ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM MEMBELI BATIK DI PUSAT GROSIR SOLO

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen dalam membeli pakaian Batik di Pusat Grosir Solo dan mengetahui dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam pembelian batik di Pusat Grosir Solo. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberi...

Olles dieđut

Furkejuvvon:
Bibliográfalaš dieđut
Váldodahkki: PRAHESTININGSIH, DESI
Materiálatiipa: Oahppočájánas
Giella:English
English
English
English
English
English
English
English
Almmustuhtton: 2011
Fáttát:
Liŋkkat:https://eprints.ums.ac.id/12594/
Fáddágilkorat: Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
_version_ 1804995653676302336
author PRAHESTININGSIH, DESI
author_facet PRAHESTININGSIH, DESI
author_sort PRAHESTININGSIH, DESI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen dalam membeli pakaian Batik di Pusat Grosir Solo dan mengetahui dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam pembelian batik di Pusat Grosir Solo. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberi wawasan dan informasi tentang peningkatan kualitas batik sehingga dapat lebih diminati oleh masyarakat luas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli Batik di Pusat Grosir Solo, sedangkan sampel penelitian adalah 100 konsumen yang berminat membeli pakaian Batik di Pusat Grosir Solo. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sikap konsumen dalam membeli batik di Pusat Grosir Solo diketahui bahwa sikap konsumen (X1) diperoleh nilai thitung = 2,295 > 1,985, sehingga Ho ditolak artinya sikap secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada pakaian batik di Pusat Grosir Solo. Hal ini menunjukkan bahwa sikap konsumen yang positif terhadap pakaian batik di Pusat Grosir Solo akan memberikan dorongan kepada konsumen, sehingga mempunyai minat untuk melakukan pembelian. Gaya hidup (X2) diperoleh nilai thitung = 4,698 > 1,985, sehingga Ho ditolak artinya gaya hidup secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada pakaian batik di Pusat Grosir Solo. Hal ini menunjukkan bahwa gaya hidup yang semakin meningkat, dengan banyaknya kebutuhan penggunaan batik sebagai bahan pembuatan pakaian akan menarik konsumen untuk melakukan pembelian pakaian batik. Trend (X3) diperoleh nilai thitung = 2,763 > 1,985, sehingga Ho ditolak, artinya trend secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada pakaian batik di Pusat Grosir Solo. Hal ini menunjukkan bahwa batik meskipun jenis kain yang merupakan warisan budaya dan telah digunakan sejak dulu, namun trend saat ini tidak membuat batik pudar dalam pasaran. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa gaya hidup mempunyai nilai koefisien regresi yang paling besar jika dibandingkan dengan variabel-variabel lainnya yaitu sebesar 0,480. Hal ini menunjukkan bahwa gaya hidup merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada pakaian batik di Pusat Grosir Solo.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12594
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12594 https://eprints.ums.ac.id/12594/ ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM MEMBELI BATIK DI PUSAT GROSIR SOLO PRAHESTININGSIH, DESI HF Commerce Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen dalam membeli pakaian Batik di Pusat Grosir Solo dan mengetahui dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam pembelian batik di Pusat Grosir Solo. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberi wawasan dan informasi tentang peningkatan kualitas batik sehingga dapat lebih diminati oleh masyarakat luas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli Batik di Pusat Grosir Solo, sedangkan sampel penelitian adalah 100 konsumen yang berminat membeli pakaian Batik di Pusat Grosir Solo. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sikap konsumen dalam membeli batik di Pusat Grosir Solo diketahui bahwa sikap konsumen (X1) diperoleh nilai thitung = 2,295 > 1,985, sehingga Ho ditolak artinya sikap secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada pakaian batik di Pusat Grosir Solo. Hal ini menunjukkan bahwa sikap konsumen yang positif terhadap pakaian batik di Pusat Grosir Solo akan memberikan dorongan kepada konsumen, sehingga mempunyai minat untuk melakukan pembelian. Gaya hidup (X2) diperoleh nilai thitung = 4,698 > 1,985, sehingga Ho ditolak artinya gaya hidup secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada pakaian batik di Pusat Grosir Solo. Hal ini menunjukkan bahwa gaya hidup yang semakin meningkat, dengan banyaknya kebutuhan penggunaan batik sebagai bahan pembuatan pakaian akan menarik konsumen untuk melakukan pembelian pakaian batik. Trend (X3) diperoleh nilai thitung = 2,763 > 1,985, sehingga Ho ditolak, artinya trend secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada pakaian batik di Pusat Grosir Solo. Hal ini menunjukkan bahwa batik meskipun jenis kain yang merupakan warisan budaya dan telah digunakan sejak dulu, namun trend saat ini tidak membuat batik pudar dalam pasaran. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa gaya hidup mempunyai nilai koefisien regresi yang paling besar jika dibandingkan dengan variabel-variabel lainnya yaitu sebesar 0,480. Hal ini menunjukkan bahwa gaya hidup merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada pakaian batik di Pusat Grosir Solo. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12594/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12594/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12594/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12594/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12594/5/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12594/6/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12594/7/08._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12594/8/09._Lampiran.pdf PRAHESTININGSIH, DESI (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM MEMBELI BATIK DI PUSAT GROSIR SOLO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100070236
spellingShingle HF Commerce
PRAHESTININGSIH, DESI
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM MEMBELI BATIK DI PUSAT GROSIR SOLO
title ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM MEMBELI BATIK DI PUSAT GROSIR SOLO
title_full ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM MEMBELI BATIK DI PUSAT GROSIR SOLO
title_fullStr ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM MEMBELI BATIK DI PUSAT GROSIR SOLO
title_full_unstemmed ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM MEMBELI BATIK DI PUSAT GROSIR SOLO
title_short ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM MEMBELI BATIK DI PUSAT GROSIR SOLO
title_sort analisis faktor faktor yang mempengaruhi minat konsumen dalam membeli batik di pusat grosir solo
topic HF Commerce
url https://eprints.ums.ac.id/12594/
work_keys_str_mv AT prahestiningsihdesi analisisfaktorfaktoryangmempengaruhiminatkonsumendalammembelibatikdipusatgrosirsolo