PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (Studi Kasus Di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010)

Sejalan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat. Dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, disinilah tugas pemerintah dan pengelola pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pemberlakuan Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daer...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRATAMA , EKA YUDHA BAKTI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12397/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Sejalan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat. Dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, disinilah tugas pemerintah dan pengelola pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pemberlakuan Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah menuntut pelaksanan Otonomi Daerah..Sebagai lembaga pendidikan yang bernaung di Muhammadiyah dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan teknologi berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah terutama dalam pembentukan kader pemimpin dan kader dakwah Islam berpedoman pada Al-Qur’an dan Sunnah Rasul sehingga mencapai Rahmatan Lil’alamin, selalu diridhoi Allah Swt. Visi sekolah terangkum pada makna kalimat Ilmu yang Amaliah dan amal yang ilmiah Penelitian ini membahas permasalahan penerapan KTSP di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, bertujuan untuk mendiskripsikan problematika penerapan KTSP yang ada di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Penelitian ini juga bermanfaat bagi penulis untuk dapat dijadikan sebagai sebuah rujukan yang lebih kongkrit apabila nantinya berkecimpung dalam dunia pandidikan, khususnya pengembangan sarana prasarana, metode, dan pengelolaan waktu pembuatan silabus dan RPP, dan bagi sekolah penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai rujukan dan pertimbangan dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran. Adapunn permasalahannya dirumuskan sebagai berikut: “problematika penerapan KTSP di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dan bagaimana SMP Muhammadiyah 2 Surakatra menyikapi problematika yang ada dalam penerapan KTSP?”. Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, yaitu “penelitian yang prosedurnya menghasilkan data yang deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati” (Robert Begda dan Steven J yang dikutif Lexy Moeleong,1995 : 3).metode pengumpulan data : observasi, dokumentasi, wawancara. Penilitian ini menjelaskan bahwa problematika yang dihadapi dalam penerapan KTSP di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta adalah sarana dan prasarana kurang memadai, metode-metode yang monoton, waktu pembuatan silabus dan RPP yang lama (menunggu buku pegangan siswa). Sekolah sampai saat ini telah melakukan beberapa langkah yang konkrit dalam mengatasi problematika di atas seperti menambahkan dan merenovasi sarana prasarana yang ada, para guru sering menghadiri acara-acara MGMP yang memberikan solusi masalah yang dihadapi guru-guru mata pelajaran, mengisi jam kosong karena buku pegangan siswa belum datang dengan materi-materi tahun sebelumnya yang kemungkinan masih sama untuk diajarkan.