HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERBAHASA DENGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK RETARDASI MENTAL SEDANG DI SLB NEGERI SUKOHARJO
Retardasi mental merupakan kecacatan yang sering terjadi pada anak. Anak retardasi mental memperlihatkan fungsi intelektual dan kemampuan dalam perilaku adaptif di bawah usianya sehingga anak yang mengalami retardasi mental kurang mampu mengembangkan keterampilan dan kebiasaan-kebiasaan yang dimilik...
Gespeichert in:
Hauptverfasser: | , , |
---|---|
Format: | Abschlussarbeit |
Sprache: | English English English English English English English English |
Veröffentlicht: |
2011
|
Schlagworte: | |
Online Zugang: | https://eprints.ums.ac.id/12586/ |
Tags: |
Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
|
Zusammenfassung: | Retardasi mental merupakan kecacatan yang sering terjadi pada anak. Anak retardasi mental memperlihatkan fungsi intelektual dan kemampuan dalam perilaku adaptif di bawah usianya sehingga anak yang mengalami retardasi mental kurang mampu mengembangkan keterampilan dan kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki anak usianya. Anak retardasi mental mengalami kesulitan dalam membina hidup sehari-hari dan masalah penyelesaian diri. Kemampuan bahasa merupakan penunjang yang penting bagi sosialisasi anak. Sehingga kemampuan berbahasa akan mempengaruhi kemampuan sosialisasi yang dimiliki anak. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada hubungan antara kemampuan berbahasa dengan kemampuan sosialisasi anak retardasi mental di SLB Negeri
Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik yaitu mencari hubungan antara kemampuan berbahasa dengan kemampuan sosialisasi pada anak retardasi mental di SLB Negeri Sukoharjo. Penelitian dilaksanakan di SLB
Negeri Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode total sampling dengan jumlah sampel 61 responden. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji Chi Square. Hasil penelitian
menunjukkan: (1) kemampuan berbahasa anak retardari mental di SLB Negeri Sukoharjo rata-rata adalah cukup, (2) kemampuan sosialisasi anak retardasi mental di SLB Negeri Sukoharjo rata-rata adalah kurang, dan (3) terdapat hubungan antara kemampuan berbahasa dengan kemampuan sosialisasi anak retardasi mental di SLB Negeri Sukoharjo. |
---|