EFEKTIFITAS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SDIT TARUNA ROBBANI KELAS III DAN IV, TAWANGMANGU, KARANGANYAR TAHUN 2009/2010
Bahasa Arab adalah materi pelajaran yang penting bagi siswa. Materi ini mengandung suri tauladan yang perlu untuk dicontoh dalam sikap dan prilaku. Namun, pada umumnya siswa merasa bosan dalam menerima pelajaran. Salah satu alasan adalah penyampaian materi yang tidak menggunakan media yang tepa...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12400/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995600230383616 |
---|---|
author | AMRULLAH, MUHAMMAD |
author_facet | AMRULLAH, MUHAMMAD |
author_sort | AMRULLAH, MUHAMMAD |
collection | ePrints |
description | Bahasa Arab adalah materi pelajaran yang penting bagi siswa. Materi ini
mengandung suri tauladan yang perlu untuk dicontoh dalam sikap dan prilaku.
Namun, pada umumnya siswa merasa bosan dalam menerima pelajaran. Salah
satu alasan adalah penyampaian materi yang tidak menggunakan media yang
tepat dan menarik. Maka untuk meningkatkan mutu pendidikan perlu
menggunakan media. Penggunaan multimedia pendidikan sangat membantu
dalam memahamkan siswa. Di samping itu, multimedia dapat menarik perhatian
siswa dan menghilangkan prilaku buruk siswa seperti bosan dan mengantuk.
Pengaruh multimedia terhadap mutu pendidikan siswa sangat besar. Untuk
mengetahui secara pasti Fungsi penggunaan multimedia, perlu dibuktikan secara
empiris. Maka penelitian ini membatasi permasalahan tentang bagaimana fungsi
penggunaan multimedia bila diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Arab di SDIT
Taruna Robbani Kelas III dan IV, Tawangmangu, dengan pokok bahasan
mengenal Kosa Kata dan Percakapan Bahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini
sebanyak enam kelas, sedangkan sampel penelitian sebanyak dua kelas. Dari dua
kelas dikelompokkan lagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Tujuan penelitian ini untuk menguji hipotesis terhadap keefektifan
penggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa Arab di SDIT Taruna
Robbani Kelas III dan IV, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar tahun
pelajaran 2009/2010.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode eksperimen,
observasi, interview dan dokumentasi. Metode observasi, interview dan
dokumentasi yang dilakukan adalah secara langsung dengan objek yang diteliti
baik itu keadaan sekolahnya, guru, siswa maupun sejarah berdiri dan
perkembangannya. Adapun metode eksperimennya adalah dengan
membandingkan dua kelompok yang di ajar materi pelajaran Bahasa Arab,
kelompok yang pertama diajar menggunakan perangkat multimedia sedangkan
kelompok yang kedua diajar tidak menggunakan multimedia.
Teknik analisis datanya menggunakan analisis statistik uji t dua pihak
dengan menggunakan bantuan program SPSS 10.00. Adapun langkah melakukan
uji T-test adalah dengan menggunakan independent sample T-test dan asumsi data
berdistribusi normal kemudian menyimpulkan hasil analisis.
Hasil penelitian diperoleh nilai nilai thitung sebesar -6,137 dan -2,995, serta
nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 dan 0,004. Nilai signifikansi (p) < 0,05, artinya
terdapat perbedaan yang nyata secara statistik antara metode belajar bahasa arab
tanpa menggunakan multimedia dengan metode belajar dengan menggunakan
multimedia pada kelas III dan kelas IV SD IT Taruna Rabbani. Dengan demikian
Ha yang mengatakan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran Bahasa
Arab lebih efektif dari pada pembelajaran yang tidak menggunakan multimedia
dinyatakan diterima dan Ho yang mengatakan bahwa penggunaan multimedia
dalam pembelajaran Bahasa Arab tidak lebih efektif dari pada pembelajaran yang
tidak menggunakan multimedia dinyatakan ditolak. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:12400 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:12400 https://eprints.ums.ac.id/12400/ EFEKTIFITAS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SDIT TARUNA ROBBANI KELAS III DAN IV, TAWANGMANGU, KARANGANYAR TAHUN 2009/2010 AMRULLAH, MUHAMMAD BP Bahaism. Theosophy, etc Bahasa Arab adalah materi pelajaran yang penting bagi siswa. Materi ini mengandung suri tauladan yang perlu untuk dicontoh dalam sikap dan prilaku. Namun, pada umumnya siswa merasa bosan dalam menerima pelajaran. Salah satu alasan adalah penyampaian materi yang tidak menggunakan media yang tepat dan menarik. Maka untuk meningkatkan mutu pendidikan perlu menggunakan media. Penggunaan multimedia pendidikan sangat membantu dalam memahamkan siswa. Di samping itu, multimedia dapat menarik perhatian siswa dan