IMPLEMENTASI METODE AL QOSIMI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Mengajarkan Al Qu’ran adalah tugas yang mulia,baik di hadapan manusia terlebih dihadapan Allah.Namun dalam kenyatannya,ada sebagian peserta didik merasa kesulitan untuk menghafalnya.Diantara penyebabnya adalah pengunaan metode pembelajaran yang kurang tepat.Metode pembelajaran sangat penting...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: QOSIM, MUHAMMAD
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12405/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Mengajarkan Al Qu’ran adalah tugas yang mulia,baik di hadapan manusia terlebih dihadapan Allah.Namun dalam kenyatannya,ada sebagian peserta didik merasa kesulitan untuk menghafalnya.Diantara penyebabnya adalah pengunaan metode pembelajaran yang kurang tepat.Metode pembelajaran sangat penting karena proses pembelajaran tidak hanya apa yang diajarkan akan tetapi bagaiman mengajarkan agar tercapai tujuannya,maka metode pembelajaran harus sesuai dengan waktu dan kondisi dan bidang.Ada beberapa metode yang diterapkan untuk mencapai tujuan tersebut seperti metode Al Qosimi berisi tallaqi dan murojaah.Untuk menguji apakah metode tersebut bisa diterapkan dengan baik sehingga mencapai tujuan,penulis melakukan pengujian metode Al Qosimi dalam pembelajaran Tahfidz di SMP Muhammadiyah 8 surakarta. Penelitiaan dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode “Al Qosimi” di SMP Muhammadiyah 8 surakarta serta kendala-kendala yang dijumpai.Dari tujuan tersebut dapat memberikan manfaat dalam memajukan tehnis implementasi metode Al Qosimi dalam pembelajaran Tahfidz di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta serta memberikan masukan dan solusi kepada lembaga terkait khususnya pada guru (Asatidz) dalam implementasi metode Al qosimi. Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif karena tidak berbentuk angka yang ditandai dengan laporan data dari subyek yang ditiliti,subyek yang diteliti ini adalah ustadz sebanyak 3 orang dan siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari hasil observasi,wawancara dimana pertanyaan sudah disiapkan sebelumnya kemudian hasil dari data dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah implementasi metode Al Qosimi dalam pembelajaran tahfidz di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta adalah cukup baik dan lancar.Dimana sebagian besar peserta didik bisa menghafal sesuai target yang sudah ditetapkan. Hal ini disebabkan pula dalam kegiatan pembelajarannya ustadz mengunakan metode murojaah yang terjadwal sistematik secara variatif sebagai sarana pendukung untuk memudahkan peserta didik mengingat hafalan yang baru maupun yang lama.Ada pun kendala yang dijumpai dalam implementasi metode Al Qosimi adalah dipengaruhi dari pihak yang bersangkutan seperti siswa orang tua yang mana peserta didik kurang menyadari pentingnya menghafal Al Qu’ran dan kurangnya pihak orang tua terhadap peserta didik dalam menyelesaikan kewajiban sesuai target yang ditetapkan.