PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN SEBAGAI PROGRAM UNGGULAN DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Al-Qur’an juga merupakan sumber utama dienul Islam. Semua urusan agama selalu dikembalikan kepada wahyu Allah. Maka setiap muslim wajib mempelajari Al-Qur’an sesuai dengan kemampuannya. Dalam konteks keilmuan Islam Al-Qur’an tidak bisa ditinggalkan. Menghafal Al-Qur’an mempunyai peran yang...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12404/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Al-Qur’an juga merupakan sumber utama dienul Islam. Semua urusan
agama selalu dikembalikan kepada wahyu Allah. Maka setiap muslim wajib
mempelajari Al-Qur’an sesuai dengan kemampuannya. Dalam konteks keilmuan
Islam Al-Qur’an tidak bisa ditinggalkan. Menghafal Al-Qur’an mempunyai peran
yang sangat penting dalam kehidupan karena menghafal Al-Qur’an merupakan
upaya mengakrabkan orang-orang yang beriman dengan kitab sucinya. sehingga
tidak buta dengan Al-Qur’an dan menjadikan pedoman hidup. Semakin mendalam
pengetahuan seseorang tentang Al-Qur’an semakin baik kemampuan dalam
memahami agama, maka pembelajaran tahfidzul qur’an perlu digalakkan di
sekolah khususnya Muhammadiyah. Dalam hal ini penulis berusaha meneliti
pembelajaran tahfidzul qur’an sebagai progam unggulan di SMP Muhammadiyah
8 Surakarta.
Penelitian pembelajaran tahfidzul qur’an sebagai program unggulan di
SMP Muhammadiyah 8 Surakarta ini bertujuan untuk mengetahui dengan jelas
beberapa hal yang berkaitan tentang pembelajaran tahfidzul qur’an di SMP
Muhammadiyah 8 Surakarta, alasan dilaksanakan dan dipilihnya tahfidzul qur’an
sebagai program unggulan di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta serta mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan program tahfidzul qur’an.
Penelitian ini dari segi objek termasuk jenis penelitian lapangan yang
dilakukan secara langsung untuk memaparkan kondisi dan aktifitas yang ada.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara,
dokumentasi dan observasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis
deskripsit kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu pengumpulan data,
penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dan analisis data serta kesimpulan didapatkan bahwa
Pembelajaran tahfidzul quran di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta kelas VIII
masih kurang baik. Hal ini dikarenakan penambahan siswa baru di pertengahan
tengah semester serta siswa yang kurang lancar dalam bacaan dan hafalan,
sedangkan pembelajaran tahfidzul quran untuk IX berjalan cukup baik. Hal ini
dikarenakan siswa sudah bisa lancar dalam bacaannya dan hafalan dan metode yang diterapkan sudah efektif, dan untuk program unggulannya tahfidzul quran
masih kurang sempurna dibanding program unggulan lainnya, seperti pendidikan
live skill dan IT karena dari ketiga program unggulan tersebut yang paling
sempurna adalah program live skillnya. Hal ini dikarenakan program tersebut
dilaksanakan setiap pagi hari, sedangkan untuk tahfidzul qurannya hanya dua kali
dalam satu minggu.
Adapun faktor yang mempengaruhi keberhasilan tahfidzul qur’an di SMP
Muhammadiyah 8 Surakarta, baik itu faktor intern maupun faktor ekstern itu
berasal dari pihak yang saling berkaitan yaitu pihak sekolah, pihak guru tahfidz,
pihak dari siswa maupun pihak orang tua. |
---|