PERBEDAAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG KEAMANAN PANGAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CERAMAH KONVENSIONAL DAN CERAMAH MENGGUNAKAN BUKU SAKU

Survei awal di SMA Negeri Colomadu menunjukkan tingkat pengetahuan remaja tentang keamanan pangan masih rendah sebesar 83%. Oleh karena itu diperlukan strategi atau metode yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan tentang keamanan pangan pada remaja. Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan peng...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: ANGGRAENI , DEBI NURUL
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2010
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/12523/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Survei awal di SMA Negeri Colomadu menunjukkan tingkat pengetahuan remaja tentang keamanan pangan masih rendah sebesar 83%. Oleh karena itu diperlukan strategi atau metode yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan tentang keamanan pangan pada remaja. Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan pengetahuan remaja tentang keamanan pangan dengan menggunakan strategi ceramah konvensional dan ceramah menggunakan buku saku. Jenis penelitian ini adalah research and development dan pada saat implementasi jenis penelitiannya adalah quasy experiment dengan rancangan control group only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri Colomadu dan SMA 2 Sukoharjo yang berjumlah 547 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 70 sampel berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Uji statistik yang digunakan adalah t-test independent. Hasil penelitian diketahui bahwa perbandingan tingkat pengetahuan kedua kelompok nampak rata-rata adalah baik. Hal tersebut ditunjukkan pada kelompok yang diberi ceramah konvensional terdapat 60% sampel berpengetahuan baik dan pada kelompok ceramah menggunakan buku saku adalah 94,3%. Berdasarkan hasil t-test independent diketahui adanya perbedaan pengetahuan tentang keamanan pangan antara kelompok yang diberi ceramah konvensional dengan kelompok yang diberi ceramah menggunakan buku saku, dengan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000.