PENGARUH VARIABEL-VARIABEL KEUANGAN DAN SIGNALING TERHADAP PENENTUAN HARGA PASAR SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA

Penawaran umum saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) merupakan mekanisme awal perusahaan yang go public di Bursa Efek Indonesia. Sebelum melakukan IPO, biasanya perusahaan mengeluarkan informasi prospektus perusahaan yang dimaksudkan untuk membantu investor dalam mengambil keputusan y...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: PUTRI, HERLINA BREVETA
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
Được phát hành: 2010
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/12547/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
_version_ 1804995640401330176
author PUTRI, HERLINA BREVETA
author_facet PUTRI, HERLINA BREVETA
author_sort PUTRI, HERLINA BREVETA
collection ePrints
description Penawaran umum saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) merupakan mekanisme awal perusahaan yang go public di Bursa Efek Indonesia. Sebelum melakukan IPO, biasanya perusahaan mengeluarkan informasi prospektus perusahaan yang dimaksudkan untuk membantu investor dalam mengambil keputusan yang rasional. Melalui informasi tersebut dapat diketahui kinerja perusahaan, resiko dan nilai saham sesungguhnya yang ditawarkan oleh perusahaan emiten. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh variabel-variabel keuangan dan signaling yang diungkapkan dalam prospektus terhadap penentuan harga saham perusahaan yang melakukan IPO. Penelitian ini menggunakan metode empiris dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang melakukan penawaran saham perdana di BEI pada tahun 2004-2006. Sampel diambil sebanyak 31 perusahaan yang melakukan listing pada periode tahun 2004-2006. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Data keuangan dan signaling diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory tahun 2003 - 2005, sedangkan data harga saham diperoleh dari Jakarta Stock Exchange tahun 2004-2006. Teknik analisis menggunakan pengujian asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Earning per share (EPS) tidak berpengaruh terhadap harga saham setelah IPO dan H1 ditolak. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (-1,840 < 2,042) ditolak pada taraf signifikansi 5%. (2) Proceeds (ukuran penawaran saham) tidak berpengaruh terhadap harga saham setelah IPO dan H2 ditolak. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (-1,311 < 2,042) ditolak pada taraf signifikansi 5%. (3) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tidak berpengaruh terhadap harga saham setelah IPO dan H3 ditolak. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (-0,611 < 2,042) ditolak pada taraf signifikansi 5%. (4) Jumlah saham yang ditawarkan tidak berpengaruh terhadap harga saham setelah IPO dan H4 ditolak. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (1,017 < 2,042) ditolak pada taraf signifikansi 5%. (5) Reputasi underwriter tidak berpengaruh terhadap underpricing saham perdana dan H5 ditolak. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (-1,302 < 2,042) ditolak pada taraf signifikansi 5%. (6) Financial leverage berpengaruh terhadap harga saham perusahaan setelah IPO dan H6 diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (2,971 > 2,042) diterima pada taraf signifikansi 5%. (7) Hasil uji t regresi menunjukkan bahwa ROA berpengaruh terhadap harga saham perusahaan setelah IPO dan H7 diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (3,274 > 2,042) diterima pada taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian membuktikan bahwa hanya variabel leverage dan ROA yang berpengaruh terhadap harga saham setelah IPO, sedangkan EPS, Proceeds,, IHSG, jumlah saham, reputasi underwriter tidak berpengaruh terhadap harga saham setelah IPO.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12547
