FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk menguji secara empiris Loan to Assets Rotio, Return on Assets Ratio, Return on Equity, Net Profit Margin secara bersama -sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Perbankan. 2) Untuk menguji secar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUJIANTO, HERI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12499/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995627250089984
author PUJIANTO, HERI
author_facet PUJIANTO, HERI
author_sort PUJIANTO, HERI
collection ePrints
description Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk menguji secara empiris Loan to Assets Rotio, Return on Assets Ratio, Return on Equity, Net Profit Margin secara bersama -sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Perbankan. 2) Untuk menguji secara empiris Loan to Assets Rotio secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Perbankan. 3) Untuk menguji secara empiris Return on Assets Ratio berpengaruh secara signifikan terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Perbankan. 4) Untuk menguji secara empiris Return on Equity secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Perbankan. 5) Untuk menguji secara empiris Net Profit Margin secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap Price Earning Rati o Pada Perusahaan Perbankan. Hipotesis dalam penelitian adalah 1) H1 : Loan to Assets Ratio, Return on Assets Ratio, Return on Equity dan Net Profit Margin secara simultan berpengaruh terhadap Price Eraning ratio pada perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia. 2) H2 : Loan to Assets Ratio (LAR) berpengaruh negatif secara signifikan terhadap Price Eraning Ratio secara parsial. 3) H3 : ROA berpengaruh posistif secara signifikan terhadap Price Earning Ratio secara parsial. 4) H 4 : Return on Equity (ROE) berpengaruh positif secara signifikan terhadap Price Earning Ratio secara partial. 5) H5 : Net Profit Margin berpengaruh positif secara signifikan terhadap Price Earning Ratio secara parsial. Berdasarkan hasil analisis uji t bahwa nilai t-hitung LAR sebesar 2,451. Oleh karena hasil uji t statistik (t-hitung) lebih besar dari nilai t tabel (2,451 > 1,960) atau Probabilitas t lebih kecil dari 0,05 (0,003 < 0,05) maka Ho ditolak pada taraf signifikansi 0,05. Artinya bahwa variabel LAR mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap PER. Variabel ROA lebih besar dari nilai t tabel (3,703 > 1,960) atau Probabilitas t lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak pada taraf signifikansi 0,05. Artinya bahwa variabel ROA mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap PER. Variabel ROE lebih kecil dari nilai t tabel (-0,289 < 1,960) atau Probabilitas t lebih besar dari 0,05 (0,773 < 0,05) maka Ho ditolak pada taraf signifikansi 0,05. Artinya bahwa variabel ROE tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap PER. Variabel NPM lebih besar dari nilai t tabel (3,134 > 1,960) atau Probabilitas t lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak pada taraf signifikansi 0,05. Artinya bahwa variabel NPM mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap PER. Berdasarkan hasil analisis uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 25,878 (25,878 > 2,53) dengan probabilitas sebesar 0,001 (P < 0,05), hal ini berarti variabel LAR, ROA, ROE dan NPM secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap PER Hasil perhitungan R2 sebesar 0,544. Hal ini berarti 54,4% variasi perubahan keputusan nasabah dijelaskan oleh variasi perubahan LAR, ROA, ROE dan NPM. Sementara sisanya sebesar 45,6% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12499
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12499 https://eprints.ums.ac.id/12499/ FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PUJIANTO, HERI HD28 Management Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk menguji secara empiris Loan to Assets Rotio, Return on Assets Ratio, Return on Equity, Net Profit Margin secara bersama -sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Perbankan. 2) Untuk menguji secara empiris Loan to Assets Rotio secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Perbankan. 3) Untuk menguji secara empiris Return on Assets Ratio berpengaruh secara signifikan terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Perbankan. 4) Untuk menguji secara empiris Return on Equity secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Perbankan. 5) Untuk menguji secara empiris Net Profit Margin secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap Price Earning Rati o Pada Perusahaan Perbankan. Hipotesis dalam penelitian adalah 1) H1 : Loan to Assets Ratio, Return on Assets Ratio, Return on Equity dan Net Profit Margin secara simultan berpengaruh terhadap Price Eraning ratio pada perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia. 2) H2 : Loan to Assets Ratio (LAR) berpengaruh negatif secara signifikan terhadap Price Eraning Ratio secara parsial. 3) H3 : ROA berpengaruh posistif secara signifikan terhadap Price Earning Ratio secara parsial. 4) H 4 : Return on Equity (ROE) berpengaruh positif secara signifikan terhadap Price Earning Ratio secara partial. 5) H5 : Net Profit Margin berpengaruh positif secara signifikan terhadap Price Earning Ratio secara parsial. Berdasarkan hasil analisis uji t bahwa nilai t-hitung LAR sebesar 2,451. Oleh karena hasil uji t statistik (t-hitung) lebih besar dari nilai t tabel (2,451 > 1,960) atau Probabilitas t lebih kecil dari 0,05 (0,003 < 0,05) maka Ho ditolak pada taraf signifikansi 0,05. Artinya bahwa variabel LAR mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap PER. Variabel ROA lebih besar dari nilai t tabel (3,703 > 1,960) atau Probabilitas t lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak pada taraf signifikansi 0,05. Artinya bahwa variabel ROA mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap PER. Variabel ROE lebih kecil dari nilai t tabel (-0,289 < 1,960) atau Probabilitas t lebih besar dari 0,05 (0,773 < 0,05) maka Ho ditolak pada taraf signifikansi 0,05. Artinya bahwa variabel ROE tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap PER. Variabel NPM lebih besar dari nilai t tabel (3,134 > 1,960) atau Probabilitas t lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak pada taraf signifikansi 0,05. Artinya bahwa variabel NPM mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap PER. Berdasarkan hasil analisis uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 25,878 (25,878 > 2,53) dengan probabilitas sebesar 0,001 (P < 0,05), hal ini berarti variabel LAR, ROA, ROE dan NPM secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap PER Hasil perhitungan R2 sebesar 0,544. Hal ini berarti 54,4% variasi perubahan keputusan nasabah dijelaskan oleh variasi perubahan LAR, ROA, ROE dan NPM. Sementara sisanya sebesar 45,6% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12499/1/Cover_%26_Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12499/4/Keseluruhan_Skripsi.pdf PUJIANTO, HERI (2010) FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. B100070209
spellingShingle HD28 Management
PUJIANTO, HERI
FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
title FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
title_full FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
title_fullStr FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
title_full_unstemmed FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
title_short FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
title_sort faktor faktor yang mempengaruhi price earning ratio pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/12499/
work_keys_str_mv AT pujiantoheri faktorfaktoryangmempengaruhipriceearningratiopadaperusahaanperbankanyangterdaftardibursaefekindonesia