PENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA PO. GAJAHMUNGKUR DIWONOGIRI

Tujuan dari penelitian: 1) Menganalisis dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsevenes, assurance, dan empathy berpengaruh terhadap sikap konsumen baik secara parsial maupun bersama-sama; 2) Mengidentifikasi dimensi kualitas pelayanan jasa yang mempunyai pengaruh...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aji, Indra Bayu Sekar
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12615/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995659248435200
author Aji, Indra Bayu Sekar
author_facet Aji, Indra Bayu Sekar
author_sort Aji, Indra Bayu Sekar
collection ePrints
description Tujuan dari penelitian: 1) Menganalisis dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsevenes, assurance, dan empathy berpengaruh terhadap sikap konsumen baik secara parsial maupun bersama-sama; 2) Mengidentifikasi dimensi kualitas pelayanan jasa yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap sikap konsumen pada PO. Gajah Mungkur di Wonogiri. Hipotesis dalam penelitian ini: 1) Dimensi kualitas pelayanan jasa simpan pinjam yang terdiri dari tangible, reliability, responsevenes, assurance, dan empathy berpengaruh signifikan secara bersama-sama maupun parsial terhadap sikap konsumen pada PO. Gajah Mungkur di Wonogiri; 2) Faktor reliability dan responsevenes mempunyai pengaruh paling dominan terhadap sikap konsumen pada PO. Gajah Mungkur di Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna jasa PO. Gajah Mungkur di Wonogiri. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 100 responden para pemakai jasa armada PO. Gajah Mungkur di Wonogiri. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dan convinence sampling. Adapun alat analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan R2. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan : 1) Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui persamaannya bahwa: Y = 0,027 + 0,325X1 + 0,265X2 + 0,352X3+ 0,261X4 + 0,198X5, artinya bahwa variabel tangible, reliability, responseveness, assurance, dan empathy mempunyai pengaruh yang positif terhadap sikap konsumen di PO. Gajah Mungkur di Wonogiri; 2) Berdasarkan hasil analisis uji t, didapatkan nilai thitung untuk tangible sebesar 3,050 > ttabel (1,990), variabel reliability didapatkan thitung (3,194) > ttabel (1,990), variabel responsevenes didapatkan thitung (3,365) > ttabel (1,990), variabel assurance didapatkan thitung (2,714 > ttabel (1,990), dan variabel empathy didapatkan thitung (2,855) > ttabel (1,990), artinya semakin baik tangible, reliability, responseveness, assurance, dan empathy yang diberikan maka semakin baik dan naik pula sikap konsumen tersebut, dan variabel tangible merupakan faktor yang dominan pengaruhnya. Hasil uji t tersebut membuktikan bahwa hipotesis kedua (H2) terbukti; 3) Hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel ; 19,386 > 2,170 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responseveness, assurance, dan empathy terhadap variabel sikap konsumen secara simultan. Berarti hipotesis pertama (H1) terbukti kebenarannya; 4) Analisis koefisien determinasi diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,508, artinya bahwa 50,80% variasi variabel sikap konsumen dapat dijelaskan oleh variabel tangible, reliability, responseveness, assurance, dan empathy, sedangkan sisanya yaitu 49,20% tidak dijelaskan dalam penelitian ini, misalnya tempat yang strategis, jarak tempuh konsumen dengan agen bus, dan lain-lain.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12615
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12615 https://eprints.ums.ac.id/12615/ PENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA PO. GAJAHMUNGKUR DIWONOGIRI Aji, Indra Bayu Sekar HD28 Management Tujuan dari penelitian: 1) Menganalisis dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsevenes, assurance, dan empathy berpengaruh terhadap sikap konsumen baik secara parsial maupun bersama-sama; 2) Mengidentifikasi dimensi kualitas pelayanan jasa yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap sikap konsumen pada PO. Gajah Mungkur di Wonogiri. Hipotesis dalam penelitian ini: 1) Dimensi kualitas pelayanan jasa simpan pinjam yang terdiri dari tangible, reliability, responsevenes, assurance, dan empathy berpengaruh signifikan secara bersama-sama maupun parsial terhadap sikap konsumen pada PO. Gajah Mungkur di Wonogiri; 2) Faktor reliability dan responsevenes mempunyai pengaruh paling dominan terhadap sikap konsumen pada PO. Gajah Mungkur di Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna jasa PO. Gajah Mungkur di Wonogiri. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 100 responden para pemakai jasa armada PO. Gajah Mungkur di Wonogiri. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dan convinence sampling. Adapun alat analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan R2. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan : 1) Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui persamaannya bahwa: Y = 0,027 + 0,325X1 + 0,265X2 + 0,352X3+ 0,261X4 + 0,198X5, artinya bahwa variabel tangible, reliability, responseveness, assurance, dan empathy mempunyai pengaruh yang positif terhadap sikap konsumen di PO. Gajah Mungkur di Wonogiri; 2) Berdasarkan hasil analisis uji t, didapatkan nilai thitung untuk tangible sebesar 3,050 > ttabel (1,990), variabel reliability didapatkan thitung (3,194) > ttabel (1,990), variabel responsevenes didapatkan thitung (3,365) > ttabel (1,990), variabel assurance didapatkan thitung (2,714 > ttabel (1,990), dan variabel empathy didapatkan thitung (2,855) > ttabel (1,990), artinya semakin baik tangible, reliability, responseveness, assurance, dan empathy yang diberikan maka semakin baik dan naik pula sikap konsumen tersebut, dan variabel tangible merupakan faktor yang dominan pengaruhnya. Hasil uji t tersebut membuktikan bahwa hipotesis kedua (H2) terbukti; 3) Hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel ; 19,386 > 2,170 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responseveness, assurance, dan empathy terhadap variabel sikap konsumen secara simultan. Berarti hipotesis pertama (H1) terbukti kebenarannya; 4) Analisis koefisien determinasi diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,508, artinya bahwa 50,80% variasi variabel sikap konsumen dapat dijelaskan oleh variabel tangible, reliability, responseveness, assurance, dan empathy, sedangkan sisanya yaitu 49,20% tidak dijelaskan dalam penelitian ini, misalnya tempat yang strategis, jarak tempuh konsumen dengan agen bus, dan lain-lain. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12615/1/indra-abstraksi_dan_surat_pernyataaan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12615/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12615/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12615/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12615/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12615/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12615/7/DAFTAR_PUSAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12615/8/LAMPIRAN.pdf Aji, Indra Bayu Sekar (2011) PENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA PO. GAJAHMUNGKUR DIWONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100050229
spellingShingle HD28 Management
Aji, Indra Bayu Sekar
PENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA PO. GAJAHMUNGKUR DIWONOGIRI
title PENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA PO. GAJAHMUNGKUR DIWONOGIRI
title_full PENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA PO. GAJAHMUNGKUR DIWONOGIRI
title_fullStr PENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA PO. GAJAHMUNGKUR DIWONOGIRI
title_full_unstemmed PENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA PO. GAJAHMUNGKUR DIWONOGIRI
title_short PENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA PO. GAJAHMUNGKUR DIWONOGIRI
title_sort pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap sikap konsumen pada po gajahmungkur diwonogiri
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/12615/
work_keys_str_mv AT ajiindrabayusekar pengaruhdimensikualitasjasaterhadapsikapkonsumenpadapogajahmungkurdiwonogiri