EFEKTIFITAS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SDIT TARUNA ROBBANI KELAS III DAN IV, TAWANGMANGU, KARANGANYAR TAHUN 2009/2010

Bahasa Arab adalah materi pelajaran yang penting bagi siswa. Materi ini mengandung suri tauladan yang perlu untuk dicontoh dalam sikap dan prilaku. Namun, pada umumnya siswa merasa bosan dalam menerima pelajaran. Salah satu alasan adalah penyampaian materi yang tidak menggunakan media yang tepa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AMRULLAH, MUHAMMAD
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12400/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Bahasa Arab adalah materi pelajaran yang penting bagi siswa. Materi ini mengandung suri tauladan yang perlu untuk dicontoh dalam sikap dan prilaku. Namun, pada umumnya siswa merasa bosan dalam menerima pelajaran. Salah satu alasan adalah penyampaian materi yang tidak menggunakan media yang tepat dan menarik. Maka untuk meningkatkan mutu pendidikan perlu menggunakan media. Penggunaan multimedia pendidikan sangat membantu dalam memahamkan siswa. Di samping itu, multimedia dapat menarik perhatian siswa dan menghilangkan prilaku buruk siswa seperti bosan dan mengantuk. Pengaruh multimedia terhadap mutu pendidikan siswa sangat besar. Untuk mengetahui secara pasti Fungsi penggunaan multimedia, perlu dibuktikan secara empiris. Maka penelitian ini membatasi permasalahan tentang bagaimana fungsi penggunaan multimedia bila diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Arab di SDIT Taruna Robbani Kelas III dan IV, Tawangmangu, dengan pokok bahasan mengenal Kosa Kata dan Percakapan Bahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini sebanyak enam kelas, sedangkan sampel penelitian sebanyak dua kelas. Dari dua kelas dikelompokkan lagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tujuan penelitian ini untuk menguji hipotesis terhadap keefektifan penggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa Arab di SDIT Taruna Robbani Kelas III dan IV, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode eksperimen, observasi, interview dan dokumentasi. Metode observasi, interview dan dokumentasi yang dilakukan adalah secara langsung dengan objek yang diteliti baik itu keadaan sekolahnya, guru, siswa maupun sejarah berdiri dan perkembangannya. Adapun metode eksperimennya adalah dengan membandingkan dua kelompok yang di ajar materi pelajaran Bahasa Arab, kelompok yang pertama diajar menggunakan perangkat multimedia sedangkan kelompok yang kedua diajar tidak menggunakan multimedia. Teknik analisis datanya menggunakan analisis statistik uji t dua pihak dengan menggunakan bantuan program SPSS 10.00. Adapun langkah melakukan uji T-test adalah dengan menggunakan independent sample T-test dan asumsi data berdistribusi normal kemudian menyimpulkan hasil analisis. Hasil penelitian diperoleh nilai nilai thitung sebesar -6,137 dan -2,995, serta nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 dan 0,004. Nilai signifikansi (p) < 0,05, artinya terdapat perbedaan yang nyata secara statistik antara metode belajar bahasa arab tanpa menggunakan multimedia dengan metode belajar dengan menggunakan multimedia pada kelas III dan kelas IV SD IT Taruna Rabbani. Dengan demikian Ha yang mengatakan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran Bahasa Arab lebih efektif dari pada pembelajaran yang tidak menggunakan multimedia dinyatakan diterima dan Ho yang mengatakan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran Bahasa Arab tidak lebih efektif dari pada pembelajaran yang tidak menggunakan multimedia dinyatakan ditolak.