STUDI TERHADAP METODE PENDIDIKAN ISLAM KH. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH

Darmawan, Studi terhadap Metode Pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan dalam Novel Sang Pencerah. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008 Dalam mengajarkan ajaran Islam KH.Ahmad Dahlan mempunyai beberapa cara yang sangat unik, diantaranya; dengan memainkan biola, selalu mengajukan pertanyaan terlebih...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DARMAWAN, MUHAMMAD ARIF
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12423/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995606684368896
author DARMAWAN, MUHAMMAD ARIF
author_facet DARMAWAN, MUHAMMAD ARIF
author_sort DARMAWAN, MUHAMMAD ARIF
collection ePrints
description Darmawan, Studi terhadap Metode Pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan dalam Novel Sang Pencerah. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008 Dalam mengajarkan ajaran Islam KH.Ahmad Dahlan mempunyai beberapa cara yang sangat unik, diantaranya; dengan memainkan biola, selalu mengajukan pertanyaan terlebih dahulu untuk membuka sebuah transfer ilmu, selalu menyisipkan nasehat di setiap pengajaran yang beliau sampaikan kepada murid-muridnya, dan masih banyak cara yang beliau terapkan untuk menyampaikan ajaran Islam, sehingga ajaran Islam dapat diterima murid-muridnya dengan baik. Hal tersebut diceritakan dalam sebuah novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. Novel yang Menceritakan perjuangan KH.Ahmad Dahlan dalam mengajarkan ajaran Islam dan berdirinya organisasi Muhammadiyah. Dari novel Sang Pencerah itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana sebenarnya metode pengajaran atau pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan yang terdapat dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara lebih dalam tentang metode pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan dan materi pelajaran agama Islam yang disampaikan KH.Ahmad Dahlan dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan atau kontribusi bagi para pendidik, baik di lingkungan formal, non formal maupun informal, dalam upaya meningkatkan kualitas metode pendidikan Islam yang tepat guna. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil sumber data primer yaitu sebuah novel Sang Pencerah. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Berdasarkan jenis penelitian kepustakaan (library reseach) dengan cara mencari, mengumpulkan, dan menganalisis, kemudian diolah sesuai kemampuan penulis. Dari analisis itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Metode pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan yang beliau gunakan untuk mengajarkan ajaran Islam kepada murid- muridnya dan masyarakat pada saat itu berdasarkan novel Sang Pencerah adalah; metode ceramah, metode diskusi, metode demonstrasi, metode pemberian contoh danteladan, metode tanya jawab. Dampak dari metode yang diterapkan KH.Ahmad Dahlan adalah materi dapat diterima dengan baik dan menjadi mudah untuk dipahami, menggembirakan, dan menjadikan pengalaman yang menyenangkan. (2) Dalam menggunakan metode tersebut KH.Ahmad Dahlan memberikan materi pelajaran agama Islam, di antaranya; Akhlak seorang muslim, makna agama, ibadah shalat dan arah kiblat, syukur kepada Allah SWT, menyantuni fakir miskin, anak yatim dan gelandangan, dan jihad fi sabilillah.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12423
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12423 https://eprints.ums.ac.id/12423/ STUDI TERHADAP METODE PENDIDIKAN ISLAM KH. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH DARMAWAN, MUHAMMAD ARIF BP Bahaism. Theosophy, etc Darmawan, Studi terhadap Metode Pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan dalam Novel Sang Pencerah. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008 Dalam mengajarkan ajaran Islam KH.Ahmad Dahlan mempunyai beberapa cara yang sangat unik, diantaranya; dengan memainkan biola, selalu mengajukan pertanyaan terlebih dahulu untuk membuka sebuah transfer ilmu, selalu menyisipkan nasehat di setiap pengajaran yang beliau sampaikan kepada murid-muridnya, dan masih banyak cara yang beliau terapkan untuk menyampaikan ajaran Islam, sehingga ajaran Islam dapat diterima murid-muridnya dengan baik. Hal tersebut diceritakan dalam sebuah novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. Novel yang Menceritakan perjuangan KH.Ahmad Dahlan dalam mengajarkan ajaran Islam dan berdirinya organisasi Muhammadiyah. Dari novel Sang Pencerah itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana sebenarnya metode pengajaran atau pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan yang terdapat dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara lebih dalam tentang metode pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan dan materi pelajaran agama Islam yang disampaikan KH.Ahmad Dahlan dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan atau kontribusi bagi para pendidik, baik di lingkungan formal, non formal maupun informal, dalam upaya meningkatkan kualitas metode pendidikan Islam yang tepat guna. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil sumber data primer yaitu sebuah novel Sang Pencerah. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Berdasarkan jenis penelitian kepustakaan (library reseach) dengan cara mencari, mengumpulkan, dan menganalisis, kemudian diolah sesuai kemampuan penulis. Dari analisis itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Metode pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan yang beliau gunakan untuk mengajarkan ajaran Islam kepada murid- muridnya dan masyarakat pada saat itu berdasarkan novel Sang Pencerah adalah; metode ceramah, metode diskusi, metode demonstrasi, metode pemberian contoh danteladan, metode tanya jawab. Dampak dari metode yang diterapkan KH.Ahmad Dahlan adalah materi dapat diterima dengan baik dan menjadi mudah untuk dipahami, menggembirakan, dan menjadikan pengalaman yang menyenangkan. (2) Dalam menggunakan metode tersebut KH.Ahmad Dahlan memberikan materi pelajaran agama Islam, di antaranya; Akhlak seorang muslim, makna agama, ibadah shalat dan arah kiblat, syukur kepada Allah SWT, menyantuni fakir miskin, anak yatim dan gelandangan, dan jihad fi sabilillah. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12423/1/2.Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12423/2/3.BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12423/3/4.BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12423/4/5.BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12423/5/6.BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12423/6/7.BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12423/7/8.Daftar_pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12423/8/9.Lampiran.pdf DARMAWAN, MUHAMMAD ARIF (2010) STUDI TERHADAP METODE PENDIDIKAN ISLAM KH. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000080156
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
DARMAWAN, MUHAMMAD ARIF
STUDI TERHADAP METODE PENDIDIKAN ISLAM KH. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH
title STUDI TERHADAP METODE PENDIDIKAN ISLAM KH. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH
title_full STUDI TERHADAP METODE PENDIDIKAN ISLAM KH. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH
title_fullStr STUDI TERHADAP METODE PENDIDIKAN ISLAM KH. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH
title_full_unstemmed STUDI TERHADAP METODE PENDIDIKAN ISLAM KH. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH
title_short STUDI TERHADAP METODE PENDIDIKAN ISLAM KH. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH
title_sort studi terhadap metode pendidikan islam kh ahmad dahlan dalam novel sang pencerah
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
url https://eprints.ums.ac.id/12423/
work_keys_str_mv AT darmawanmuhammadarif studiterhadapmetodependidikanislamkhahmaddahlandalamnovelsangpencerah