PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI JASA KESEHATAN DI KLINIK PERMATA HATI PLOSOREJO KUTO KERJO KARANGANYAR

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty) terhadap kepuasan pemakai jasa kesehatan dan mengetahui dimensi kualitas pelayanan yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pemakai jasa kesehatan. Berdasarkan...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: HARTANTI, HARTANTI
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2011
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/12596/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty) terhadap kepuasan pemakai jasa kesehatan dan mengetahui dimensi kualitas pelayanan yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pemakai jasa kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan menjadi bahan masukan kepada pihak manajemen klinik untuk perbaikan kualitas pelayanan dalam memenuhi kepuasan pemakai jasa kesehatan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2). Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh pemakai jasa kesehatan Klinik Permata Hati Plosorejo Kuto Kerja Karanganyar. Sedangkan sampel penelitian adalah 150 pemakai jasa kesehatan Klinik Permata Hati Plosorejo Kuto Kerja Karanganyar dengan random sampling sebagai teknik dalam pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tangible berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai jasa di Klinik Permata Hati Plosorejo Kuto Kerja Karanganyar. Reliability berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai jasa kesehatan di Klinik Permata Hati Plosorejo Kuto Kerja Karanganyar. Responsiveness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai jasa kesehatan di Klinik Permata Hati Plosorejo Kuto Kerja Karanganyar. Assurance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai jasa kesehatan di Klinik Permata Hati Plosorejo Kuto Kerja Karanganyar. Emphaty berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai jasa kesehatan di Klinik Permata Hati Plosorejo Kuto Kerja Karanganyar. Tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai jasa kesehatan di Klinik Permata Hati Plosorejo Kuto Kerja Karanganyar. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa responsiveness mempunyai nilai koefieisen beta sebesar 0,292 yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel yang lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa responsiveness paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pemakai jasa kesehatan di Klinik Permata Hati Plosorejo Kuto Kerja Karanganyar