PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2
LATAR BELAKANG: Pada usia anak-anak kemampuan mempertahankan keseimbangan sangatlah penting karena pada usia tersebut anak-anak mulai belajar untuk lebih dapat mengenal lingkungannya. Dan pada anak dengan usia 8-9 tahun merupakan masa aktif dalam bergerak dan bersenang-senang dengan aktivitas...
Guardado en:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Tesis |
Lenguaje: | English English English English English English English English English |
Publicado: |
2011
|
Materias: | |
Acceso en línea: | https://eprints.ums.ac.id/12475/ |
Etiquetas: |
Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
|
_version_ | 1804995620981702656 |
---|---|
author | PANGESTI, ILMI PUTRI |
author_facet | PANGESTI, ILMI PUTRI |
author_sort | PANGESTI, ILMI PUTRI |
collection | ePrints |
description | LATAR BELAKANG: Pada usia anak-anak kemampuan mempertahankan
keseimbangan sangatlah penting karena pada usia tersebut anak-anak mulai belajar
untuk lebih dapat mengenal lingkungannya. Dan pada anak dengan usia 8-9 tahun
merupakan masa aktif dalam bergerak dan bersenang-senang dengan aktivitas
karena kematangan ketrampilan motorik dasarnya. Untuk melatih dan
meningkatkan kemampuan mempertahankan keseimbangan baik static standing
ballance dan dynamic standing ballance diperlukan gerakkan yang lebih baik dan
terkontrol dengan gerakkan-gerakkan pada gymnastic exercise. TUJUAN: Untuk
mengetahui pengaruh pemberian gymnastic exercise terhadap keseimbangan pada
anak usia 8 sampai 9 tahun. SUBYEK: Sebanyak 31 anak terdiri dari 18
perempuan dan 13 laki-laki di SD Gonilan 2, Surakarta. METODOLOGI
PENELITIAN: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan
menggunakan rancangan penilitian pre test-post test with control group design.
Pengukuran keseimbangan menggunakan Modification Clinical Test Sensory
Interaction and Ballance (m-CTSIB) with static and dynamic standing ballance
sebelum dan sesudah diberikan gymnastic exercise selama 6 minggu. HASIL:
Hasil pengujian Independent T-test dan Mann Whitney Test menunjukkan bahwa
mempunyai perbedaan yang signifikan pemberian gymnastic exercise terhadap
keseimbangan static standing balance and dynamic standing balance pada anak hal
ini dilihat dari nilai probabilitasnya yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,0001 (p<
0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. KESIMPULAN: Dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh pemberian gymnastic exercise terhadap keseimbangan static
and dynamic standing balance pada anak usia 8 sampai 9 tahun. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:12475 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:12475 https://eprints.ums.ac.id/12475/ PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2 PANGESTI, ILMI PUTRI RM Therapeutics. Pharmacology LATAR BELAKANG: Pada usia anak-anak kemampuan mempertahankan keseimbangan sangatlah penting karena pada usia tersebut anak-anak mulai belajar untuk lebih dapat mengenal lingkungannya. Dan pada anak dengan usia 8-9 tahun merupakan masa aktif dalam bergerak dan bersenang-senang dengan aktivitas karena kematangan ketrampilan motorik dasarnya. Untuk melatih dan meningkatkan kemampuan mempertahankan keseimbangan baik static standing ballance dan dynamic standing ballance diperlukan gerakkan yang lebih baik dan terkontrol dengan gerakkan-gerakkan pada gymnastic exercise. TUJUAN: Untuk mengetahui pengaruh pemberian gymnastic exercise terhadap keseimbangan pada anak usia 8 sampai 9 tahun. SUBYEK: Sebanyak 31 anak terdiri dari 18 perempuan dan 13 laki-laki di SD Gonilan 2, Surakarta. METODOLOGI PENELITIAN: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan menggunakan rancangan penilitian pre test-post test with control group design. Pengukuran keseimbangan menggunakan Modification Clinical Test Sensory Interaction and Ballance (m-CTSIB) with static and dynamic standing ballance sebelum dan sesudah diberikan gymnastic exercise selama 6 minggu. HASIL: Hasil pengujian Independent T-test dan Mann Whitney Test menunjukkan bahwa mempunyai perbedaan yang signifikan pemberian gymnastic exercise terhadap keseimbangan static standing balance and dynamic standing balance pada anak hal ini dilihat dari nilai probabilitasnya yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,0001 (p< 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. KESIMPULAN: Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian gymnastic exercise terhadap keseimbangan static and dynamic standing balance pada anak usia 8 sampai 9 tahun. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12475/1/COVER-ABSTRAK.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12475/2/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12475/3/BAB_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12475/5/BAB_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12475/8/BAB_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12475/10/BAB_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12475/12/BAB_6.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12475/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12475/16/LAMPIRAN.pdf PANGESTI, ILMI PUTRI (2011) PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. J110060035 |
spellingShingle | RM Therapeutics. Pharmacology PANGESTI, ILMI PUTRI PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2 |
title | PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2 |
title_full | PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2 |
title_fullStr | PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2 |
title_full_unstemmed | PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2 |
title_short | PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2 |
title_sort | pengaruh pemberian gymnastics exercise terhadap keseimbangan pada anak usia 8 9 tahun di sd gonilan 2 |
topic | RM Therapeutics. Pharmacology |
url | https://eprints.ums.ac.id/12475/ |
work_keys_str_mv | AT pangestiilmiputri pengaruhpemberiangymnasticsexerciseterhadapkeseimbanganpadaanakusia89tahundisdgonilan2 |