ANALISIS PENGARUH VARIABEL PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. DANLIRIS DI SUKOHARJO

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh personal selling dan periklanan terhadap volume penjualan. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang terdiri dari data biaya personal selling, biaya periklanan serta volume penjualan sela ma tahun 1999 sampai dengan 2008. Metode ana...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SETYADI, HERMAWAN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12618/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995660097781760
author SETYADI, HERMAWAN
author_facet SETYADI, HERMAWAN
author_sort SETYADI, HERMAWAN
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh personal selling dan periklanan terhadap volume penjualan. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang terdiri dari data biaya personal selling, biaya periklanan serta volume penjualan sela ma tahun 1999 sampai dengan 2008. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggunakan uji normalitas, uji asumsi klasik yang meliputi heteroskedastisitas, multikolinieritas dan autokorelasi serta analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan R2 (koefisien determinasi). Dilihat dari hasil uji normalitas diperoleh kesimpulan bahwa data tergolong berdistribusi normal karena nilai signifikan yang dihasilkan sebesar 0,463 > 0,05. Uji asumsi klasik menunjukkan bahwa tidak terjadi heteroskedastisitas, tidak terjadi multikolinieritas antar variabel bebas dan tidak terdapat masalah autokorelasi. Berdasarkan analisis regresi linier berganda diperoleh kesimpulan (1) Uji signifakansi pengaruh secara parsial diperoleh hasil bahwa variabel personal selling berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji t dimana nilai signifikansi (0,040) kurang dari a (0,05). Variabel periklanan berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji t dimana nilai signifikansi (0,010) kurang dari a (0,05). (2) Uji signifikansi pengaruh secara bersama-sama menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara variabel personal selling dan periklanan terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji F dimana Fhitung sebesar 67,028 dengan signifikansi F sebesar 0,000 yang lebih kecil dari a (0,05). (3) Koefisien determinasi (adjusted R-squre) adalah sebesar 0.936. Nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel independen (personal Selling dan periklanan) dapat menjelaskan pengaruhnya terhadap volume penjualan sebesar 93,6 %. Sedangkan sisanya sekitar 6,4 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12618
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12618 https://eprints.ums.ac.id/12618/ ANALISIS PENGARUH VARIABEL PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. DANLIRIS DI SUKOHARJO SETYADI, HERMAWAN HD28 Management Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh personal selling dan periklanan terhadap volume penjualan. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang terdiri dari data biaya personal selling, biaya periklanan serta volume penjualan sela ma tahun 1999 sampai dengan 2008. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggunakan uji normalitas, uji asumsi klasik yang meliputi heteroskedastisitas, multikolinieritas dan autokorelasi serta analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan R2 (koefisien determinasi). Dilihat dari hasil uji normalitas diperoleh kesimpulan bahwa data tergolong berdistribusi normal karena nilai signifikan yang dihasilkan sebesar 0,463 > 0,05. Uji asumsi klasik menunjukkan bahwa tidak terjadi heteroskedastisitas, tidak terjadi multikolinieritas antar variabel bebas dan tidak terdapat masalah autokorelasi. Berdasarkan analisis regresi linier berganda diperoleh kesimpulan (1) Uji signifakansi pengaruh secara parsial diperoleh hasil bahwa variabel personal selling berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji t dimana nilai signifikansi (0,040) kurang dari a (0,05). Variabel periklanan berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji t dimana nilai signifikansi (0,010) kurang dari a (0,05). (2) Uji signifikansi pengaruh secara bersama-sama menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara variabel personal selling dan periklanan terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji F dimana Fhitung sebesar 67,028 dengan signifikansi F sebesar 0,000 yang lebih kecil dari a (0,05). (3) Koefisien determinasi (adjusted R-squre) adalah sebesar 0.936. Nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel independen (personal Selling dan periklanan) dapat menjelaskan pengaruhnya terhadap volume penjualan sebesar 93,6 %. Sedangkan sisanya sekitar 6,4 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12618/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12618/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12618/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12618/5/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12618/6/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12618/7/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12618/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12618/9/LAMPIRAN.pdf SETYADI, HERMAWAN (2011) ANALISIS PENGARUH VARIABEL PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. DANLIRIS DI SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100050171
spellingShingle HD28 Management
SETYADI, HERMAWAN
ANALISIS PENGARUH VARIABEL PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. DANLIRIS DI SUKOHARJO
title ANALISIS PENGARUH VARIABEL PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. DANLIRIS DI SUKOHARJO
title_full ANALISIS PENGARUH VARIABEL PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. DANLIRIS DI SUKOHARJO
title_fullStr ANALISIS PENGARUH VARIABEL PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. DANLIRIS DI SUKOHARJO
title_full_unstemmed ANALISIS PENGARUH VARIABEL PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. DANLIRIS DI SUKOHARJO
title_short ANALISIS PENGARUH VARIABEL PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. DANLIRIS DI SUKOHARJO
title_sort analisis pengaruh variabel promotional mix terhadap volume penjualan pada pt danliris di sukoharjo
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/12618/
work_keys_str_mv AT setyadihermawan analisispengaruhvariabelpromotionalmixterhadapvolumepenjualanpadaptdanlirisdisukoharjo