MANAJEMEN SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TEMPURAN BULAKAN SUKOHARJO Tahun Pelajaran 2008/2009
Penyelenggaraan taman kanak-kanak tidak semudah yang kita bayangkan, taman kanak-kanak tidak hanya sebagai lembaga pengganti keluarga bagi anak didik di luar rumahnya, taman kanak-kanak merupakan lembaga pendidikan yang dipersiapkan untuk membantu anak didik dalam rangka pembentukan perilaku...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12408/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995602439733248 |
---|---|
author | MURDIYANTO, MURDIYANTO |
author_facet | MURDIYANTO, MURDIYANTO |
author_sort | MURDIYANTO, MURDIYANTO |
collection | ePrints |
description | Penyelenggaraan taman kanak-kanak tidak semudah yang kita bayangkan,
taman kanak-kanak tidak hanya sebagai lembaga pengganti keluarga bagi anak
didik di luar rumahnya, taman kanak-kanak merupakan lembaga pendidikan yang
dipersiapkan untuk membantu anak didik dalam rangka pembentukan perilaku
melalui pembiasaan dan pengembangan kemampuan dasar yang ada pada diri
anak didik sesuai dengan tahap-tahap perkembangannya. Dengan demikian, maka
perlu adanya manajemen taman kanak-kanak yang baik, sehingga tujuan sekolah
yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik pula.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang akan
diangkat dalam penelitian ini adalah manajemen sekolah di TK Aisyiyah dan
faktor yang menjadi pendukung dan penghambat serta solusinya
Berkaitan dengan masalah yang dirumuskan di atas, maka tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen di TK
Aisyiyah dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat serta
solusinya. Dengan tujuan tersebut diharapkan penelitian ini dapat memberikan
sumbangan khasanah keilmuan dalam pendidikan Islam dewasa ini dan dapat
digunakan sebagai studi banding sekolah lain serta sebagai bahan evaluasi untuk
berbenah diri guna memacu prestasi sekolahnya ke arah yang lebih baik.
Searah dengan penelitian tersebut, maka jenis penelitian ini adalah
penelitian lapangan. Adapun untuk mendapatkan data yang diperlukan, digunakan
metode pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan
dokumentasi. Hasil pengumpulan data yang sesuai, dianalisis dengan metode
analisis data kualitatif dan analisis SWOT. Sedangkan metode penarikan
kesimpulannya, mengunakan cara berpikir induktif.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan
bahwa manajemen sekolah di TK Aisyiyah secara empiris sudah cukup baik
meskipun masih ada hal-hal yang perlu dioptimalkan dalam kinerjanya dan terus
ditingkatkan untuk mencapai hasil yang lebih baik. Hal ini dilihat dari sesuainya
langkah-langkah yang ditempuh untuk mencapai tujuan sekolah, di antaranya adanya kolaborasi Kurikulum dari Depag dengan sekolah, tenaga kependidikan
yang berdedikasi tinggi dalam tugas dan tanggung jawabnya, pengelolaan
kesiswaan yang sesuai dengan kebutuhan anak didukung adanya guru
pendamping, pengelolaan keuangan yang rapi dan transparan, sarana dan
prasarana yang memadai, pengelolaan hubungan dengan masyarakat yang solid
dengan membentuk komite sekolah, serta layanan khusus yang memadai baik
kesehatan, dan perpustakaan. Dalam manajemen sekolah di TK Aisyiyah
dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat, di antaranya berupa sarana
yang memadai, pendidik yang berdedikasi tinggi dalam tugas dan tanggung
jawabnya,, jauh dari pabrik, adanya bimbingan dan pengawasan dari Dikdasmen
PCM Sukoharjo, adanya guru yang belum menempuh progam kualifikasi SI dan
ada yang belum fashih atau mahir dalam baca tulis Al Quran serta keuangan yang
kurang. Untuk mengatasi kendala tersebut sekolah bekerja sama dengan pihak
Dikdasmen PCM Sukoharjo dengan meminta arahan maupun bantuannya. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:12408 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:12408 https://eprints.ums.ac.id/12408/ MANAJEMEN SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TEMPURAN BULAKAN SUKOHARJO Tahun Pelajaran 2008/2009 MURDIYANTO, MURDIYANTO BP Bahaism. Theosophy, etc Penyelenggaraan taman kanak-kanak tidak semudah yang kita bayangkan, taman kanak-kanak tidak hanya sebagai lembaga pengganti keluarga bagi anak didik di luar rumahnya, taman kanak-kanak merupakan lembaga pendidikan yang dipersiapkan untuk membantu anak didik dalam rangka pembentukan perilaku melalui pembiasaan dan pengembangan kemampuan dasar yang ada pada diri anak didik sesuai dengan tahap-tahap perkembangannya. Dengan demikian, maka perlu adanya manajemen taman kanak-kanak yang baik, sehingga tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik pula. