FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN BELAJAR SISWA (Studi Kasus UASBN Tahun Pelajaran 2009/2010 di SD Muhammadiyah Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul)
Penyelenggaraan pendidikan, baik formal maupun non-formal harus dapat memberi informasi dan pertanggungjawaban kepada publik tentang berbagai aspek yang terkait dengan hasil dari proses pendidikan yang telah dicapai. Informasi mengenai hasil dari proses pendidikan tersebut dapat diperoleh melalui...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12410/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penyelenggaraan pendidikan, baik formal maupun non-formal harus dapat
memberi informasi dan pertanggungjawaban kepada publik tentang berbagai
aspek yang terkait dengan hasil dari proses pendidikan yang telah dicapai.
Informasi mengenai hasil dari proses pendidikan tersebut dapat diperoleh melalui
evaluasi. Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) merupakan bentuk
evaluasi hasil dari proses pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah dalam
rangka menentukan standar mutu pendidikan pada Sekolah Dasar secara nasional.
Hasil dari UASBN pada satuan pendidikan dapat digunakan untuk mengetahui
tingkat keberhasilan belajar siswa pada satuan pendidikan karena UASBN
dilaksanakan secara objektif, berkeadilan dan akuntabel. SD Muhammadiyah
Kemadang merupakan salah satu Sekolah Dasar yang berhasil dalam menghadapi
UASBN tahun pelajaran 2009/2010 serta dapat meraih prestasi yang tinggi.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka menjadi penting untuk
melakukan penelitian faktor-faktor keberhasilan belajar siswa. Rumusan masalah
penelitian ini adalah bagaimana keberhasilan belajar siswa SD Muhammadiyah
Kemadang dilihat dari hasil UASBN tahun pelajaran 2009/2010 serta apakah
faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dengan demikian, tujuan penelitian adalah
untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa SD Muhammadiyah Kemadang
dilihat dari hasil UASBN tahun pelajaran 2009/2010 serta faktor-faktor yang
mempengaruhi keberhasilan belajar siswa tersebut. Adapun kegunaan penelitian
ini untuk menambah khasanah keilmuan tentang dinamika evaluasi pendidikan
berstandar nasional untuk mewujudkan continuous quality improvement serta
dapat memperkuat khasanah teori pengendalian mutu (quality control) dalam
dunia pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun
subjeknya adalah siswa kelas VI, kepala sekolah, guru, karyawan dan komite
sekolah. Sedangkan objek penelitian adalah faktor-faktor keberhasilan UASBN
pada SD Muhammadiyah Kemadang. Metode pengumpulan data yang digunakan
yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara. Adapun analisis data menggunakan
analisis deskriptif-kualitatif. Sedangkan metode penarikan kesimpulannya
menggunakan metode induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa terhadap
bahan pelajaran yang diajarkan telah tercapai dengan baik secara individu maupun
kelompok. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai tertinggi untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA secara urut adalah 8,80, 9,75 dan 8,50.
Sementara itu nilai terendahnya secara urut adalah 7,20, 8,00 dan 7,50. Sedangkan
klasifikasi hasil UASBN pada setiap mata pelajaran adalah A dan prestasi sekolah
menunjukkan pada peringkat 1 (satu) di antara SD Negeri dan Swasta kabupaten
Gunungkidul. Selain itu, perilaku yang digariskan dalam tujuan pendidikan telah
dicapai oleh siswa, baik individual maupun klasikal. Melalui penelitian ini juga
dapat diketahui beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat penguasaan siswa
terhadap bahan pelajaran yang diajarkan serta tingkat ketercapaian tujuan
pendidikan oleh siswa SD Muhammadiyah Kemadang, di antaranya adalah faktor
intern yang berasal dari diri siswa yang bersangkutan serta faktor ekstern yang
meliputi faktor keluarga (orang tua), faktor sekolah dan faktor masyarakat. |
---|