menghilangkan prilaku buruk siswa seperti bosan dan mengantuk. Pengaruh multimedia terhadap mutu pendidikan siswa sangat besar. Untuk mengetahui secara pasti Fungsi penggunaan multimedia, perlu dibuktikan secara empiris. Maka penelitian ini membatasi permasalahan tentang bagaimana fungsi penggunaan multimedia bila diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Arab di SDIT Taruna Robbani Kelas III dan IV, Tawangmangu, dengan pokok bahasan mengenal Kosa Kata dan Percakapan Bahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini sebanyak enam kelas, sedangkan sampel penelitian sebanyak dua kelas. Dari dua kelas dikelompokkan lagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tujuan penelitian ini untuk menguji hipotesis terhadap keefektifan penggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa Arab di SDIT Taruna Robbani Kelas III dan IV, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode eksperimen, observasi, interview dan dokumentasi. Metode observasi, interview dan dokumentasi yang dilakukan adalah secara langsung dengan objek yang diteliti baik itu keadaan sekolahnya, guru, siswa maupun sejarah berdiri dan perkembangannya. Adapun metode eksperimennya adalah dengan membandingkan dua kelompok yang di ajar materi pelajaran Bahasa Arab, kelompok yang pertama diajar menggunakan perangkat multimedia sedangkan kelompok yang kedua diajar tidak menggunakan multimedia. Teknik analisis datanya menggunakan analisis statistik uji t dua pihak dengan menggunakan bantuan program SPSS 10.00. Adapun langkah melakukan uji T-test adalah dengan menggunakan independent sample T-test dan asumsi data berdistribusi normal kemudian menyimpulkan hasil analisis. Hasil penelitian diperoleh nilai nilai thitung sebesar -6,137 dan -2,995, serta nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 dan 0,004. Nilai signifikansi (p) < 0,05, artinya terdapat perbedaan yang nyata secara statistik antara metode belajar bahasa arab tanpa menggunakan multimedia dengan metode belajar dengan menggunakan multimedia pada kelas III dan kelas IV SD IT Taruna Rabbani. Dengan demikian Ha yang mengatakan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran Bahasa Arab lebih efektif dari pada pembelajaran yang tidak menggunakan multimedia dinyatakan diterima dan Ho yang mengatakan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran Bahasa Arab tidak lebih efektif dari pada pembelajaran yang tidak menggunakan multimedia dinyatakan ditolak. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12400/1/02._Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12400/2/03._Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12400/3/04._Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12400/5/05._Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12400/7/06._Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12400/12/07._Bab_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12400/14/08._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12400/18/09._LAMPIRAN.pdf AMRULLAH, MUHAMMAD (2010) EFEKTIFITAS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SDIT TARUNA ROBBANI KELAS III DAN IV, TAWANGMANGU, KARANGANYAR TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000060074 |
spellingShingle | BP Bahaism. Theosophy, etc AMRULLAH, MUHAMMAD EFEKTIFITAS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SDIT TARUNA ROBBANI KELAS III DAN IV, TAWANGMANGU, KARANGANYAR TAHUN 2009/2010 |
title | EFEKTIFITAS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SDIT TARUNA ROBBANI KELAS III DAN IV, TAWANGMANGU, KARANGANYAR TAHUN 2009/2010 |
title_full | EFEKTIFITAS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SDIT TARUNA ROBBANI KELAS III DAN IV, TAWANGMANGU, KARANGANYAR TAHUN 2009/2010 |
title_fullStr | EFEKTIFITAS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SDIT TARUNA ROBBANI KELAS III DAN IV, TAWANGMANGU, KARANGANYAR TAHUN 2009/2010 |
title_full_unstemmed | EFEKTIFITAS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SDIT TARUNA ROBBANI KELAS III DAN IV, TAWANGMANGU, KARANGANYAR TAHUN 2009/2010 |
title_short | EFEKTIFITAS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SDIT TARUNA ROBBANI KELAS III DAN IV, TAWANGMANGU, KARANGANYAR TAHUN 2009/2010 |
title_sort | efektifitas multimedia dalam pembelajaran bahasa arab di sdit taruna robbani kelas iii dan iv tawangmangu karanganyar tahun 2009 2010 |
topic | BP Bahaism. Theosophy, etc |
url | https://eprints.ums.ac.id/12400/ |
work_keys_str_mv | AT amrullahmuhammad efektifitasmultimediadalampembelajaranbahasaarabdisdittarunarobbanikelasiiidanivtawangmangukaranganyartahun20092010 |