TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KAMAR OBAT PUSKESMAS BANYUANYAR KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA

Pelayanan kesehatan harus memperhatikan kepuasan pasien sebagai salah satu unsur pokok pelayanan dengan mengacu kepada standar pelayanan yang ada. Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan pasien yang timbul akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang dirasakan setelah pasien membandingkan dengan apa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YULIANTO , RIVAI ENDRA DWI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12687/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995679196545024
author YULIANTO , RIVAI ENDRA DWI
author_facet YULIANTO , RIVAI ENDRA DWI
author_sort YULIANTO , RIVAI ENDRA DWI
collection ePrints
description Pelayanan kesehatan harus memperhatikan kepuasan pasien sebagai salah satu unsur pokok pelayanan dengan mengacu kepada standar pelayanan yang ada. Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan pasien yang timbul akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang dirasakan setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkan. Pasien akan merasa puas apabila kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh sama atau melebihi harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang dilakukan di kamar obat Puskesmas Banyuanyar Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Standar pelayanan dinilai dengan memberikan kuisioner kepada apoteker, kemudian kuisioner dianalisis secara deskriptif. Penilaian kepuasan pasien dilakukan dengan mengambil data melalui kuisioner sebanyak 305 kuisioner. Analisis kepuasan dilakukan dengan menggunakan skala likert, kemudian data ditampilkan dalam bentuk diagram cartesius. Hasil penilaian kepuasan pasien menunjukkan 20,66% sangat puas, 2,62% responden menyatakan puas, 76,39% responden menyatakan cukup puas dan 0,33% responden menyatakan tidak puas. Dimensi keandalan masuk kedalam kuadran A yang harus ditingkatkan lagi kinerjanya, dimensi empati dan jaminan masuk kuadran B yang harus dipertahankan lagi kinerjanya, sedangkan dimensi bukti fisik dan daya tanggap masuk kuadran C yang perlu ditingkatkan lagi kinerjanya untuk memberi unsur pelayanan yang lebih kepada pasien.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12687
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12687 https://eprints.ums.ac.id/12687/ TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KAMAR OBAT PUSKESMAS BANYUANYAR KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA YULIANTO , RIVAI ENDRA DWI RS Pharmacy and materia medica Pelayanan kesehatan harus memperhatikan kepuasan pasien sebagai salah satu unsur pokok pelayanan dengan mengacu kepada standar pelayanan yang ada. Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan pasien yang timbul akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang dirasakan setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkan. Pasien akan merasa puas apabila kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh sama atau melebihi harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang dilakukan di kamar obat Puskesmas Banyuanyar Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Standar pelayanan dinilai dengan memberikan kuisioner kepada apoteker, kemudian kuisioner dianalisis secara deskriptif. Penilaian kepuasan pasien dilakukan dengan mengambil data melalui kuisioner sebanyak 305 kuisioner. Analisis kepuasan dilakukan dengan menggunakan skala likert, kemudian data ditampilkan dalam bentuk diagram cartesius. Hasil penilaian kepuasan pasien menunjukkan 20,66% sangat puas, 2,62% responden menyatakan puas, 76,39% responden menyatakan cukup puas dan 0,33% responden menyatakan tidak puas. Dimensi keandalan masuk kedalam kuadran A yang harus ditingkatkan lagi kinerjanya, dimensi empati dan jaminan masuk kuadran B yang harus dipertahankan lagi kinerjanya, sedangkan dimensi bukti fisik dan daya tanggap masuk kuadran C yang perlu ditingkatkan lagi kinerjanya untuk memberi unsur pelayanan yang lebih kepada pasien. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12687/1/Cover_%26_Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12687/3/Skripsi_Ful.pdf YULIANTO , RIVAI ENDRA DWI (2010) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KAMAR OBAT PUSKESMAS BANYUANYAR KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. K100070002
spellingShingle RS Pharmacy and materia medica
YULIANTO , RIVAI ENDRA DWI
TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KAMAR OBAT PUSKESMAS BANYUANYAR KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA
title TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KAMAR OBAT PUSKESMAS BANYUANYAR KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA
title_full TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KAMAR OBAT PUSKESMAS BANYUANYAR KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA
title_fullStr TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KAMAR OBAT PUSKESMAS BANYUANYAR KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA
title_full_unstemmed TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KAMAR OBAT PUSKESMAS BANYUANYAR KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA
title_short TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KAMAR OBAT PUSKESMAS BANYUANYAR KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA
title_sort tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kamar obat puskesmas banyuanyar kecamatan banjarsari kota surakarta
topic RS Pharmacy and materia medica
url https://eprints.ums.ac.id/12687/
work_keys_str_mv AT yuliantorivaiendradwi tingkatkepuasanpasienterhadappelayanankamarobatpuskesmasbanyuanyarkecamatanbanjarsarikotasurakarta