ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JAMKESMAS DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR

Indikator utama untuk mengetahui mutu pelayanan adalah kepuasan pasien. Selama ini pihak Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar belum pernah mengadakan evaluasi kepuasan pasien yang mengkhususkan pada pasien rawat inap peserta Jamkesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MUTIARA , ARUMSARI PRASETYA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12581/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995649974829056
author MUTIARA , ARUMSARI PRASETYA
author_facet MUTIARA , ARUMSARI PRASETYA
author_sort MUTIARA , ARUMSARI PRASETYA
collection ePrints
description Indikator utama untuk mengetahui mutu pelayanan adalah kepuasan pasien. Selama ini pihak Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar belum pernah mengadakan evaluasi kepuasan pasien yang mengkhususkan pada pasien rawat inap peserta Jamkesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta Jamkesmas di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar. Metode penelitian menggunakan metode observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap peserta Jamkesmas sebanyak 55 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis statistik menggunakan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penarikan hipotesis terhadap lima variabel dengan uji t dan uji F, diperoleh tingkat signifikansi kurang dari 0,05, maka ada pengaruh secara parsial dan simultan antara keberwujudan, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta Jamkesmas di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar. Untuk koefisien regresi keberwujudan sebesar 0,139, keandalan 0,190, ketanggapan 0,174, jaminan 0,271, dan empati 0,148. Variabel keberwujudan, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati mempengaruhi kepuasan pasien sebesar 63,8% sedangkan sisanya sebesar 36,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Rumah sakit sebagai penyedia layanan sebaiknya lebih memprioritaskan jaminan karena jaminan memiliki pengaruh terbesar terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta Jamkesmas.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12581
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12581 https://eprints.ums.ac.id/12581/ ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JAMKESMAS DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR MUTIARA , ARUMSARI PRASETYA R Medicine (General) Indikator utama untuk mengetahui mutu pelayanan adalah kepuasan pasien. Selama ini pihak Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar belum pernah mengadakan evaluasi kepuasan pasien yang mengkhususkan pada pasien rawat inap peserta Jamkesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta Jamkesmas di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar. Metode penelitian menggunakan metode observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap peserta Jamkesmas sebanyak 55 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis statistik menggunakan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penarikan hipotesis terhadap lima variabel dengan uji t dan uji F, diperoleh tingkat signifikansi kurang dari 0,05, maka ada pengaruh secara parsial dan simultan antara keberwujudan, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta Jamkesmas di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar. Untuk koefisien regresi keberwujudan sebesar 0,139, keandalan 0,190, ketanggapan 0,174, jaminan 0,271, dan empati 0,148. Variabel keberwujudan, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati mempengaruhi kepuasan pasien sebesar 63,8% sedangkan sisanya sebesar 36,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Rumah sakit sebagai penyedia layanan sebaiknya lebih memprioritaskan jaminan karena jaminan memiliki pengaruh terbesar terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta Jamkesmas. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12581/1/COVER_%26_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12581/2/SKRIPSI_LENGKAP.pdf MUTIARA , ARUMSARI PRASETYA (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JAMKESMAS DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. J410060020
spellingShingle R Medicine (General)
MUTIARA , ARUMSARI PRASETYA
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JAMKESMAS DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR
title ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JAMKESMAS DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR
title_full ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JAMKESMAS DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR
title_fullStr ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JAMKESMAS DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR
title_full_unstemmed ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JAMKESMAS DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR
title_short ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JAMKESMAS DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR
title_sort analisis faktor faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta jamkesmas di rumah sakit pku muhammadiyah karanganyar
topic R Medicine (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12581/
work_keys_str_mv AT mutiaraarumsariprasetya analisisfaktorfaktoryangberpengaruhterhadapkepuasanpasienrawatinappesertajamkesmasdirumahsakitpkumuhammadiyahkaranganyar