FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-ASHR

Al-Quran adalah wahyu Allah baik makna, redaksi, maupun pilihan katanya. Sifat Al-Quran adalah organis, artinya setiap bagiannya saling terhubung, sehingga ayat dan konsep yang ada di dalamnya saling menafsirkan dan menjelaskan. Bahasa Al-Quran adalah arab yang menggunakan sistem perakaran...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ISMUNANTO, ANTON
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12421/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995606126526464
author ISMUNANTO, ANTON
author_facet ISMUNANTO, ANTON
author_sort ISMUNANTO, ANTON
collection ePrints
description Al-Quran adalah wahyu Allah baik makna, redaksi, maupun pilihan katanya. Sifat Al-Quran adalah organis, artinya setiap bagiannya saling terhubung, sehingga ayat dan konsep yang ada di dalamnya saling menafsirkan dan menjelaskan. Bahasa Al-Quran adalah arab yang menggunakan sistem perakaran kata dan semantik sehingga tidak lekang sepanjang zaman. Salah satu yang menunjukkan keagungan Al-Quran adalah surat Al-Ashr. Dari dalamnya akan digali mengenai filsafat pendidikan Islam. Ada lima rumusan masalah yang ditetapkan dalam penelitian ini. Rumusan tersebut meliputi: Pertama, konsep-konsep apakah yang terkandung dalam surat Al-Ashr, yang menjadi dasar pandangan filsafat pendidikan Islam? Kedua, apakah makna dan tujuan pendidikan yang terangkum dalam surat Al-Ashr? Ketiga, bagaimanakah konsep kompetensi dan karakter dalam perspektif surat Al-Ashr? Keempat, apakah makna educational society dalam perspektif surat Al-Ashr? Kelima, Apakah implikasi temuan terhadap bangunan ilmu filsafat pendidikan Islam dalam surat Al-Ashr? Dari kelima masalah tersebut, tujuan penelitian yang ditetapkan meliputi: Pertama, untuk menyimpulkan konsep-konsep yang terkandung dalam Surat Al- Ashr, yang menjadi dasar pandangan filsafat pendidikan Islam. Kedua, mengetahui makna dan tujuan pendidikan yang terangkum dalam Surat Al-Ashr. Ketiga, menyimpulkan konsep kompetensi dan karakter dalam perpektif Surat Al- Ashr. Keempat, menyimpulkan makna educational society dalam perspektif Surat Al-Ashr. Kelima, mengetahui implikasi temuan terhadap bangunan ilmu filsafat pendidikan Islam dalam surat AL-Ashr Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pustaka (library research). Jenisnya adalah deskriptif-kualitatif dengan pendekatan philosophical inquiry. Metode analisis datanya adalah interpretasi atau penafsiran, sebagaimana kajian filsafat pada umumnya. Akan tetapi karena bidang garapnya menyangkut Al- Quran maka metode penafsiran tradisional tidak bisa ditinggalkan. Secara khusus, komparasi tafsir baik umum maupun tematik atas konsep-konsep dalam surat Al-Ashr tetap dilakukan. Dari proses penelitian yang telah dilakukan, temuan yang didapatkan meliputi: Pertama, konsep yang terkandung dalam surat ini adalah: konsep waktu (al-‘ashr), insan, kerugian (khusr), iman, amal saleh, al-haqq, sabar dan saling menasihati (al-tawāshî). Kedua, orientasi pendidikan dalam surat Al-Ashr adalah individu dan masyarakat. Makna pendidikan adalah upaya mengingatkan manusia akan hakikat dan tujuan eksistensialnya. Tujuan pendidikan adalah mengantarkan peserta didik pada kebahagiaan. Ketiga, kompetensi menurut surat Al-Ashr adalah iman, yang meliputi unsur kognitif (ilmu), afektif (iman) dan psikomotor (amal). Kompetensi tersebut jika telah mengakar dalam diri peserta didik akan menjadi karakter mukmin. Keempat, orientasi masyarakat adalah terwujudnya Masyarakat Madani sebagai educational society. Kelima, kata kunci ‘ashr, insān dan khusr, menunjuk pada ontologi pendidikan. Epistemologi diwakili kata iman, amal saleh dan tawāshau. sedang al-haqq dan sabar mewakili etika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12421
