahaan, reputasi auditor dan reputasi underwriter) hasilnya sama pada pengujian variabel-variabel keuangan (ukuran perusahaan, financial leverage dan ROA), yang berpengaruh terhadap underpricing yaitu ROA dan ukuran perusahaan, tapi dengan nilai signifikan yang berbeda yaitu sebesar 0,028 dan 0,009. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12693/1/Microsoft_Word_-_COVER_%2B_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12693/4/Microsoft_Word_-_SKRIPSI_Lengkap.pdf HANDAYANI, RENI (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM SAAT IPO PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus pada Perusahaan yang melakukan listing di BEI tahun 2005-2008). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. B200060208
spellingShingle HF5601 Accounting
HANDAYANI, RENI
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM SAAT IPO PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus pada Perusahaan yang melakukan listing di BEI tahun 2005-2008)
title ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM SAAT IPO PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus pada Perusahaan yang melakukan listing di BEI tahun 2005-2008)
title_full ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM SAAT IPO PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus pada Perusahaan yang melakukan listing di BEI tahun 2005-2008)
title_fullStr ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM SAAT IPO PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus pada Perusahaan yang melakukan listing di BEI tahun 2005-2008)
title_full_unstemmed ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM SAAT IPO PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus pada Perusahaan yang melakukan listing di BEI tahun 2005-2008)
title_short ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM SAAT IPO PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus pada Perusahaan yang melakukan listing di BEI tahun 2005-2008)
title_sort analisis faktor faktor yang mempengaruhi tingkat underpricing saham saat ipo pada perusahaan yang go public di bursa efek indonesia studi kasus pada perusahaan yang melakukan listing di bei tahun 2005 2008
topic HF5601 Accounting
url https://eprints.ums.ac.id/12693/
work_keys_str_mv AT handayanireni analisisfaktorfaktoryangmempengaruhitingkatunderpricingsahamsaatipopadaperusahaanyanggopublicdibursaefekindonesiastudikasuspadaperusahaanyangmelakukanlistingdibeitahun20052008