ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BRI UNIT COLOMADU

Saat ini, banyak perusahaan jasa perbankan yang memfokuskan pada penyampaian pelayanan yang memuaskan kepada pelanggannya, sebagai tujuan utamanya. Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya perusahaan perbankan yang menyertakan komitmennya terhadap kepuasan pelanggan dalam setiap pernyataan misinya,...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nugroho, Erwin
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12527/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995634722242560
author Nugroho, Erwin
author_facet Nugroho, Erwin
author_sort Nugroho, Erwin
collection ePrints
description Saat ini, banyak perusahaan jasa perbankan yang memfokuskan pada penyampaian pelayanan yang memuaskan kepada pelanggannya, sebagai tujuan utamanya. Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya perusahaan perbankan yang menyertakan komitmennya terhadap kepuasan pelanggan dalam setiap pernyataan misinya, Dengan semakin mengoptimalkan pelayanan kepada nasabah maka kepuasan nasabah akan tetap terjaga. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh dimensi kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan nasabah yang terdiri dari variabel keandalan, daya tanggap, keyakinan, empati dan berwujud, yang diberikan oleh Bank Rakyat Indonesia Unit Colomadu terhadap kepuasan nasabah serta mengetahui dimensi kualitas pelayanan jasa yang paling berpengaruh. Permasalahan yang dikemukakan adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara dimensi kualitas jasa (Tangible, Reliability, Responsiveness, Emphaty, Assurance) terhadap kepuasan nasabah pada BRI unit Colomadu? serta menegetahui variabel kualitas pelayanan manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan nasabah. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang nasabah yang datang dan berinteraksi dengan Bank Rakyat Indonesia Unit Colomadu, dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh data primer yang kemudian dianalisis dengan menggunakan alat analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan ( keandalan, daya tanggap, keyakinan, empati dan berwujud ) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Dimensi kualitas pelayanan daya tanggap sebagai dimensi yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan penelitian tersebut, maka pihak perusahaan jasa perbankan khususnya Bank Rakyat Indonesia Unit Colomadu harus meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan karena kualitas pelayanan merupakan faktor yang sangat penting bagi terciptanya kepuasan nasabah.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12527
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12527 https://eprints.ums.ac.id/12527/ ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BRI UNIT COLOMADU Nugroho, Erwin HD28 Management Saat ini, banyak perusahaan jasa perbankan yang memfokuskan pada penyampaian pelayanan yang memuaskan kepada pelanggannya, sebagai tujuan utamanya. Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya perusahaan perbankan yang menyertakan komitmennya terhadap kepuasan pelanggan dalam setiap pernyataan misinya, Dengan semakin mengoptimalkan pelayanan kepada nasabah maka kepuasan nasabah akan tetap terjaga. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh dimensi kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan nasabah yang terdiri dari variabel keandalan, daya tanggap, keyakinan, empati dan berwujud, yang diberikan oleh Bank Rakyat Indonesia Unit Colomadu terhadap kepuasan nasabah serta mengetahui dimensi kualitas pelayanan jasa yang paling berpengaruh. Permasalahan yang dikemukakan adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara dimensi kualitas jasa (Tangible, Reliability, Responsiveness, Emphaty, Assurance) terhadap kepuasan nasabah pada BRI unit Colomadu? serta menegetahui variabel kualitas pelayanan manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan nasabah. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang nasabah yang datang dan berinteraksi dengan Bank Rakyat Indonesia Unit Colomadu, dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh data primer yang kemudian dianalisis dengan menggunakan alat analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan ( keandalan, daya tanggap, keyakinan, empati dan berwujud ) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Dimensi kualitas pelayanan daya tanggap sebagai dimensi yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan penelitian tersebut, maka pihak perusahaan jasa perbankan khususnya Bank Rakyat Indonesia Unit Colomadu harus meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan karena kualitas pelayanan merupakan faktor yang sangat penting bagi terciptanya kepuasan nasabah. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12527/1/File_1_%3D_Skripsi_Erwin_Nugroho_B_100_000_520.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12527/4/File_2_%3D_Skripsi_Erwin_Nugroho_B_100_000_520.pdf Nugroho, Erwin (2010) ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BRI UNIT COLOMADU. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. B100000520
spellingShingle HD28 Management
Nugroho, Erwin
ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BRI UNIT COLOMADU
title ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BRI UNIT COLOMADU
title_full ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BRI UNIT COLOMADU
title_fullStr ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BRI UNIT COLOMADU
title_full_unstemmed ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BRI UNIT COLOMADU
title_short ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BRI UNIT COLOMADU
title_sort analisis pengaruh dimensi kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan nasabah pada bri unit colomadu
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/12527/
work_keys_str_mv AT nugrohoerwin analisispengaruhdimensikualitaspelayananjasaterhadapkepuasannasabahpadabriunitcolomadu