PENGARUH PEMBERIAN GYMNASTICS EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 8-9 TAHUN DI SD GONILAN 2
LATAR BELAKANG: Pada usia anak-anak kemampuan mempertahankan keseimbangan sangatlah penting karena pada usia tersebut anak-anak mulai belajar untuk lebih dapat mengenal lingkungannya. Dan pada anak dengan usia 8-9 tahun merupakan masa aktif dalam bergerak dan bersenang-senang dengan aktivitas...
Bewaard in:
Hoofdauteur: | |
---|---|
Formaat: | Thesis |
Taal: | English English English English English English English English English |
Gepubliceerd in: |
2011
|
Onderwerpen: | |
Online toegang: | https://eprints.ums.ac.id/12475/ |
Tags: |
Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
|
Samenvatting: | LATAR BELAKANG: Pada usia anak-anak kemampuan mempertahankan
keseimbangan sangatlah penting karena pada usia tersebut anak-anak mulai belajar
untuk lebih dapat mengenal lingkungannya. Dan pada anak dengan usia 8-9 tahun
merupakan masa aktif dalam bergerak dan bersenang-senang dengan aktivitas
karena kematangan ketrampilan motorik dasarnya. Untuk melatih dan
meningkatkan kemampuan mempertahankan keseimbangan baik static standing
ballance dan dynamic standing ballance diperlukan gerakkan yang lebih baik dan
terkontrol dengan gerakkan-gerakkan pada gymnastic exercise. TUJUAN: Untuk
mengetahui pengaruh pemberian gymnastic exercise terhadap keseimbangan pada
anak usia 8 sampai 9 tahun. SUBYEK: Sebanyak 31 anak terdiri dari 18
perempuan dan 13 laki-laki di SD Gonilan 2, Surakarta. METODOLOGI
PENELITIAN: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan
menggunakan rancangan penilitian pre test-post test with control group design.
Pengukuran keseimbangan menggunakan Modification Clinical Test Sensory
Interaction and Ballance (m-CTSIB) with static and dynamic standing ballance
sebelum dan sesudah diberikan gymnastic exercise selama 6 minggu. HASIL:
Hasil pengujian Independent T-test dan Mann Whitney Test menunjukkan bahwa
mempunyai perbedaan yang signifikan pemberian gymnastic exercise terhadap
keseimbangan static standing balance and dynamic standing balance pada anak hal
ini dilihat dari nilai probabilitasnya yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,0001 (p<
0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. KESIMPULAN: Dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh pemberian gymnastic exercise terhadap keseimbangan static
and dynamic standing balance pada anak usia 8 sampai 9 tahun. |
---|