HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA FISIOTERAPI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (UMS) TENTANG PROFESI FISIOTERAPI DENGAN MOTIVASI BELAJAR

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Persepsi Mahasiswa fisioterapi UMS tentang Profesi Fisioterapi dan gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa fisioterapi UMS serta hubungan kedua variabel tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2010- januari 2011. Pengumpulanb data dil...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FAJRI, DEDI AGUS
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12490/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Persepsi Mahasiswa fisioterapi UMS tentang Profesi Fisioterapi dan gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa fisioterapi UMS serta hubungan kedua variabel tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2010- januari 2011. Pengumpulanb data dilakukan dengan pemberian kuesioner kepada mahasiswa fisioterapi UMS D3, D4 dan S1 semester I kemudian memberikan skor dari masing-masing pernyataan kuesioner. Jurusan Fisioterapi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang diharapkan mampu menghasilkan tenaga fisioterapi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat baik kualitas maupun kuantitasnya yang salah satu faktornya adalah pencapaian hasil belajar mahasiswa tersebut dan kemandirian setelah menyelesaikan perkuliahan tersebut. Selain peran pendidik motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang profesi fisioterapi mempunyai hubungan timbal balik terhadap hasil belajar mereka selama proses pendidikan di jurusan Fisioterapi maupun dalam menjalankan profesinya sebagai fisioterapis. Menurut Hocberg (1969) hubungan persepsi dengan tingkahlaku itu sangat erat sebab dalam persepsi khususnya persepsi sosial mempunyai pengaruh terhadap individu dalam mencapai tujuan. Maka persepsi yang positif terhadap profesi fisioterapi diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan antara persepsi mahasiswa Mahasiswa Fisioterapi UMS tentang profesi fisioterapi dengan motivasi belajar. Dari hasil uji statistik dengan analisis Korelasi Product Movement diperoleh Nilai P=0,00. Jadi dapat disimpulkan bahwa berarti ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi mahasiswa dengan motivasi belajar.