PLURALISME AGAMA MENURUT NURCHOLISH MADJID
Pluralitas dalam bingkai kesatuan adalah kekayaan budaya nasional yang sangat berharga. Tetapi, dalam pluralitasan itu sendiri seringkali tumbuh potensi-potensi konflik, karena faktor-faktor kondisional dan struktural yang bersifat aktual dalam masyarakat.Hal tersebutadalah sebuah latar belakang awa...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12426/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995607509598208 |
---|---|
author | WIRATAMA SP, ADI |
author_facet | WIRATAMA SP, ADI |
author_sort | WIRATAMA SP, ADI |
collection | ePrints |
description | Pluralitas dalam bingkai kesatuan adalah kekayaan budaya nasional yang sangat berharga. Tetapi, dalam pluralitasan itu sendiri seringkali tumbuh potensi-potensi konflik, karena faktor-faktor kondisional dan struktural yang bersifat aktual dalam masyarakat.Hal tersebutadalah sebuah latar belakang awal tentang fokus kajian penelitian ini tentang pluralisme agama dalam bingkai tokoh cendikiawan muslim yang selau memperjuangkan prinsip pluralismenya dengan sikap toleran dalam membangun sebuah bangsa, yang terdiri atas berbagai macam suku-bangsa, agama dan etnis, dia adalah Nurcholish Madjid. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada kaitan konsep pluralisme agamamenurut Nurcholish Madjid dengan humanisme sekuler,
sinkretisme dan hikmahabadi?Tujuandari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui adakah kaitannya konsep pluralisme agamadengan humanisme sekuler, sinkretisme dan hikmah abadi menurut Nurcholish Madjid. Sedangkan
manfaat secara teoritis dari penelitian ini adalah untuk menambah khazanah keilmuan tentang pluralismeagama,hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi tambahan atau pembanding bagi peneliti lain dengan masalah sejenis.
Secara praktis adalah kontribusi terhadap pemikiran Islam serta menghadirkan Islam secara lebih komprehensif,membuka wawasan peneliti mengenai konsep pluralisme menurut Nurcholish Madjid. Pendekatan yang digunakan yaitu
pendekatan historis-filosofisdan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Hasildari penelitian ini adalah adanya gagasan pluralisme agama Nurcholish Madjid berkaitan dengan humanisme, ini dapat dilihat dari penafsiran-penafsiran Nurcholish Madjid terhadap teks dan agama, harus diorientasikan untuk kemaslahatan umat. Begitu juga gagasan pluralisme agama Nurcholish Madjid berkaitan dengan hikmah abadi, Nurcholish Madjid berpendapat bahwa dalam jalan atau pintu-pintu menuju Tuhan itu banyak, sebanyak idiom pribadi. Sedangkan gagasan pluralisme agama Nurcholish Madjid tidak terkait dengan sinkretisme karena ia sangat menekankan pada beberapa aspek: mengakui adanya
kebenaran agamalain, dan menganggap bahwa perbedaan agama ini harus dijadikan hal positif; bukan menciptakan agama baru dengan memadukan unsur tertentu sehingga pemeluk agama tertentu tetap dalam agamanya sendiri. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:12426 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:12426 https://eprints.ums.ac.id/12426/ PLURALISME AGAMA MENURUT NURCHOLISH MADJID WIRATAMA SP, ADI BP Bahaism. Theosophy, etc Pluralitas dalam bingkai kesatuan adalah kekayaan budaya nasional yang sangat berharga. Tetapi, dalam pluralitasan itu sendiri seringkali tumbuh potensi-potensi konflik, karena faktor-faktor kondisional dan struktural yang bersifat aktual dalam masyarakat.Hal tersebutadalah sebuah latar belakang awal tentang fokus kajian penelitian ini tentang pluralisme agama dalam bingkai tokoh cendikiawan muslim yang selau memperjuangkan prinsip pluralismenya dengan sikap toleran dalam membangun sebuah bangsa, yang terdiri atas berbagai macam suku-bangsa, agama dan etnis, dia adalah Nurcholish Madjid. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada kaitan konsep pluralisme agamamenurut Nurcholish Madjid dengan humanisme sekuler, sinkretisme dan hikmahabadi?Tujuandari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui adakah kaitannya konsep pluralisme agamadengan humanisme sekuler, sinkretisme dan hikmah abadi menurut Nurcholish Madjid. Sedangkan manfaat secara teoritis dari penelitian ini adalah untuk menambah khazanah keilmuan tentang pluralismeagama,hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi tambahan atau pembanding bagi peneliti lain dengan masalah sejenis. Secara praktis adalah kontribusi terhadap pemikiran Islam serta menghadirkan Islam secara lebih komprehensif,membuka wawasan peneliti mengenai konsep pluralisme menurut Nurcholish Madjid. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan historis-filosofisdan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Hasildari penelitian ini adalah adanya gagasan pluralisme agama Nurcholish Madjid berkaitan dengan humanisme, ini dapat dilihat dari penafsiran-penafsiran Nurcholish Madjid terhadap teks dan agama, harus diorientasikan untuk kemaslahatan umat. Begitu juga gagasan pluralisme agama Nurcholish Madjid berkaitan dengan hikmah abadi, Nurcholish Madjid berpendapat bahwa dalam jalan atau pintu-pintu menuju Tuhan itu banyak, sebanyak idiom pribadi. Sedangkan gagasan pluralisme agama Nurcholish Madjid tidak terkait dengan sinkretisme karena ia sangat menekankan pada beberapa aspek: mengakui adanya kebenaran agamalain, dan menganggap bahwa perbedaan agama ini harus dijadikan hal positif; bukan menciptakan agama baru dengan memadukan unsur tertentu sehingga pemeluk agama tertentu tetap dalam agamanya sendiri. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12426/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12426/4/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12426/8/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12426/11/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12426/13/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12426/14/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12426/15/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12426/17/Lampiran-Lampiran.pdf WIRATAMA SP, ADI (2010) PLURALISME AGAMA MENURUT NURCHOLISH MADJID. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. H000060001 |
spellingShingle | BP Bahaism. Theosophy, etc WIRATAMA SP, ADI PLURALISME AGAMA MENURUT NURCHOLISH MADJID |
title | PLURALISME AGAMA MENURUT NURCHOLISH MADJID |
title_full | PLURALISME AGAMA MENURUT NURCHOLISH MADJID |
title_fullStr | PLURALISME AGAMA MENURUT NURCHOLISH MADJID |
title_full_unstemmed | PLURALISME AGAMA MENURUT NURCHOLISH MADJID |
title_short | PLURALISME AGAMA MENURUT NURCHOLISH MADJID |
title_sort | pluralisme agama menurut nurcholish madjid |
topic | BP Bahaism. Theosophy, etc |
url | https://eprints.ums.ac.id/12426/ |
work_keys_str_mv | AT wiratamaspadi pluralismeagamamenurutnurcholishmadjid |