PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PEMECAHANNYA PADA SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

Bahasa Arab adalah bahasa Al-Quran dan As-Sunnah yang merupakan kitab pedoman dan sumber hukum Islam, sehingga menjadi bahasa yang wajib dikuasai oleh setiap muslim. Pengajaran bahasa Arab harus lebih diutamakan dibandingkan bahasa lain. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab di sekolah- sek...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DJUMADI , DJUMADI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12409/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995602714460160
author DJUMADI , DJUMADI
author_facet DJUMADI , DJUMADI
author_sort DJUMADI , DJUMADI
collection ePrints
description Bahasa Arab adalah bahasa Al-Quran dan As-Sunnah yang merupakan kitab pedoman dan sumber hukum Islam, sehingga menjadi bahasa yang wajib dikuasai oleh setiap muslim. Pengajaran bahasa Arab harus lebih diutamakan dibandingkan bahasa lain. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab di sekolah- sekolah perlu dipahami problem-problem yang timbul agar dapat dicari pemecahannya sehingga setelah proses pembelajaran dapat menghasilkan siswa yang pandai berbahasa Arab baik aktif maupun pasif. Skripsi ini berjudul ”Problematika Pembelajaran Bahasa Arab dan Pemecahannya pada Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah Sragen Tahun Ajaran 2010/2011” yang bertujuan untuk mengetahui problematika yang timbul dalam proses pembelajaran bahasa Arab dan bagaimanakah langkah-langkah pemecahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pentahapan secara berurutan dan interaksionis, terdiri dari tiga alur kegiatan bersamaan yaitu: Pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pendekatan pembelajaran bahasa Arab dilakukan dengan dua teori yaitu teori kesatuan dan teori cabang-cabang, adapun metode-metode dalam pembelajaran bahasa Arab antara lain metode bercakap-cakap (Muhadatsah), metode Muthala’ah (Membaca), metode Imla` (Dikte), metode Insya` (Mengarang), metode Mahfudzat (Menghafal), dan metode Qowaid (Nahwu Sharaf). Problematika pembelajaran bahasa Arab timbul dari beberapa faktor, yaitu: faktor siswa, faktor guru, faktor tujuan, faktor metode, faktor waktu, faktor lingkungan dan faktor media. Hasil penelitian tentang problematika pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas X antara lain: Siswa belum bisa baca tulis bahasa Arab, minat siswa kurang, intelegensi siswa rendah, guru bahasa Arab kurang, media pembelajaran tidak digunakan dengan maksimal, guru dan siswa tidak mempunyai buku pegangan yang tetap, lingkungan yang kurang mendukung pembelajaran bahasa Arab, waktu pembelajaran yang sangat sedikit dan materi pelajaran yang sangat berbeda. Pemecahannya problematika pembelajaran bahasa Arab dengan pengadaan ekstrakurikuler baca tulis Al-Quran, memotivasi siswa agar lebih rajin dan giat belajar, menambah jumlah guru bahasa Arab, memaksimalkan penggunaan media laboraturium bahasa, menentukan buku pegangan bagi guru dan siswa memberi kesempatan siswa mengajar TPA atau madrasah diniyah dan mengajak siswa menjadi peserta kursus-kursus bahasa Arab, menambah jam pelajaran bahasa Arab, mengoptimalkan waktu yang tersedia, memberikan jam tambahan untuk pelatihan mengenai kaidah menulis huruf hijaiyah yang benar dan baik, serta memberikan pelajaran kaligrafi
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12409
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12409 https://eprints.ums.ac.id/12409/ PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PEMECAHANNYA PADA SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011 DJUMADI , DJUMADI BP Bahaism. Theosophy, etc Bahasa Arab adalah bahasa Al-Quran dan As-Sunnah yang merupakan kitab pedoman dan sumber hukum Islam, sehingga menjadi bahasa yang wajib dikuasai oleh setiap muslim. Pengajaran bahasa Arab harus lebih diutamakan dibandingkan bahasa lain. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab di sekolah- sekolah perlu dipahami problem-problem yang timbul agar dapat dicari pemecahannya sehingga setelah proses pembelajaran dapat menghasilkan siswa yang pandai berbahasa Arab baik aktif maupun pasif. Skripsi ini berjudul ”Problematika Pembelajaran Bahasa Arab dan Pemecahannya pada Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah Sragen Tahun Ajaran 2010/2011” yang bertujuan untuk mengetahui problematika yang timbul dalam proses pembelajaran bahasa Arab dan bagaimanakah langkah-langkah pemecahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pentahapan secara berurutan dan interaksionis, terdiri dari tiga alur kegiatan bersamaan yaitu: Pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pendekatan pembelajaran bahasa Arab dilakukan dengan dua teori yaitu teori kesatuan dan teori cabang-cabang, adapun metode-metode dalam pembelajaran bahasa Arab antara lain metode bercakap-cakap (Muhadatsah), metode Muthala’ah (Membaca), metode Imla` (Dikte), metode Insya` (Mengarang), metode Mahfudzat (Menghafal), dan metode Qowaid (Nahwu Sharaf). Problematika pembelajaran bahasa Arab timbul dari beberapa faktor, yaitu: faktor siswa, faktor guru, faktor tujuan, faktor metode, faktor waktu, faktor lingkungan dan faktor media. Hasil penelitian tentang problematika pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas X antara lain: Siswa belum bisa baca tulis bahasa Arab, minat siswa kurang, intelegensi siswa rendah, guru bahasa Arab kurang, media pembelajaran tidak digunakan dengan maksimal, guru dan siswa tidak mempunyai buku pegangan yang tetap, lingkungan yang kurang mendukung pembelajaran bahasa Arab, waktu pembelajaran yang sangat sedikit dan materi pelajaran yang sangat berbeda. Pemecahannya problematika pembelajaran bahasa Arab dengan pengadaan ekstrakurikuler baca tulis Al-Quran, memotivasi siswa agar lebih rajin dan giat belajar, menambah jumlah guru bahasa Arab, memaksimalkan penggunaan media laboraturium bahasa, menentukan buku pegangan bagi guru dan siswa memberi kesempatan siswa mengajar TPA atau madrasah diniyah dan mengajak siswa menjadi peserta kursus-kursus bahasa Arab, menambah jam pelajaran bahasa Arab, mengoptimalkan waktu yang tersedia, memberikan jam tambahan untuk pelatihan mengenai kaidah menulis huruf hijaiyah yang benar dan baik, serta memberikan pelajaran kaligrafi 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12409/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12409/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12409/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12409/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12409/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12409/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12409/7/3._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12409/8/4._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf DJUMADI , DJUMADI (2010) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PEMECAHANNYA PADA SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000070133
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
DJUMADI , DJUMADI
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PEMECAHANNYA PADA SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PEMECAHANNYA PADA SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PEMECAHANNYA PADA SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PEMECAHANNYA PADA SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PEMECAHANNYA PADA SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PEMECAHANNYA PADA SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort problematika pembelajaran bahasa arab dan pemecahannya pada siswa kelas x di sma muhammadiyah 1 sragen tahun ajaran 2010 2011
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
url https://eprints.ums.ac.id/12409/
work_keys_str_mv AT djumadidjumadi problematikapembelajaranbahasaarabdanpemecahannyapadasiswakelasxdismamuhammadiyah1sragentahunajaran20102011