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12421 https://eprints.ums.ac.id/12421/ FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-ASHR ISMUNANTO, ANTON BP Bahaism. Theosophy, etc Al-Quran adalah wahyu Allah baik makna, redaksi, maupun pilihan katanya. Sifat Al-Quran adalah organis, artinya setiap bagiannya saling terhubung, sehingga ayat dan konsep yang ada di dalamnya saling menafsirkan dan menjelaskan. Bahasa Al-Quran adalah arab yang menggunakan sistem perakaran kata dan semantik sehingga tidak lekang sepanjang zaman. Salah satu yang menunjukkan keagungan Al-Quran adalah surat Al-Ashr. Dari dalamnya akan digali mengenai filsafat pendidikan Islam. Ada lima rumusan masalah yang ditetapkan dalam penelitian ini. Rumusan tersebut meliputi: Pertama, konsep-konsep apakah yang terkandung dalam surat Al-Ashr, yang menjadi dasar pandangan filsafat pendidikan Islam? Kedua, apakah makna dan tujuan pendidikan yang terangkum dalam surat Al-Ashr? Ketiga, bagaimanakah konsep kompetensi dan karakter dalam perspektif surat Al-Ashr? Keempat, apakah makna educational society dalam perspektif surat Al-Ashr? Kelima, Apakah implikasi temuan terhadap bangunan ilmu filsafat pendidikan Islam dalam surat Al-Ashr? Dari kelima masalah tersebut, tujuan penelitian yang ditetapkan meliputi: Pertama, untuk menyimpulkan konsep-konsep yang terkandung dalam Surat Al- Ashr, yang menjadi dasar pandangan filsafat pendidikan Islam. Kedua, mengetahui makna dan tujuan pendidikan yang terangkum dalam Surat Al-Ashr. Ketiga, menyimpulkan konsep kompetensi dan karakter dalam perpektif Surat Al- Ashr. Keempat, menyimpulkan makna educational society dalam perspektif Surat Al-Ashr. Kelima, mengetahui implikasi temuan terhadap bangunan ilmu filsafat pendidikan Islam dalam surat AL-Ashr Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pustaka (library research). Jenisnya adalah deskriptif-kualitatif dengan pendekatan philosophical inquiry. Metode analisis datanya adalah interpretasi atau penafsiran, sebagaimana kajian filsafat pada umumnya. Akan tetapi karena bidang garapnya menyangkut Al- Quran maka metode penafsiran tradisional tidak bisa ditinggalkan. Secara khusus, komparasi tafsir baik umum maupun tematik atas konsep-konsep dalam surat Al-Ashr tetap dilakukan. Dari proses penelitian yang telah dilakukan, temuan yang didapatkan meliputi: Pertama, konsep yang terkandung dalam surat ini adalah: konsep waktu (al-‘ashr), insan, kerugian (khusr), iman, amal saleh, al-haqq, sabar dan saling menasihati (al-tawāshî). Kedua, orientasi pendidikan dalam surat Al-Ashr adalah individu dan masyarakat. Makna pendidikan adalah upaya mengingatkan manusia akan hakikat dan tujuan eksistensialnya. Tujuan pendidikan adalah mengantarkan peserta didik pada kebahagiaan. Ketiga, kompetensi menurut surat Al-Ashr adalah iman, yang meliputi unsur kognitif (ilmu), afektif (iman) dan psikomotor (amal). Kompetensi tersebut jika telah mengakar dalam diri peserta didik akan menjadi karakter mukmin. Keempat, orientasi masyarakat adalah terwujudnya Masyarakat Madani sebagai educational society. Kelima, kata kunci ‘ashr, insān dan khusr, menunjuk pada ontologi pendidikan. Epistemologi diwakili kata iman, amal saleh dan tawāshau. sedang al-haqq dan sabar mewakili etika. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12421/1/1._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12421/2/2._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12421/3/3._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12421/4/4._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12421/5/5._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12421/6/6._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12421/7/7._Daftar_pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12421/8/8._Lampiran.pdf ISMUNANTO, ANTON (2010) FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-ASHR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000080153
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
ISMUNANTO, ANTON
FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-ASHR
title FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-ASHR
title_full FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-ASHR
title_fullStr FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-ASHR
title_full_unstemmed FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-ASHR
title_short FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-ASHR
title_sort filsafat pendidikan islam dalam surat al ashr
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
url https://eprints.ums.ac.id/12421/
work_keys_str_mv AT ismunantoanton filsafatpendidikanislamdalamsuratalashr