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah manajemen sekolah di TK Aisyiyah dan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat serta solusinya Berkaitan dengan masalah yang dirumuskan di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen di TK Aisyiyah dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat serta solusinya. Dengan tujuan tersebut diharapkan penelitian ini dapat memberikan sumbangan khasanah keilmuan dalam pendidikan Islam dewasa ini dan dapat digunakan sebagai studi banding sekolah lain serta sebagai bahan evaluasi untuk berbenah diri guna memacu prestasi sekolahnya ke arah yang lebih baik. Searah dengan penelitian tersebut, maka jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Adapun untuk mendapatkan data yang diperlukan, digunakan metode pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data yang sesuai, dianalisis dengan metode analisis data kualitatif dan analisis SWOT. Sedangkan metode penarikan kesimpulannya, mengunakan cara berpikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa manajemen sekolah di TK Aisyiyah secara empiris sudah cukup baik meskipun masih ada hal-hal yang perlu dioptimalkan dalam kinerjanya dan terus ditingkatkan untuk mencapai hasil yang lebih baik. Hal ini dilihat dari sesuainya langkah-langkah yang ditempuh untuk mencapai tujuan sekolah, di antaranya adanya kolaborasi Kurikulum dari Depag dengan sekolah, tenaga kependidikan yang berdedikasi tinggi dalam tugas dan tanggung jawabnya, pengelolaan kesiswaan yang sesuai dengan kebutuhan anak didukung adanya guru pendamping, pengelolaan keuangan yang rapi dan transparan, sarana dan prasarana yang memadai, pengelolaan hubungan dengan masyarakat yang solid dengan membentuk komite sekolah, serta layanan khusus yang memadai baik kesehatan, dan perpustakaan. Dalam manajemen sekolah di TK Aisyiyah dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat, di antaranya berupa sarana yang memadai, pendidik yang berdedikasi tinggi dalam tugas dan tanggung jawabnya,, jauh dari pabrik, adanya bimbingan dan pengawasan dari Dikdasmen PCM Sukoharjo, adanya guru yang belum menempuh progam kualifikasi SI dan ada yang belum fashih atau mahir dalam baca tulis Al Quran serta keuangan yang kurang. Untuk mengatasi kendala tersebut sekolah bekerja sama dengan pihak Dikdasmen PCM Sukoharjo dengan meminta arahan maupun bantuannya. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12408/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12408/2/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12408/3/BAB_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12408/4/BAB_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12408/5/BAB_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12408/6/BAB_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12408/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12408/8/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf MURDIYANTO, MURDIYANTO (2010) MANAJEMEN SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TEMPURAN BULAKAN SUKOHARJO Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000070096 |
spellingShingle | BP Bahaism. Theosophy, etc MURDIYANTO, MURDIYANTO MANAJEMEN SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TEMPURAN BULAKAN SUKOHARJO Tahun Pelajaran 2008/2009 |
title | MANAJEMEN SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TEMPURAN BULAKAN SUKOHARJO Tahun Pelajaran 2008/2009 |
title_full | MANAJEMEN SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TEMPURAN BULAKAN SUKOHARJO Tahun Pelajaran 2008/2009 |
title_fullStr | MANAJEMEN SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TEMPURAN BULAKAN SUKOHARJO Tahun Pelajaran 2008/2009 |
title_full_unstemmed | MANAJEMEN SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TEMPURAN BULAKAN SUKOHARJO Tahun Pelajaran 2008/2009 |
title_short | MANAJEMEN SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TEMPURAN BULAKAN SUKOHARJO Tahun Pelajaran 2008/2009 |
title_sort | manajemen sekolah di taman kanak kanak aisyiyah tempuran bulakan sukoharjo tahun pelajaran 2008 2009 |
topic | BP Bahaism. Theosophy, etc |
url | https://eprints.ums.ac.id/12408/ |
work_keys_str_mv | AT murdiyantomurdiyanto manajemensekolahditamankanakkanakaisyiyahtempuranbulakansukoharjotahunpelajaran20082009 |