PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP REGULER RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2010

Pelayanan tempat pendaftaran pasien rawat inap reguler (TPPRI) yang berkualitas akan memberikan tingkat kepuasan pasien Jamkesmas yang tinggi yang akan berdampak pada kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan membuktikan secara e...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: INDRATI , DWI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12609/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995657840197632
author INDRATI , DWI
author_facet INDRATI , DWI
author_sort INDRATI , DWI
collection ePrints
description Pelayanan tempat pendaftaran pasien rawat inap reguler (TPPRI) yang berkualitas akan memberikan tingkat kepuasan pasien Jamkesmas yang tinggi yang akan berdampak pada kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi keandalan, ketanggapan, keyakinan, empati dan keberwujudan terhadap kepuasan pasien Jamkesmas di tempat pendaftaran pasien rawat inap reguler RSUD Dr. Moewardi Surakarta tahun 2010. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan sequential random sampling dan dianalisis menggunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas pelayanan secara individual dan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien Jamkesmas, dengan persamaan regresi linear berganda y = -14,96+0,31X1 + 0,46X2 + 0,28X3+ 0,35X4+ 0,61X5+ Є. Pasien Jamkesmas merasa cukup puas dengan kualitas pelayanan di TPPRI reguler. Perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan khususnya dimensi ketanggapan dan keberwujudan yaitu petugas rekam medis yang sesuai standar profesi rekam medis dan ketersediaan tempat tidur kelas III untuk pasien Jamkesmas.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12609
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12609 https://eprints.ums.ac.id/12609/ PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP REGULER RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2010 INDRATI , DWI R Medicine (General) Pelayanan tempat pendaftaran pasien rawat inap reguler (TPPRI) yang berkualitas akan memberikan tingkat kepuasan pasien Jamkesmas yang tinggi yang akan berdampak pada kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi keandalan, ketanggapan, keyakinan, empati dan keberwujudan terhadap kepuasan pasien Jamkesmas di tempat pendaftaran pasien rawat inap reguler RSUD Dr. Moewardi Surakarta tahun 2010. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan sequential random sampling dan dianalisis menggunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas pelayanan secara individual dan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien Jamkesmas, dengan persamaan regresi linear berganda y = -14,96+0,31X1 + 0,46X2 + 0,28X3+ 0,35X4+ 0,61X5+ Є. Pasien Jamkesmas merasa cukup puas dengan kualitas pelayanan di TPPRI reguler. Perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan khususnya dimensi ketanggapan dan keberwujudan yaitu petugas rekam medis yang sesuai standar profesi rekam medis dan ketersediaan tempat tidur kelas III untuk pasien Jamkesmas. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12609/1/Cover_-_Daftar_Lampiran.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12609/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12609/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12609/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12609/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12609/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12609/14/BAB_VI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12609/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12609/20/LAMPIRAN.pdf INDRATI , DWI (2011) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP REGULER RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. J410080210
spellingShingle R Medicine (General)
INDRATI , DWI
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP REGULER RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2010
title PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP REGULER RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2010
title_full PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP REGULER RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2010
title_fullStr PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP REGULER RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2010
title_full_unstemmed PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP REGULER RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2010
title_short PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP REGULER RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2010
title_sort pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien jamkesmas di tempat pendaftaran pasien rawat inap reguler rsud dr moewardi surakarta tahun 2010
topic R Medicine (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12609/
work_keys_str_mv AT indratidwi pengaruhkualitaspelayananterhadapkepuasanpasienjamkesmasditempatpendaftaranpasienrawatinapregulerrsuddrmoewardisurakartatahun2010