PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2

LATAR BELAKANG: Pada usia anak-anak kemampuan mempertahankan keseimbangan sangatlah penting karena pada usia tersebut anak-anak mulai belajar untuk lebih dapat mengenal lingkungannya. Dan pada anak dengan usia 8-9 tahun merupakan masa aktif dalam bergerak dan bersenang-senang dengan aktivitas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PANGESTI, ILMI PUTRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12475/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995620981702656
author PANGESTI, ILMI PUTRI
author_facet PANGESTI, ILMI PUTRI
author_sort PANGESTI, ILMI PUTRI
collection ePrints
description LATAR BELAKANG: Pada usia anak-anak kemampuan mempertahankan keseimbangan sangatlah penting karena pada usia tersebut anak-anak mulai belajar untuk lebih dapat mengenal lingkungannya. Dan pada anak dengan usia 8-9 tahun merupakan masa aktif dalam bergerak dan bersenang-senang dengan aktivitas karena kematangan ketrampilan motorik dasarnya. Untuk melatih dan meningkatkan kemampuan mempertahankan keseimbangan baik static standing ballance dan dynamic standing ballance diperlukan gerakkan yang lebih baik dan terkontrol dengan gerakkan-gerakkan pada gymnastic exercise. TUJUAN: Untuk mengetahui pengaruh pemberian gymnastic exercise terhadap keseimbangan pada anak usia 8 sampai 9 tahun. SUBYEK: Sebanyak 31 anak terdiri dari 18 perempuan dan 13 laki-laki di SD Gonilan 2, Surakarta. METODOLOGI PENELITIAN: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan menggunakan rancangan penilitian pre test-post test with control group design. Pengukuran keseimbangan menggunakan Modification Clinical Test Sensory Interaction and Ballance (m-CTSIB) with static and dynamic standing ballance sebelum dan sesudah diberikan gymnastic exercise selama 6 minggu. HASIL: Hasil pengujian Independent T-test dan Mann Whitney Test menunjukkan bahwa mempunyai perbedaan yang signifikan pemberian gymnastic exercise terhadap keseimbangan static standing balance and dynamic standing balance pada anak hal ini dilihat dari nilai probabilitasnya yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,0001 (p< 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. KESIMPULAN: Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian gymnastic exercise terhadap keseimbangan static and dynamic standing balance pada anak usia 8 sampai 9 tahun.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12475
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12475 https://eprints.ums.ac.id/12475/ PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2 PANGESTI, ILMI PUTRI RM Therapeutics. Pharmacology LATAR BELAKANG: Pada usia anak-anak kemampuan mempertahankan keseimbangan sangatlah penting karena pada usia tersebut anak-anak mulai belajar untuk lebih dapat mengenal lingkungannya. Dan pada anak dengan usia 8-9 tahun merupakan masa aktif dalam bergerak dan bersenang-senang dengan aktivitas karena kematangan ketrampilan motorik dasarnya. Untuk melatih dan meningkatkan kemampuan mempertahankan keseimbangan baik static standing ballance dan dynamic standing ballance diperlukan gerakkan yang lebih baik dan terkontrol dengan gerakkan-gerakkan pada gymnastic exercise. TUJUAN: Untuk mengetahui pengaruh pemberian gymnastic exercise terhadap keseimbangan pada anak usia 8 sampai 9 tahun. SUBYEK: Sebanyak 31 anak terdiri dari 18 perempuan dan 13 laki-laki di SD Gonilan 2, Surakarta. METODOLOGI PENELITIAN: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan menggunakan rancangan penilitian pre test-post test with control group design. Pengukuran keseimbangan menggunakan Modification Clinical Test Sensory Interaction and Ballance (m-CTSIB) with static and dynamic standing ballance sebelum dan sesudah diberikan gymnastic exercise selama 6 minggu. HASIL: Hasil pengujian Independent T-test dan Mann Whitney Test menunjukkan bahwa mempunyai perbedaan yang signifikan pemberian gymnastic exercise terhadap keseimbangan static standing balance and dynamic standing balance pada anak hal ini dilihat dari nilai probabilitasnya yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,0001 (p< 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. KESIMPULAN: Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian gymnastic exercise terhadap keseimbangan static and dynamic standing balance pada anak usia 8 sampai 9 tahun. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12475/1/COVER-ABSTRAK.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12475/2/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12475/3/BAB_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12475/5/BAB_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12475/8/BAB_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12475/10/BAB_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12475/12/BAB_6.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12475/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12475/16/LAMPIRAN.pdf PANGESTI, ILMI PUTRI (2011) PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. J110060035
spellingShingle RM Therapeutics. Pharmacology
PANGESTI, ILMI PUTRI
PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2
title PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2
title_full PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2
title_fullStr PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2
title_full_unstemmed PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2
title_short PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2
title_sort pengaruh pemberian gymnastics exercise terhadap keseimbangan pada anak usia 8 9 tahun di sd gonilan 2
topic RM Therapeutics. Pharmacology
url https://eprints.ums.ac.id/12475/
work_keys_str_mv AT pangestiilmiputri pengaruhpemberiangymnasticsexerciseterhadapkeseimbanganpadaanakusia89tahundisdgonilan2