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12547 https://eprints.ums.ac.id/12547/ PENGARUH VARIABEL-VARIABEL KEUANGAN DAN SIGNALING TERHADAP PENENTUAN HARGA PASAR SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA PUTRI, HERLINA BREVETA H Social Sciences (General) Penawaran umum saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) merupakan mekanisme awal perusahaan yang go public di Bursa Efek Indonesia. Sebelum melakukan IPO, biasanya perusahaan mengeluarkan informasi prospektus perusahaan yang dimaksudkan untuk membantu investor dalam mengambil keputusan yang rasional. Melalui informasi tersebut dapat diketahui kinerja perusahaan, resiko dan nilai saham sesungguhnya yang ditawarkan oleh perusahaan emiten. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh variabel-variabel keuangan dan signaling yang diungkapkan dalam prospektus terhadap penentuan harga saham perusahaan yang melakukan IPO. Penelitian ini menggunakan metode empiris dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang melakukan penawaran saham perdana di BEI pada tahun 2004-2006. Sampel diambil sebanyak 31 perusahaan yang melakukan listing pada periode tahun 2004-2006. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Data keuangan dan signaling diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory tahun 2003 - 2005, sedangkan data harga saham diperoleh dari Jakarta Stock Exchange tahun 2004-2006. Teknik analisis menggunakan pengujian asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Earning per share (EPS) tidak berpengaruh terhadap harga saham setelah IPO dan H1 ditolak. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (-1,840 < 2,042) ditolak pada taraf signifikansi 5%. (2) Proceeds (ukuran penawaran saham) tidak berpengaruh terhadap harga saham setelah IPO dan H2 ditolak. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (-1,311 < 2,042) ditolak pada taraf signifikansi 5%. (3) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tidak berpengaruh terhadap harga saham setelah IPO dan H3 ditolak. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (-0,611 < 2,042) ditolak pada taraf signifikansi 5%. (4) Jumlah saham yang ditawarkan tidak berpengaruh terhadap harga saham setelah IPO dan H4 ditolak. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (1,017 < 2,042) ditolak pada taraf signifikansi 5%. (5) Reputasi underwriter tidak berpengaruh terhadap underpricing saham perdana dan H5 ditolak. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (-1,302 < 2,042) ditolak pada taraf signifikansi 5%. (6) Financial leverage berpengaruh terhadap harga saham perusahaan setelah IPO dan H6 diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (2,971 > 2,042) diterima pada taraf signifikansi 5%. (7) Hasil uji t regresi menunjukkan bahwa ROA berpengaruh terhadap harga saham perusahaan setelah IPO dan H7 diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (3,274 > 2,042) diterima pada taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian membuktikan bahwa hanya variabel leverage dan ROA yang berpengaruh terhadap harga saham setelah IPO, sedangkan EPS, Proceeds,, IHSG, jumlah saham, reputasi underwriter tidak berpengaruh terhadap harga saham setelah IPO. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12547/1/COVER_%2B_BAB_I.PDF application/msword en https://eprints.ums.ac.id/12547/2/ABSTRAKSI_%2B_DAFTAR_PUSTAKA.doc application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12547/3/SKRIPSI_LINA.PDF PUTRI, HERLINA BREVETA (2010) PENGARUH VARIABEL-VARIABEL KEUANGAN DAN SIGNALING TERHADAP PENENTUAN HARGA PASAR SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B200040199
spellingShingle H Social Sciences (General)
PUTRI, HERLINA BREVETA
PENGARUH VARIABEL-VARIABEL KEUANGAN DAN SIGNALING TERHADAP PENENTUAN HARGA PASAR SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA
title PENGARUH VARIABEL-VARIABEL KEUANGAN DAN SIGNALING TERHADAP PENENTUAN HARGA PASAR SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA
title_full PENGARUH VARIABEL-VARIABEL KEUANGAN DAN SIGNALING TERHADAP PENENTUAN HARGA PASAR SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA
title_fullStr PENGARUH VARIABEL-VARIABEL KEUANGAN DAN SIGNALING TERHADAP PENENTUAN HARGA PASAR SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA
title_full_unstemmed PENGARUH VARIABEL-VARIABEL KEUANGAN DAN SIGNALING TERHADAP PENENTUAN HARGA PASAR SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA
title_short PENGARUH VARIABEL-VARIABEL KEUANGAN DAN SIGNALING TERHADAP PENENTUAN HARGA PASAR SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA
title_sort pengaruh variabel variabel keuangan dan signaling terhadap penentuan harga pasar saham pada perusahaan yang melakukan ipo di bursa efek indonesia
topic H Social Sciences (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12547/
work_keys_str_mv AT putriherlinabreveta pengaruhvariabelvariabelkeuangandansignalingterhadappenentuanhargapasarsahampadaperusahaanyangmelakukanipodibursaefekindonesia