PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2010

Perguruan tinggi, penelitian ataupun ilmu pengetahuan, pembelajaran dan data informasi tidak bisa mengabaikan keberadaan dan pentingnya perpustakaan. Perpustakaan merupakan koleksi yang terdiri dari bahan-bahan tertulis, tercetak, ataupun grafis lainnya dan sarana untuk belajar, karena didalam...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARIFIN, ZAINUL
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12417/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Perguruan tinggi, penelitian ataupun ilmu pengetahuan, pembelajaran dan data informasi tidak bisa mengabaikan keberadaan dan pentingnya perpustakaan. Perpustakaan merupakan koleksi yang terdiri dari bahan-bahan tertulis, tercetak, ataupun grafis lainnya dan sarana untuk belajar, karena didalamnya terdapat sumber- sumber belajar yang dapat dimanfaatkan baik sebagian maupun keseluruhan untuk menunjang kelancaran dalam proses belajar mengajar. Fasilitas perpustakaan yang mendukung baik dari segi buku-buku teks maupun audio visual akan memudahkan mahasiswa dalam mendalami sebuah ilmu. Program pendidikan di perguruan tinggi yang disebut Sistem Kredit Semester (SKS) mendorong mahasiswa untuk aktif dalam pembelajaran, yaitu terjadwal, terstruktur dan mandiri. Keberadaan perpustakaan sangat membantu mahasiswa sebagai sumber rujukan yang mereka butuhkan dalam mengajar, menerima, memahami pelajaran dan menambah wawasan keilmuan mereka. Berdirinya perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta bertujuan memberikan pelayaan kepada mahasiswa untuk memudahkan mereka dalam menimba ilmu serta dalam rangka menunjang kegiatan Tri Darma perguruan tinggi. Tema penelitian yang penulis bahas dalam skripsi ini adalah bagaimana bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta serta fakto-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar serta fakto-faktor pendukung dan penghambatnya. Objek dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan, staff perpustakaan dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Data dalam penelitian ini didapat dari hasil dokumentasi, oservasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini bahwa bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah sebagai tempat edukasi atau pembelajaran, sebagi tempat informasi, sebagai tempat rekreasi yang lebih berhubungan dengan ilmu pengetahuan, sebagai tempat riset atau penelitian dan sebagai tempat deposit. Faktor pendukung pemanfaatan perpustakaan ini adalah tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung, masukan dari mahasiswa untuk melengkapi koleksi buku yang belum ada sehingga menambah kelengkapan koleksi perpustakaan dan komitmen yang baik dari seluruh pihak pengelola perpustakaan untuk memajukan perpustakaan. Sedangkan faktor penghambat dalam pemanfaatan perpustakaan ini adalah koleksi buku yang belum lengkap, keterbatasan buku dari penerbit dan minimnya koleksi skripsi yang ada diperpustakaan.