PENGARUH PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DI APOTEK BUNDA SURAKARTA

Pembangunan di bidang kesehatan merupakan visi Indonesia sehat 2010. Pada saat ini orientasi paradigma pelayanan kefarmasian telah bergeser dari pelayanan obat (drug oriented) menjadi pelayanan pasien (patient oriented) dengan mengacu kepada pharmaceutical care. Tujuan dari penelitian adalah mengeta...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SANTOSO , DIDIK
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12645/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995667666403328
author SANTOSO , DIDIK
author_facet SANTOSO , DIDIK
author_sort SANTOSO , DIDIK
collection ePrints
description Pembangunan di bidang kesehatan merupakan visi Indonesia sehat 2010. Pada saat ini orientasi paradigma pelayanan kefarmasian telah bergeser dari pelayanan obat (drug oriented) menjadi pelayanan pasien (patient oriented) dengan mengacu kepada pharmaceutical care. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui tingkat kepuasan konsumen dilihat dari aspek-aspek tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty dan mengetahui pengaruh tingkat kepuasan terhadap loyalitas konsumen di Apotek Bunda Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional, Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah menebus resep di Apotek Bunda, Surakarta. Jumlah dipilih 96 responden sebagai sampel, dengan kriteria inklusi sampel adalah bisa membaca dan menulis, konsumen pernah menebus resep di apotek Bunda Surakarta minimal 1 kali, pasien dengan umur 15-60 tahun. teknik pengembilan sampel menggunakan teknik purposive sample. Hasil penelitian adalah responden merasa puas terhadap pelayanan di Apotek Bunda Surakarta, dimana petugas apotek memberikan informasi cara pakai obat dengan jelas, waktu pelayanan resep cepat, petugas apotek selalu siap melayani konsumen, obat yang diserahkan adalah obat yang sesuai dengan resep, petugas apotek tidak membedakan status sosial pasien, lingkungan sekitar apotek bersih, dan tersedianya brosur tentang informasi kesehatan. Loyalitas responden pada apotek Bunda Surakarta memiliki tingkat yang sedang dengan nilai r=
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12645
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12645 https://eprints.ums.ac.id/12645/ PENGARUH PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DI APOTEK BUNDA SURAKARTA SANTOSO , DIDIK RS Pharmacy and materia medica Pembangunan di bidang kesehatan merupakan visi Indonesia sehat 2010. Pada saat ini orientasi paradigma pelayanan kefarmasian telah bergeser dari pelayanan obat (drug oriented) menjadi pelayanan pasien (patient oriented) dengan mengacu kepada pharmaceutical care. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui tingkat kepuasan konsumen dilihat dari aspek-aspek tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty dan mengetahui pengaruh tingkat kepuasan terhadap loyalitas konsumen di Apotek Bunda Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional, Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah menebus resep di Apotek Bunda, Surakarta. Jumlah dipilih 96 responden sebagai sampel, dengan kriteria inklusi sampel adalah bisa membaca dan menulis, konsumen pernah menebus resep di apotek Bunda Surakarta minimal 1 kali, pasien dengan umur 15-60 tahun. teknik pengembilan sampel menggunakan teknik purposive sample. Hasil penelitian adalah responden merasa puas terhadap pelayanan di Apotek Bunda Surakarta, dimana petugas apotek memberikan informasi cara pakai obat dengan jelas, waktu pelayanan resep cepat, petugas apotek selalu siap melayani konsumen, obat yang diserahkan adalah obat yang sesuai dengan resep, petugas apotek tidak membedakan status sosial pasien, lingkungan sekitar apotek bersih, dan tersedianya brosur tentang informasi kesehatan. Loyalitas responden pada apotek Bunda Surakarta memiliki tingkat yang sedang dengan nilai r= 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12645/1/COVER_DAN__BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12645/3/SKRIPSI_DIDIK_SANTOSO.pdf SANTOSO , DIDIK (2010) PENGARUH PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DI APOTEK BUNDA SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. K100050243
spellingShingle RS Pharmacy and materia medica
SANTOSO , DIDIK
PENGARUH PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DI APOTEK BUNDA SURAKARTA
title PENGARUH PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DI APOTEK BUNDA SURAKARTA
title_full PENGARUH PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DI APOTEK BUNDA SURAKARTA
title_fullStr PENGARUH PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DI APOTEK BUNDA SURAKARTA
title_full_unstemmed PENGARUH PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DI APOTEK BUNDA SURAKARTA
title_short PENGARUH PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DI APOTEK BUNDA SURAKARTA
title_sort pengaruh pelayanan terhadap tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen di apotek bunda surakarta
topic RS Pharmacy and materia medica
url https://eprints.ums.ac.id/12645/
work_keys_str_mv AT santosodidik pengaruhpelayananterhadaptingkatkepuasandanloyalitaskonsumendiapotekbundasurakarta