KEMACETAN LALU LINTAS DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2010

Penelitian ini di lakukan di kota Surakarta dengan judul ’’ Kemacetan Lalu Lintas di Kota Surakarta. Latar belakang pemilihan daerah penelitian berdasarkan atas pertimbangan, pertama kota Surakarta merupakan daerah jalur transportasi yang menghubungkan daerah sekitarnya dan juga kota besar yang ada...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: Amalio, Dedy Rizky
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2011
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/12449/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
_version_ 1804995613800005632
author Amalio, Dedy Rizky
author_facet Amalio, Dedy Rizky
author_sort Amalio, Dedy Rizky
collection ePrints
description Penelitian ini di lakukan di kota Surakarta dengan judul ’’ Kemacetan Lalu Lintas di Kota Surakarta. Latar belakang pemilihan daerah penelitian berdasarkan atas pertimbangan, pertama kota Surakarta merupakan daerah jalur transportasi yang menghubungkan daerah sekitarnya dan juga kota besar yang ada yaitu Semarang, Jogja, dan Surabaya. Kedua adalah kota Surakarta merupakan pusat kegiatan ekonomi, sehingga mobilitas sangat tinggi, dan juga akses jalur transportasi sangat padat. Hal ini terlihat pada satuan pada satuan mobil penumpang yang tercatat tinggi. Perumusan masalah dari penelitian ini, yaitu bagaimanakah agihan lokasi terjadinya kemacetan lalu lintas di Kota Surakarta, apakah hal tersebut sangatlah berpengaruh terhadap setiap titik kepadatan lokasi jalan yang ada di kota Surakarta, dan juga faktor apa sajakah yang mempengaruhi kemacetan lalu lintas di kota Surakarta, apakah dari sektor sosial ekonomi, dan juga pengunaan lahan yang ada di kota Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat kemacetan lalu lintas di Kota Surakarta, dan titik titik lokasi yang berpotensi menimbulkan kemaceta lalu lintas, dan juga mengetahui faktor yang mempengaruhi kemacetan di Kota Surakarta. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode survai Dalam metode ini informasi data di kumpulkan dari instansi-instasi yang terkait dari penelitian ini. Sedangkan data primer yang dikumpulkan dengan melakukan observasi lapangan pada lokasi penelitian (pengamatan,pengukuran,perhitungan). Hasil penelitian menujukan bahwa kemacetan lalu lintas di kota Surakarta ada tiga variasi yaitu, kemacetan tinggi dengan nilai LOS 0,30 - 1,52, yaitu di Jalan Bridjen Slamet Riyadi A, dan Bridjen Slamet Riyadi B dengan nilai LOS 0.20 - 0.59 kemacetan sedang, dan di Jalan Dr. Rajiman dengan nilai LOS 0.20 - 0.55 termasuk sedang, dan kemacetan rendah terjadi di jalan R.E. Martadinata dengan nilai LOS adalah 0.20 - 0.50. Kemacetan terjadi pada saat peak hour (jam sibuk), yang di sebabkan berbagai faktor. Lahan parkir yang letaknya memusat pada pinggir ruas jalan tersebut sebagai penyebab. Selain itu ada faktor lain yang berpengaruh terhadap kemacetan lalu lintas di Kota Surakarta yaitu, pemberhentian angkutan umum bukan pada tempatnya, sehingga kemacetan terjadi pada lokasi jalan tersebut, akibatnya tersendatnya arus lalu lintas yang melewati jalan tersebut. Fasilitas perberhentian angkutan umum kurang di manfaatkan oleh pengemudi angkutan umum, sehingga terjadi terminal bayangan di jalan tersebut. Hasil observasi di lapangan dapat di ambil kesimpulan bahwa kemacetan lalu lintas di Kota Surakarta di pengaruhi keberadaan lahan parkir yang penempatan lokasi yang memusat pada suatu titik, dan juga pemberentian angkutan umum bukan pada tempatnya, dan volume kendaraan sangat tinggi di setiap jalan yang menjadi obyek penelitian.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12449
