PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DANHARGA TERHADAP MINAT KONSUMEN DALAM BERBELANJADI SWALAYAN MITRA KARANGANYAR
Untuk membangun kepuasan pelanggan, pengukuran dan identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan sangat penting dilakukan. Kepuasan pelanggan adalah konsep yang jauh lebih luas dari hanya sekedar penilaian kualitas pelayanan, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diantara...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12514/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Untuk membangun kepuasan pelanggan, pengukuran dan identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan sangat penting dilakukan. Kepuasan pelanggan adalah konsep yang jauh lebih luas dari hanya sekedar penilaian kualitas pelayanan, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diantaranya yaitu kualitas jasa, kualitas produk, harga dan faktor situasi dan personal dari konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan persepsi tentang harga terhadap minat konsumen berbelanja di Swalayan Mitra Karanganyar dan faktor apa yang paling berpengaruh terhadap minat berbelanja konsumen di Swalayan Mitra Karanganyar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Swalayan Mitra Karanganyar. Sedangkan jumlah sampel yang dapat dipakai untuk penelitian berjumlah 40 orang. Alat uji yang dipergunakan adalah uji validitas menggunakan korelasi product moment pearson dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang merupakan uji instrumen penelitian. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Data diolah dengan menggunakan program SPSS 10.0 for windows.
Berdasarkan hasil Uji t menunjukkan bahwa faktor kepuasan konsumen, yaitu kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat berbelanja konsumen pada Swalayan Mitra Karanganyar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas t masing-masing sebesar 0,043 (kualitas pelayanan), 0,026 (kualitas produk) dan 0,011 (harga), hasil probabilitas tersebut lebih kecil dari 0,05. Maka hipotesis pertama yang menyatakan bahwa “Diduga kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen berbelanja di Swalayan Mitra Karanganyar”, terbukti kebenarannya.
Variabel harga memiliki nilai koefisien regresi yang paling besar dibandingkan dengan variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk yaitu sebesar 0,354, hal ini berarti harga merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap minat konsumen berbelanja. Hal ini berarti hipotesis kedua yang menyatakan bahwa “Diduga faktor harga berpengaruh paling dominan terhadap minat konsumen berbelanja di Swalayan Mitra Karanganyar”, terbukti kebenarannya.
|
---|