PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2010
Perguruan tinggi, penelitian ataupun ilmu pengetahuan, pembelajaran dan data informasi tidak bisa mengabaikan keberadaan dan pentingnya perpustakaan. Perpustakaan merupakan koleksi yang terdiri dari bahan-bahan tertulis, tercetak, ataupun grafis lainnya dan sarana untuk belajar, karena didalam...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12417/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Perguruan tinggi, penelitian ataupun ilmu pengetahuan, pembelajaran dan
data informasi tidak bisa mengabaikan keberadaan dan pentingnya perpustakaan.
Perpustakaan merupakan koleksi yang terdiri dari bahan-bahan tertulis, tercetak,
ataupun grafis lainnya dan sarana untuk belajar, karena didalamnya terdapat sumber-
sumber belajar yang dapat dimanfaatkan baik sebagian maupun keseluruhan untuk
menunjang kelancaran dalam proses belajar mengajar. Fasilitas perpustakaan yang
mendukung baik dari segi buku-buku teks maupun audio visual akan memudahkan
mahasiswa dalam mendalami sebuah ilmu. Program pendidikan di perguruan tinggi
yang disebut Sistem Kredit Semester (SKS) mendorong mahasiswa untuk aktif dalam
pembelajaran, yaitu terjadwal, terstruktur dan mandiri. Keberadaan perpustakaan
sangat membantu mahasiswa sebagai sumber rujukan yang mereka butuhkan dalam
mengajar, menerima, memahami pelajaran dan menambah wawasan keilmuan
mereka. Berdirinya perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta bertujuan
memberikan pelayaan kepada mahasiswa untuk memudahkan mereka dalam
menimba ilmu serta dalam rangka menunjang kegiatan Tri Darma perguruan tinggi.
Tema penelitian yang penulis bahas dalam skripsi ini adalah bagaimana
bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Surakarta serta fakto-faktor pendukung dan
penghambatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk
pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar serta fakto-faktor pendukung dan
penghambatnya. Objek dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan, staff
perpustakaan dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Data dalam
penelitian ini didapat dari hasil dokumentasi, oservasi dan wawancara. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Hasil dari penelitian ini bahwa bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan
oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah sebagai tempat edukasi
atau pembelajaran, sebagi tempat informasi, sebagai tempat rekreasi yang lebih
berhubungan dengan ilmu pengetahuan, sebagai tempat riset atau penelitian dan
sebagai tempat deposit. Faktor pendukung pemanfaatan perpustakaan ini adalah
tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung, masukan dari mahasiswa untuk
melengkapi koleksi buku yang belum ada sehingga menambah kelengkapan koleksi
perpustakaan dan komitmen yang baik dari seluruh pihak pengelola perpustakaan
untuk memajukan perpustakaan. Sedangkan faktor penghambat dalam pemanfaatan perpustakaan ini adalah koleksi buku yang belum lengkap, keterbatasan buku dari
penerbit dan minimnya koleksi skripsi yang ada diperpustakaan.
|
---|