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12449 https://eprints.ums.ac.id/12449/ KEMACETAN LALU LINTAS DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2010 Amalio, Dedy Rizky G Geography (General) Penelitian ini di lakukan di kota Surakarta dengan judul ’’ Kemacetan Lalu Lintas di Kota Surakarta. Latar belakang pemilihan daerah penelitian berdasarkan atas pertimbangan, pertama kota Surakarta merupakan daerah jalur transportasi yang menghubungkan daerah sekitarnya dan juga kota besar yang ada yaitu Semarang, Jogja, dan Surabaya. Kedua adalah kota Surakarta merupakan pusat kegiatan ekonomi, sehingga mobilitas sangat tinggi, dan juga akses jalur transportasi sangat padat. Hal ini terlihat pada satuan pada satuan mobil penumpang yang tercatat tinggi. Perumusan masalah dari penelitian ini, yaitu bagaimanakah agihan lokasi terjadinya kemacetan lalu lintas di Kota Surakarta, apakah hal tersebut sangatlah berpengaruh terhadap setiap titik kepadatan lokasi jalan yang ada di kota Surakarta, dan juga faktor apa sajakah yang mempengaruhi kemacetan lalu lintas di kota Surakarta, apakah dari sektor sosial ekonomi, dan juga pengunaan lahan yang ada di kota Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat kemacetan lalu lintas di Kota Surakarta, dan titik titik lokasi yang berpotensi menimbulkan kemaceta lalu lintas, dan juga mengetahui faktor yang mempengaruhi kemacetan di Kota Surakarta. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode survai Dalam metode ini informasi data di kumpulkan dari instansi-instasi yang terkait dari penelitian ini. Sedangkan data primer yang dikumpulkan dengan melakukan observasi lapangan pada lokasi penelitian (pengamatan,pengukuran,perhitungan). Hasil penelitian menujukan bahwa kemacetan lalu lintas di kota Surakarta ada tiga variasi yaitu, kemacetan tinggi dengan nilai LOS 0,30 - 1,52, yaitu di Jalan Bridjen Slamet Riyadi A, dan Bridjen Slamet Riyadi B dengan nilai LOS 0.20 - 0.59 kemacetan sedang, dan di Jalan Dr. Rajiman dengan nilai LOS 0.20 - 0.55 termasuk sedang, dan kemacetan rendah terjadi di jalan R.E. Martadinata dengan nilai LOS adalah 0.20 - 0.50. Kemacetan terjadi pada saat peak hour (jam sibuk), yang di sebabkan berbagai faktor. Lahan parkir yang letaknya memusat pada pinggir ruas jalan tersebut sebagai penyebab. Selain itu ada faktor lain yang berpengaruh terhadap kemacetan lalu lintas di Kota Surakarta yaitu, pemberhentian angkutan umum bukan pada tempatnya, sehingga kemacetan terjadi pada lokasi jalan tersebut, akibatnya tersendatnya arus lalu lintas yang melewati jalan tersebut. Fasilitas perberhentian angkutan umum kurang di manfaatkan oleh pengemudi angkutan umum, sehingga terjadi terminal bayangan di jalan tersebut. Hasil observasi di lapangan dapat di ambil kesimpulan bahwa kemacetan lalu lintas di Kota Surakarta di pengaruhi keberadaan lahan parkir yang penempatan lokasi yang memusat pada suatu titik, dan juga pemberentian angkutan umum bukan pada tempatnya, dan volume kendaraan sangat tinggi di setiap jalan yang menjadi obyek penelitian. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12449/1/Cover.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12449/2/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12449/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12449/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12449/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12449/9/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12449/12/daftar_pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12449/17/Lampiran.pdf Amalio, Dedy Rizky (2011) KEMACETAN LALU LINTAS DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. E100050009
spellingShingle G Geography (General)
Amalio, Dedy Rizky
KEMACETAN LALU LINTAS DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2010
title KEMACETAN LALU LINTAS DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2010
title_full KEMACETAN LALU LINTAS DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2010
title_fullStr KEMACETAN LALU LINTAS DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2010
title_full_unstemmed KEMACETAN LALU LINTAS DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2010
title_short KEMACETAN LALU LINTAS DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2010
title_sort kemacetan lalu lintas di kota surakarta tahun 2010
topic G Geography (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12449/
work_keys_str_mv AT amaliodedyrizky kemacetanlalulintasdikotasurakartatahun2010