PENERAPAN MULTIMEDIA VCD PADA PEMBELAJARAN SHALAT KELAS II B SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN BANTUL

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini penggunaan multimedia dalam pembelajaran, khususnya multimedia audio visual, merupakan kebutuhan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Menurunnya mutu pendidikan disinyalir karena rendahnya mutu pembelajaran di dalam kel...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARIFIN, ARIFIN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12422/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995606411739136
author ARIFIN, ARIFIN
author_facet ARIFIN, ARIFIN
author_sort ARIFIN, ARIFIN
collection ePrints
description Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini penggunaan multimedia dalam pembelajaran, khususnya multimedia audio visual, merupakan kebutuhan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Menurunnya mutu pendidikan disinyalir karena rendahnya mutu pembelajaran di dalam kelas. Salah satu faktor penyebab ketidakberhasilan dalam proses pembelajaran adalah kurangnya pemanfaatan multimedia pembelajaran, baik yang tersedia di sekolah maupun yang sengaja dirancang oleh guru. Multimedia audio visual semacam VCD pembelajaran mampu membuat konsep yang abstrak menjadi lebih konkret dan meningkatkan daya serap peserta didik terhadap materi pembelajaran, karena VCD tersebut menggabungkan suara, gambar atau animasi, dan video. Berdasarkan latar belakang di atas, maka menjadi penting untuk melakukan penelitian penerapan multimedia VCD pada pembelajaran sebagaimana yang penulis lakukan di SD Muhammadiyah Ambarbinangun. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan multimedia VCD pada pembelajaran shalat kelas II B SD Muhammadiyah Ambarbinangun serta apa faktor pendukung dan penghambat penerapan multimedia tersebut. Dengan demikian, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan multimedia VCD pada pembelajaran shalat kelas II B SD Muhammadiyah Ambarbinangun serta faktor pendukung dan penghambat penerapan multimedia tersebut. Adapun kegunaan penelitian ini untuk menambah khasanah keilmuan terutama dalam penerapan multimedia pada pembelajaran agama serta dapat memberikan motivasi, saran dan petunjuk untuk mengembangkan pembelajaran yang menarik bagi guru. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun analisis data menggunakan analisis deskripitif- kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan multimedia VCD pada pembelajaran shalat dilakukan di ruang perpustakaan karena belum tersedianya ruang multimedia. Pembelajaran tersebut dilaksanakan dalam 2 (dua) kali tatap muka dengan 3 (tiga) langkah, yaitu: (1) Pendahuluan, yaitu pembukaan, appersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran; (2) Kegiatan inti, yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan multimedia VCD; dan (3) Penutup, yaitu pemberian post tes, kesimpulan dan motivasi. Beberapa faktor pendukung sangat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran dengan multimedia, meskipun masih dijumpai beberapa faktor penghambat. Penerapan multimedia VCD pada pembelajaran shalat kelas II B SD Muhammadiyah Ambarbinangun berjalan dengan baik, terbukti mampu memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan perhatian peserta didik.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12422
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12422 https://eprints.ums.ac.id/12422/ PENERAPAN MULTIMEDIA VCD PADA PEMBELAJARAN SHALAT KELAS II B SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN BANTUL ARIFIN, ARIFIN BP Bahaism. Theosophy, etc Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini penggunaan multimedia dalam pembelajaran, khususnya multimedia audio visual, merupakan kebutuhan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Menurunnya mutu pendidikan disinyalir karena rendahnya mutu pembelajaran di dalam kelas. Salah satu faktor penyebab ketidakberhasilan dalam proses pembelajaran adalah kurangnya pemanfaatan multimedia pembelajaran, baik yang tersedia di sekolah maupun yang sengaja dirancang oleh guru. Multimedia audio visual semacam VCD pembelajaran mampu membuat konsep yang abstrak menjadi lebih konkret dan meningkatkan daya serap peserta didik terhadap materi pembelajaran, karena VCD tersebut menggabungkan suara, gambar atau animasi, dan video. Berdasarkan latar belakang di atas, maka menjadi penting untuk melakukan penelitian penerapan multimedia VCD pada pembelajaran sebagaimana yang penulis lakukan di SD Muhammadiyah Ambarbinangun. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan multimedia VCD pada pembelajaran shalat kelas II B SD Muhammadiyah Ambarbinangun serta apa faktor pendukung dan penghambat penerapan multimedia tersebut. Dengan demikian, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan multimedia VCD pada pembelajaran shalat kelas II B SD Muhammadiyah Ambarbinangun serta faktor pendukung dan penghambat penerapan multimedia tersebut. Adapun kegunaan penelitian ini untuk menambah khasanah keilmuan terutama dalam penerapan multimedia pada pembelajaran agama serta dapat memberikan motivasi, saran dan petunjuk untuk mengembangkan pembelajaran yang menarik bagi guru. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun analisis data menggunakan analisis deskripitif- kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan multimedia VCD pada pembelajaran shalat dilakukan di ruang perpustakaan karena belum tersedianya ruang multimedia. Pembelajaran tersebut dilaksanakan dalam 2 (dua) kali tatap muka dengan 3 (tiga) langkah, yaitu: (1) Pendahuluan, yaitu pembukaan, appersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran; (2) Kegiatan inti, yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan multimedia VCD; dan (3) Penutup, yaitu pemberian post tes, kesimpulan dan motivasi. Beberapa faktor pendukung sangat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran dengan multimedia, meskipun masih dijumpai beberapa faktor penghambat. Penerapan multimedia VCD pada pembelajaran shalat kelas II B SD Muhammadiyah Ambarbinangun berjalan dengan baik, terbukti mampu memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan perhatian peserta didik. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12422/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12422/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12422/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12422/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12422/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12422/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12422/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12422/8/LAMPIRAN.pdf ARIFIN, ARIFIN (2010) PENERAPAN MULTIMEDIA VCD PADA PEMBELAJARAN SHALAT KELAS II B SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN BANTUL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000080155
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
ARIFIN, ARIFIN
PENERAPAN MULTIMEDIA VCD PADA PEMBELAJARAN SHALAT KELAS II B SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN BANTUL
title PENERAPAN MULTIMEDIA VCD PADA PEMBELAJARAN SHALAT KELAS II B SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN BANTUL
title_full PENERAPAN MULTIMEDIA VCD PADA PEMBELAJARAN SHALAT KELAS II B SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN BANTUL
title_fullStr PENERAPAN MULTIMEDIA VCD PADA PEMBELAJARAN SHALAT KELAS II B SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN BANTUL
title_full_unstemmed PENERAPAN MULTIMEDIA VCD PADA PEMBELAJARAN SHALAT KELAS II B SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN BANTUL
title_short PENERAPAN MULTIMEDIA VCD PADA PEMBELAJARAN SHALAT KELAS II B SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN BANTUL
title_sort penerapan multimedia vcd pada pembelajaran shalat kelas ii b sd muhammadiyah ambarbinangun bantul
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
url https://eprints.ums.ac.id/12422/
work_keys_str_mv AT arifinarifin penerapanmultimediavcdpadapembelajaranshalatkelasiibsdmuhammadiyahambarbinangunbantul