IMPLEMENTASI METODE AL QOSIMI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Mengajarkan Al Qu’ran adalah tugas yang mulia,baik di hadapan manusia terlebih dihadapan Allah.Namun dalam kenyatannya,ada sebagian peserta didik merasa kesulitan untuk menghafalnya.Diantara penyebabnya adalah pengunaan metode pembelajaran yang kurang tepat.Metode pembelajaran sangat penting...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12405/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Mengajarkan Al Qu’ran adalah tugas yang mulia,baik di hadapan manusia
terlebih dihadapan Allah.Namun dalam kenyatannya,ada sebagian peserta didik
merasa kesulitan untuk menghafalnya.Diantara penyebabnya adalah pengunaan
metode pembelajaran yang kurang tepat.Metode pembelajaran sangat penting
karena proses pembelajaran tidak hanya apa yang diajarkan akan tetapi bagaiman
mengajarkan agar tercapai tujuannya,maka metode pembelajaran harus sesuai
dengan waktu dan kondisi dan bidang.Ada beberapa metode yang diterapkan
untuk mencapai tujuan tersebut seperti metode Al Qosimi berisi tallaqi dan
murojaah.Untuk menguji apakah metode tersebut bisa diterapkan dengan baik
sehingga mencapai tujuan,penulis melakukan pengujian metode Al Qosimi dalam
pembelajaran Tahfidz di SMP Muhammadiyah 8 surakarta.
Penelitiaan dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode
“Al Qosimi” di SMP Muhammadiyah 8 surakarta serta kendala-kendala yang
dijumpai.Dari tujuan tersebut dapat memberikan manfaat dalam memajukan
tehnis implementasi metode Al Qosimi dalam pembelajaran Tahfidz di SMP
Muhammadiyah 8 Surakarta serta memberikan masukan dan solusi kepada
lembaga terkait khususnya pada guru (Asatidz) dalam implementasi metode Al
qosimi.
Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif karena tidak berbentuk angka
yang ditandai dengan laporan data dari subyek yang ditiliti,subyek yang diteliti ini adalah ustadz sebanyak 3 orang dan siswa.
Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari hasil observasi,wawancara
dimana pertanyaan sudah disiapkan sebelumnya kemudian hasil dari data
dianalisis dan ditarik kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah implementasi metode Al Qosimi
dalam pembelajaran tahfidz di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta adalah cukup
baik dan lancar.Dimana sebagian besar peserta didik bisa menghafal sesuai target yang sudah ditetapkan. Hal ini disebabkan pula dalam kegiatan pembelajarannya
ustadz mengunakan metode murojaah yang terjadwal sistematik secara variatif
sebagai sarana pendukung untuk memudahkan peserta didik mengingat hafalan
yang baru maupun yang lama.Ada pun kendala yang dijumpai dalam
implementasi metode Al Qosimi adalah dipengaruhi dari pihak yang bersangkutan
seperti siswa orang tua yang mana peserta didik kurang menyadari pentingnya
menghafal Al Qu’ran dan kurangnya pihak orang tua terhadap peserta didik dalam
menyelesaikan kewajiban sesuai target yang ditetapkan. |
---|