PENERAPAN MULTIMEDIA VCD PADA PEMBELAJARAN SHALAT KELAS II B SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN BANTUL
Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini penggunaan multimedia dalam pembelajaran, khususnya multimedia audio visual, merupakan kebutuhan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Menurunnya mutu pendidikan disinyalir karena rendahnya mutu pembelajaran di dalam kel...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12422/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini
penggunaan multimedia dalam pembelajaran, khususnya multimedia audio visual,
merupakan kebutuhan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Menurunnya
mutu pendidikan disinyalir karena rendahnya mutu pembelajaran di dalam kelas.
Salah satu faktor penyebab ketidakberhasilan dalam proses pembelajaran adalah
kurangnya pemanfaatan multimedia pembelajaran, baik yang tersedia di sekolah
maupun yang sengaja dirancang oleh guru. Multimedia audio visual semacam VCD
pembelajaran mampu membuat konsep yang abstrak menjadi lebih konkret dan
meningkatkan daya serap peserta didik terhadap materi pembelajaran, karena VCD
tersebut menggabungkan suara, gambar atau animasi, dan video.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka menjadi penting untuk melakukan
penelitian penerapan multimedia VCD pada pembelajaran sebagaimana yang penulis
lakukan di SD Muhammadiyah Ambarbinangun. Rumusan masalah penelitian ini
adalah bagaimana penerapan multimedia VCD pada pembelajaran shalat kelas II B
SD Muhammadiyah Ambarbinangun serta apa faktor pendukung dan penghambat
penerapan multimedia tersebut. Dengan demikian, tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui penerapan multimedia VCD pada pembelajaran shalat kelas II B SD
Muhammadiyah Ambarbinangun serta faktor pendukung dan penghambat penerapan
multimedia tersebut. Adapun kegunaan penelitian ini untuk menambah khasanah
keilmuan terutama dalam penerapan multimedia pada pembelajaran agama serta
dapat memberikan motivasi, saran dan petunjuk untuk mengembangkan pembelajaran
yang menarik bagi guru. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
dokumentasi dan wawancara. Adapun analisis data menggunakan analisis deskripitif-
kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan multimedia VCD pada
pembelajaran shalat dilakukan di ruang perpustakaan karena belum tersedianya ruang
multimedia. Pembelajaran tersebut dilaksanakan dalam 2 (dua) kali tatap muka
dengan 3 (tiga) langkah, yaitu: (1) Pendahuluan, yaitu pembukaan, appersepsi dan
penyampaian tujuan pembelajaran; (2) Kegiatan inti, yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan multimedia VCD; dan (3) Penutup, yaitu pemberian post tes, kesimpulan dan
motivasi. Beberapa faktor pendukung sangat mempengaruhi keberhasilan proses
pembelajaran dengan multimedia, meskipun masih dijumpai beberapa faktor
penghambat.
Penerapan multimedia VCD pada pembelajaran shalat kelas II B SD
Muhammadiyah Ambarbinangun berjalan dengan baik, terbukti mampu memudahkan
guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan perhatian peserta didik. |
---|