FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN BELAJAR SISWA (Studi Kasus UASBN Tahun Pelajaran 2009/2010 di SD Muhammadiyah Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul)

Penyelenggaraan pendidikan, baik formal maupun non-formal harus dapat memberi informasi dan pertanggungjawaban kepada publik tentang berbagai aspek yang terkait dengan hasil dari proses pendidikan yang telah dicapai. Informasi mengenai hasil dari proses pendidikan tersebut dapat diperoleh melalui...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARIYANTA, ADIK
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12410/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penyelenggaraan pendidikan, baik formal maupun non-formal harus dapat memberi informasi dan pertanggungjawaban kepada publik tentang berbagai aspek yang terkait dengan hasil dari proses pendidikan yang telah dicapai. Informasi mengenai hasil dari proses pendidikan tersebut dapat diperoleh melalui evaluasi. Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) merupakan bentuk evaluasi hasil dari proses pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka menentukan standar mutu pendidikan pada Sekolah Dasar secara nasional. Hasil dari UASBN pada satuan pendidikan dapat digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar siswa pada satuan pendidikan karena UASBN dilaksanakan secara objektif, berkeadilan dan akuntabel. SD Muhammadiyah Kemadang merupakan salah satu Sekolah Dasar yang berhasil dalam menghadapi UASBN tahun pelajaran 2009/2010 serta dapat meraih prestasi yang tinggi. Berdasarkan latar belakang di atas, maka menjadi penting untuk melakukan penelitian faktor-faktor keberhasilan belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana keberhasilan belajar siswa SD Muhammadiyah Kemadang dilihat dari hasil UASBN tahun pelajaran 2009/2010 serta apakah faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dengan demikian, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa SD Muhammadiyah Kemadang dilihat dari hasil UASBN tahun pelajaran 2009/2010 serta faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa tersebut. Adapun kegunaan penelitian ini untuk menambah khasanah keilmuan tentang dinamika evaluasi pendidikan berstandar nasional untuk mewujudkan continuous quality improvement serta dapat memperkuat khasanah teori pengendalian mutu (quality control) dalam dunia pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun subjeknya adalah siswa kelas VI, kepala sekolah, guru, karyawan dan komite sekolah. Sedangkan objek penelitian adalah faktor-faktor keberhasilan UASBN pada SD Muhammadiyah Kemadang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Sedangkan metode penarikan kesimpulannya menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa terhadap bahan pelajaran yang diajarkan telah tercapai dengan baik secara individu maupun kelompok. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai tertinggi untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA secara urut adalah 8,80, 9,75 dan 8,50. Sementara itu nilai terendahnya secara urut adalah 7,20, 8,00 dan 7,50. Sedangkan klasifikasi hasil UASBN pada setiap mata pelajaran adalah A dan prestasi sekolah menunjukkan pada peringkat 1 (satu) di antara SD Negeri dan Swasta kabupaten Gunungkidul. Selain itu, perilaku yang digariskan dalam tujuan pendidikan telah dicapai oleh siswa, baik individual maupun klasikal. Melalui penelitian ini juga dapat diketahui beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat penguasaan siswa terhadap bahan pelajaran yang diajarkan serta tingkat ketercapaian tujuan pendidikan oleh siswa SD Muhammadiyah Kemadang, di antaranya adalah faktor intern yang berasal dari diri siswa yang bersangkutan serta faktor ekstern yang meliputi faktor keluarga (orang tua), faktor sekolah dan faktor masyarakat.